x

4 Pemain 'Bandel' yang Berkarier di Inggris, Granit Xhaka 5 Kartu Merah

Minggu, 23 Januari 2022 21:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Granit Xhaka termasuk pemain yang beberapa kali merepotkan Arsenal karena pelanggaran-pelanggarannya di lapangan. Foto: David Price/Arsenal FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain yang berkarier di Inggris dikenal dengan kebandelannya lantaran banyak mendapat kartu, salah satunya Granit Xhaka.

Seperti diketahui, pemain Arsenal ini baru saja diganjar kartu merah saat menghadapi Liverpool di leg pertama semifinal Carabao Cup beberapa hari lalu.

Hukuman itu diperolehnya setelah berusaha menekel keras Diogo Jota yang sedang membidik umpan dari Andy Robertson. Alhasil, Arsenal pun terpaksa melanjutkan pertandingan dengan kekuatan 10 pemain.

Duel dua raksasa Liga Inggris itu pun berakhir dengan skor imbang 0-0. Liverpool pun melaju ke final setelah memenangkan leg kedua yang digelar sepekan kemudian.

Baca Juga
Baca Juga

Skuat asuhan Jurgen Klopp menang dua gol tanpa balas yang keseluruhannya dicetak oleh Diogo Jota. Dengan hasil ini, mereka berhak melaju ke partai puncak dan dijadwalkan menghadapi lawan berat lainnya, Chelsea.

Kartu merah Granit Xhaka di leg pertama semifinal Carabao Cup tempo hari pun menambah panjang daftar pelanggarannya selama berkarier di Inggris.

Akan tetapi, publik sudah paham betul seperti apa bandelnya pemain yang satu ini. Bahkan, orang-orang di Arsenal pun kerap pusing dibuatnya.

Padahal, ia sempat dipasrahi peran sebagai kapten, yang harusnya bisa membawa contoh baik dan positif bagi rekan-rekannya. Alih-alih jadi teladan, ia justru menjelma sebagai sumber masalah yang merepotkan klub.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu yang mungkin masih melekat di benak publik, adalah masa-masa ia dicopot dari jabatan kapten karena bertindak tidak pantas di hadapan suporter.

Saat ditarik keluar di laga melawan Crystal Palace pada 27 Oktober 2019, ia mendapat cemoohan dari para penggemar. Sebagai balasan, ia justru merespons mereka dengan meletakkan tangan di telinga bak sebuah gestur menantang.

Alhasil, ban kapten pun harus tanggal dari lengannya. Posisi tersebut kemudian diberikan kepada Pierre-Emerick Aubameyang.

 

1. Granit Xhaka dan Pemain Bandel Lainnya di Inggris

Granit Xhaka termasuk pemain yang beberapa kali merepotkan Arsenal karena pelanggaran-pelanggarannya di lapangan. Foto: Boris Streubel/Getty Images.

Selama berkarier di Inggris bersama Arsenal, Granit Xhaka telah mengoleksi lima kartu merah di semua kompetisi. Akan tetapi, ia bukan satu-satunya pemain yang bandel saat berkarier di Inggris.

Nah, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com sajikan sejumlah pemain di Inggris yang rajin melakukan pelanggaran dan mengoleksi kartu seperti pentolan Arsenal di atas. Siapa saja tiga sisanya?

Fernandinho

Pemain Manchester City ini termasuk salah satu yang paling bandel di Liga Inggris. Baru saja kembali dari larangan bemain karena melanggar Cesc Fabregas, ia harus kembali menepi dari lapangan usai kena usir lagi.

Padahal, Fernandinho saat itu merupakan pemain pilihan Pep Guardiola yang ditunjuk sebagai kapten. Hanya saja, karena kebandelannya ia terpaksa menanggalkan kewajiban sebagai pemimpin untuk sementara waktu.

David Luiz

Selanjutnya ada David Luiz, salah satu pemain yang kerap terlihat melakukan pelanggaran di lapangan hingga berbuah hukuman kartu.

Di Premier League saja, ia tercatat telah menorehkan empat kartu merah dan 41 kartu kuning. Lalu bagaimana dengan jumlah pelanggaran yang dilakukan? 227.

Christian Kabasele

Setelah Fernandinho dan David Luiz yang lebih ‘ahli’ soal kartu merah, kini ada Christian Kabasele, yang sekarang membela Watford.

Ia sempat mengawali tahun 2020 dengan kartu merah melawan Wolverhampton Wanderers, yang berbuntut banding Watford kepada Liga Inggris.

Korbannya? Pemain yang baru saja dikasari Granit Xhaka, Diogo Jota. Awalnya, Christian Kabasele hanya diberi kartu kuning namun tayangan VAR membuat wasit mengambil keputusan mengusirnya keluar.

Watford yang tidak terima pun mengajukan banding tapi sayangnya ditolak. Ia pun harus menjalani hukuman larangan bermain selama dua pertandingan. 

ArsenalLiga Primer InggrisGranit XhakaLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini