x

Taneekarn Dangda, Adik Teerasil Dangda yang Bakal Jadi Mimpi Buruk Timnas Putri Indonesia

Kamis, 20 Januari 2022 13:39 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Mengenal Taneekarn Dangda, bomber tim wanita Thailand dan adik Teerasil Dangda yang bisa menjadi mimpi buruk Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022.

Timnas Putri Indonesia akan menjalani Piala Asia Wanita 2022 dalam waktu dekat. Skuat Garuda Pertiwi sendiri tergabung di grup B bersama lawan-lawan berat.

Lawan-lawan tersebut adalah Australia, Thailand, dan Filipina. Dua nama pertama merupakan kontenstan Piala Dunia Wanita 2019 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Australia yang jadi lawan perdana Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022, dihuni oleh bintang-bintang ternama dunia seperti Sam Kerr dan Ellie Carpenter.

Sedangkan Thailand yang jadi lawan kedua Timnas Putri Indonesia, merupakan semifinalis Piala Asia 2018 dan punya penyerang mematikan pada sosok Taneekarn Dangda.

Sekilas dari namanya, penikmat sepak bola Tanah Air tentu tak asing. Pasalnya, Taneekarn Dangda merupakan adik dari bomber legendaris Thailand, Teerasil Dangda.

Baca Juga
Baca Juga

Wanita berusia 29 tahun itu akan menjadi andalan Thailand di Piala Asia 2022 ini, termasuk saat menghadapi Timnas Putri Indonesia.

Lantas, bagaimana kiprah Taneekarn Dangda di kancah sepak bola wanita? Benarkah ia akan menjadi mimpi buruk Timnas Putri Indonesia?

Berikut INDOSPORT.com sajikan profil Taneekarn Dangda, adik Teerasil Dangda yang siap bersaing dengan nama besar lainnya di Piala Asia Wanita 2022.


1. Profil Taneekarn Dangda

Taneekarn Dangda, penyerang Timnas Putri Thailand dan adik dari Teerasil Dangda

Taneekarn Dangda lahir pada 15 Desember 1992. Ia dan Teerasil Dangda sama-sama lahir di Bangkok dari orang tua yang berasal dari Provinsi Surin, di Timur Laut Thailand.

Sama seperti Teerasil, sejak kecil Taneekarn mengikuti jejak sang ayah yang bermain sepak bola di Royal Thai Air Force FC.

Keduanya sama-sama berposisi sebagai penyerang dan sama-sama membela Timnas Thailand di kancah internasional. Secara karier, jalan karier Taneekarn tak berbeda dengan sang kakak.

Ketika Teerasil mulai berkiprah ke Eropa dengan berseragam Almeria, Taneekarn juga berpetualang di Eropa dengan membela Ostersunds DFF yang merupakan tim asal Swedia.

Selain membela Ostersunds DFF, Taneekarn juga membela  Chonburi  dan Yunan Jiashijing. Gol demi gol terus mengalir dari kakinya di beberapa klub tersebut.

Namun kiprahnya yang paling mentereng tentu saat membela Timnas Putri Thailand. Taneekarn mampu menjadi pencetak gol terbanyak di skuat negaranya dengan 22 gol. Torehan  22 gol itu ia buat dalam 71 laga bersama Thailand.

Ada fakta menarik dari sosok Taneekarn. Diketahui, sebelum terjun ke sepak bola ia adalah seorang pelari atletik dan baru banting setir ke sepak bola mengikuti sang ayah dan sang kakak.

Selain mantan pelari atletik, Taneekarn juga merupakan seorang model di Thailand. Ia pernah mengikut kompetisi supermodel di Thailand.

Kesertaannya di dunia model terbilang tak mengherankan. Sebab, Taneekarn punya paras cantik khas Thailand yang membuatnya kerap menjadi bintang produk-produk tertentu.

Dengan kulit eksotis dan wajah khas Asia Tenggara, Taneekarn bisa memikat kaum adam dengan pesonanya. Hal ini terlihat dari unggahan-unggahannya di akun Instagram-nya.

Dari dunia sepak bola, Taneekarn telah mengantarkan Thailand meraih beragam prestasi. Salah satunya adalah medali emas di SEA Games 2019 lalu.

Selain itu, ia menjadi bagian dari keberhasilan Thailand menembus semifinal Piala Asia Wanita pada 2018 silam dan juga tampil di Piala Dunia Wanita 2019.

ThailandTeerasil DangdaSepakbola WanitaBola InternasionalprofilSepak BolaTimnas Indonesia PutriPiala Asia Wanita

Berita Terkini