x

Dibantai Australia di Piala Asia, Timnas Putri Indonesia Asyik Berfoto bareng Lawan

Sabtu, 22 Januari 2022 18:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertemuan dengan Australia di Piala Asia Putri jadi ajang jumpa bintang Liga Inggris yang tidak bisa dilewatkan penggawa timnas putri Indonesia tanpa berfoto.

INDOSPORT.COM - Kekalahan super telak yang diderita dari timnas putri Australia dalam laga pembuka Grup B Piala Asia Wanita 2022 dengan skor 18-0 rupanya tidak membuat hati penggawa Timnas Putri Indonesia benar-benar hancur. Pasalnya usai laga mereka masih bisa menemukan kegembiraan kecil dengan berfoto bersama bintang-bintang lawan.

Australia memang banyak dihuni pemain putri top dunia. Tidak heran jika The Matilidas menduduki peringkat 11 FIFA. Jauh mengungguli timnas putra mereka yang 'hanya' ada di posisi ke-35.

Banyak di antara pemain negeri kanguru yang berkarier di Inggris yang punya liga putri yang kualitasnya sudah diakui dunia. Sebut saja Lydia Williams (Arsenal), Alanna Kennedy (Manchester City), Tameka Yallop (West Ham United), dan Kyah Simon (Tottenham Hotspur).

Baca Juga
Baca Juga

Yang paling bersinar terang dan jadi objek minta foto terbanyak tentu saja striker sekaligus kapten mereka, Sam Kerr. Bisa dibilang dara berusia 28 tahun itu adalah pesepak bola wanita dengan koleksi gelar tim dan individu terbanyak dunia saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Bersama Australia, prestasi terbesarnya adalah menjuarai Piala Asia Wanita edisi 2010. Sedangkan bersama kesebelasannya, Chelsea, ia memenangkan Piala FA, Piala Liga, dan Liga Inggris Putri lebih dari sekali sejak kedatangannya ke London Barat per 2019.

Kerr juga dielu-elukan sebagai pemain putri nomor satu dunia dewasa ini. Tentunya ini sangat membanggakan karena biasanya titel tersebut seringkali disabet atlet Amerika Serikat atau Brasil yang merupakan raksasa sepak bola wanita.


1. Harus Berbenah

Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia di Asian Cup Women India 2022. Foto: PSSI

Memang tidak ada yang bisa dibanggakan dengan kekalahan memalukan ini. Belum pernah sebelumnya Timnas Putri Indonesia dipecundangi 18 gol tanpa balas dan seharusnya ini bisa jadi tamparan keras untuk PSSI.

Federasi seharusnya juga mencurahkan perhatian yang sama dalam mengembangkan sepak bola kaum hawa. Bisa dimulai dengan mengadakan kompetisi berbagai level, tak cuma profesional dan elite, untuk mengasah skill atlet wanita.

Liga 1 Putri saat ini tengah tersendat akibat pandemi sehingga banyak pemain yang menganggur dan memilih untuk berlatih secara mandiri. Saat ini saja hanya ada lima dari 23 pemain timnas Indonesia yang tergabung ke kesebelasan pro sedangkan sisanya diambil dari seleksi Asprov.

AustraliaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia PutriBerita Timnas IndonesiaPiala Asia Wanita

Berita Terkini

Berita Terpopuler