x

Edson Alvarez, Bintang Ajax yang Didekati Chelsea sebagai Alternatif Declan Rice

Sabtu, 22 Januari 2022 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Bedah kualitas Edson Alvarez, bintang Ajax Amsterdam yang diincar Chelsea sebagai alternatif Declan Rice dan Aurelien Tchouameni.

Sejak era Frank Lampard sebagai pelatih, Chelsea kerap disanterkan akan mendatangkan gelandang bertahan murni pada sosok Declan Rice.

Kendati Lampard telah pergi pun dan digantikan Thomas Tuchel, rumor tersebut tak meredup begitu saja. Malahan, Chelsea juga disangkut pautkan dengan nama gelandang bertahan lainnya.

Baca Juga
Baca Juga

Adalah Aurelien Tchouameni asal AS Monaco. Kabar The Blues mendekatinya bahkan menguat sejak musim panas 2021 lalu dan terus berlanjut hingga saat ini.

Namun semua rumor itu hanya menjadi kabar burung belaka. Malahan, Chelsea kini dirumorkan mengincar gelandang bertahan lainnya pada sosok bintang Ajax Amsterdam, Edson Alvarez.

Chelsea dilaporkan telah memantau situasi pemain berusia 24 tahun tersebut sepanjang musim 2021-2022. Bahkan The Blues juga telah menanyai harga yang diminta Ajax untuk Alvarez.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Chelsea, beberapa tim Inggris lainnya seperti Leicester City dan Crystal Palace juga bersaing untuk mendapatkan tanda tangan pemain berkebangsaan Meksiko tersebut.

Alvarez diyakini akan menjadi alternatif Chelsea karena harganya yang murah yakni 16 juta poundsterling (Rp324 miliar), dibanding Declan Rice yang ada di angka 100 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) dan Tchouameni yang dihargai 42 juta poundsterling (Rp811 miliar).

Selain soal harga, apa yang membuat Chelsea lebih tertarik mendatangkan Edson Alvarez dari Ajax Amsterdam ketimbang Declan Rice dan Aurelien Tchouameni yang digembor-gemborkan sejak 2020 lalu?


1. Bedah Kualitas Edson Alvarez Dibandingkan Declan Rice dan Tchouameni

Edson Alvarez merayakan gol pada laga play-off leg kedua Liga Champions 2019/20 antara Ajax Amsterdam vs APOEL, Kamis (29/08/19) dini hari WIB.

Secara usia, Edson Alvarez (24 tahun) jauh lebih tua ketimbang Declan Rice (23 tahun) dan Aurelien Tchouameni (21 tahun). Dengan perbedaan usia tersebut dan kualitas liga yang diikuti, wajar jika perbedaan harga ketiganya mencolok.

Namun, Chelsea seakan ingin menanggalkan Policy mengenai merekrut pemain muda untuk tim utama. Saat ini, The Blues membutuhkan pemain yang berpengalaman di level teratas.

Baik Rice dan Tchouameni, keduanya memang telah teruji di liga masing-masing, namun belum begitu teruji di pentas Eropa seperti Liga Champions layaknya Alvarez.

Selain itu, Alvarez punya keunggulan dibandingkan Rice dan Tchouameni, yakni kemampuannya menempati beragam posisi atau Versatile.

Sebagai catatan, Alvarez bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan dengan 98 penampilan, bek tengah dengan 68 penampilan, dan 8 penampilan sebagai bek kanan.

Hal ini berbeda dengan Rice dan Tchouameni yang lebih sering diplot di satu posisi saja, yakni gelandang bertahan atau gelandang sentral.

Selain persoalan posisi, Alvarez punya catatan defensif maupun kemampuan mendikte permainan yang tak berbeda jauh dengan Rice dan Tchouameni, atau malah bisa dikatakan unggul.

Sebagai perbandingan dari cara mendikte permainan, Alvarez punya rata-rata melepaskan operan 64,81 kali per 90 menit dengan tingkat kesuksesan sebesar 91,1 persen.

Sedangkan Rice hanya melepaskan operan sebanyak 53,19 kali per 90 menit dengan tingkat kesuksesan 89,3 persen, serta Tchouameni hanya melepaskan 60,52 operan per 90 menit dengan tingkat kesuksesan sebesar 85,6 persen.

Lalu dari segi defensif, Rice yang dianggap gelandang bertahan terbaik di Liga Inggris, punya statistik yang kalah mentereng dari Tchouameni dan Alvarez.

Alvarez punya rataan defensif seperti blok sebesar 2,49 kali, sapuan sebanyak 2,99 kali dan memenangkan duel udara sebanyak 2,79 kali. Rataan statistik yang pas untuk seorang gelandang bertahan dengan kemampuan sebagai bek tengah.

Lain halnya dengan Rice yang lebih unggul di sisi intersep dengan 2,71 kali per 90 menit, namun kurang dalam memenangi duel udara, sapuan dan blok.

Sedangkan Tchouameni memiliki nilai intersep dan tekel yang lebih baik ketimbang Rice dan Alvarez dengan 3,21 intersep per 90 menit dan tekel sebanyak 4,02 kali per 90 menit, namun kalah dalam hal blok dan sapuan.

Dari catatan di sektor masing-masing, mendatangkan Alvarez yang lebih murah dari segi harga akan membuat Chelsea mendapat sebuah paket lengkap dari tiga posisi dibandingkan Rice dan Tchouameni.

Alvarez bisa menjadi pendikte permainan di sektor gelandang tengah, gelandang bertahan yang mumpuni, serta bek tengah yang tangguh.

Terlepas dari hal tersebut, Chelsea memang membutuhkan regenerasi di sektor gelandang tengah dan bek seiring menuanya Jorginho, N’Golo Kante, dan juga Thiago Silva.

Untuk itu, nama Edson Alvarez menjadi opsi brilian bagi Chelsea dan juga Thomas Tuchel yang ingin menggunakan skema empat bek dalam formasinya kelak.

Bursa TransferChelseaAjax AmsterdamThomas TuchelIn Depth SportsDeclan RiceSepak BolaAurelien Tchouameni

Berita Terkini