x

Timnas Putri Dihajar Australia 18-0, Rudy Eka: Liga 1 Putri Harus Jalan!

Sabtu, 22 Januari 2022 17:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia pada Piala Asia Wanita 2020, Jumat (21/02/22), di mana Indonesia kalah 0-18 dari Australia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Putri Indonesia,  Rudy Eka Priyambada, menilai sepak bola Putri di Indonesia sangat jauh tertinggal dengan Australia.

Baginya kualitas pemain serta adanya pemain yang bermain di Liga Profesional menjadi pembanding yang sangat jauh antara Australia dan Indonesia. Sepert diketahui, kompetisi profesional Liga 1 Putri sudah lama vakum. 

Hal itu diutarakan Rudy setelah Timnas Putri Indonesia takluk 0-18 dari Australia dalam laga perdana Grup B Piala Asia Putri 2022 di Mumbai Football, Arena, Jumat (21/01/22). Menurut Rudy, Australia jauh lebih siap ketimbang Garuda Pertiwi.

Dari segi kualitas pemain, Samantha Kerr dan kawan-kawan punya klub untuk mengembangkan potensi. Bahkan, banyak dari penggawa Australia merumput di Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Indonesia, bisa dihitung jari mereka yang memiliki klub. Tidak hanya itu, Indonesia tidak punya kompetisi profesional sepak bola wanita meski beberapa waktu lalu sempat berjalan.

Hal inilah yang diakui Rudy membuat anak asuhannya kalah telak dari Australia. Ia berharap ke depannya sepak bola wanita Tanah Air bisa semakin diperhatikan.

"Saya melihat memang ada jarak antara kita dan Australia seperti kualitas pemain. Kita tahu banyak pemain Australia yang bermain di Eropa dan kita baru memulai liga (wanita), lalu terjadi pandemi," kata Rudy dalam konferensi pers virtual usai pertandingan.

"Setelah itu kita tidak ada liga lagi. Untuk itu saya harap pembinaan sepak bola wanita di Indonesia bisa lebih baik di masa depan," sambungnya.


1. Beda Kualitas

Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia pada Piala Asia Wanita 2020, Jumat (21/02/22). Indonesia kalah 0-18 dari Australia.

Rudy menegaskan kualitas pemain juga berbeda cukup jauh. Baginya Australia memang sudah sangat siap tampil di Piala Asia Wanita 2022.

"Saya rasa mereka (Austrlia) sudah sangat siap sejak menit awal. Mereka pressing kita dan mencetak gol cepat dan kita kehilangan konsentrasi," terang Rudy.

Baca Juga
Baca Juga

"Fitnes level dan kualitas pemain juga terlihat berbeda. Terlihat bagaimana mereka menguasai bola, mendribel bola itu terlihat," katanya.

Rudy mengaku anak asuhannya berlajar dari Australia yang memang sudah berada di level di dunia. Ia berharap sepak bola Indonesia bisa berkembang di masa depan.

"Dari laga ini kita banyak belajar untuk laga selanjutnya dan juga untuk perkembangan sepak bola Indonesia di masa depan," pungkasnya.

Timnas Australia baik pria dan wanita memang dikenal tak segan-segan dalam menghabisi lawannya mengingat banyaknya kemenangan besar yang didapatkan di ajang resmi internasional, termasuk yang teranyar di Piala Asia Wanita saat menghadapi Timnas Putri Indonesia.
 

AustraliaTimnas IndonesiaBola InternasionalRudy Eka PriyambadaZahra MuzdalifahTimnas Indonesia PutriPiala Asia Wanita

Berita Terkini

Berita Terpopuler