x

PSSI Pastikan Liga Indonesia Dapat Jatah 1 Tiket Liga Champions Asia

Selasa, 11 Januari 2022 10:38 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
PSSI memastikan jika bahwa Liga 1 bakal mendapat jatah untuk mentas di kompetisi bergengsi di Benua Asia yakni Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM - PSSI memastikan jika bahwa Liga 1 bakal mendapat jatah untuk mentas di kompetisi bergengsi di Benua Asia yakni Liga Champions Asia.

Sudah jadi rahasia umum, jika bermain di Liga Champions Asia merupakan idaman bagi tim-tim Tanah Air. Kali terakhir klub Indonesia dapat kesempatan di ajang tersebut yakni 2020 silam.

Akan tetapi, saat itu Bali United gagal melewati babak play-off usai disingkirkan klub Liga Australia yakni Melbourne Victory.

Baca Juga
Baca Juga

Usai Serdadu Tridatu, tak ada wakil Indonesia yang berkesempatan bersaing di kompetisi tersebut, hingga musim berikutnya.

Kini, penantian panjang pecinta sepak bola tanah Air bakal berakhir. Pasalnya, satu tim Liga Indonesia bakal mendapat jatah satu tiket di kompetisi tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Mengacu pada ranking terbaru kompetisi di Benua Asia, BRI Liga 1 2021-2022 berada di peringkat ke-26 dengan 15,96 poin. Kendati menempati rangking ke-26 namun Indonesia masuk dalam 12 besar zona Timur.

Indonesia pun berhak mengirimkan satu wakilnya untuk bertanding di babak play-off Liga Champions Asia Zona Timur. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh PSSI pada Senin (10/01/22).


1. Dapat 1 Tiket

PSSI menggelar debat untuk calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Dalam pernyataan resmi via akun instragram resmi, PSSI memastikan jika Indonesia mendapat jatah satu tiket di babak play-off Liga Champions Asia musim depan.

"Indonesia mendapatkan satu jatah untuk mengikuti gelaran AFC Champions League 2023. Klub perwakilan Indonesia terlebih dahulu harus menjalani play-off di regional timur," tulis PSSI di akun instagram @PSSI.

Di saat bersamaan, Indonesia juga bakal mengirim wakilnya di Piala AFC alias kompetisi kasta kedua di Benua Asia. Nantinya, klub Liga 1 mendapatkan jatah 2 tiket, yakni penghuni runner-up dan peringkat ketiga.

Untuk penghuni runner-up di Liga 1 bakal langsung otomatis lolos ke babak penyisihan grup Piala AFC, sementara penghuni peringkat ketiga bakal menempuh jalur play-off terlebih dulu.

Kabar tersebut tentu bakal kian memanaskan persaingan tim-tim di Liga 1. Saat ini, tiga tim yakni Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC bahkan mengoleksi poin sama di puncak klasemen.

Selain itu, penghuni peringkat ke-4 yakni Persebaya Surabaya juga punya kans besar untuk mentas di Piala AFC bahkan Liga Champions Asia musim depan, mengingat Bajul Ijo hanya berjarak satu angka dari Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC.

PSSILiga Champions AsiaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Berita Liga Champions AsiaLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini