x

Harganya Mahal Banget, Sebagus Apa Sih Dusan Vlahovic?

Jumat, 28 Januari 2022 19:32 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Dusan Vlahovic tinggal selangkah lagi akan segera diresmikan oleh Juventus. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki sang pemain.

Saga transfer Dusan Vlahovic di bursa transfer musim dingin ini tidak lama lagi akan segera berakhir. Striker Fiorentina itu dilaporkan semakin dekat untuk bergabung dengan Juventus.

Nama Dusan Vlahovic memang tengah naik daun di ranah sepak bola Eropa khususnya di Italia. Sejak musim lalu, penampilannya sangat apik dengan menjadi salah satu striker tertajam di Serie A.

Striker berusia 21 tahun sudah mengemas 20 gol dari 24 penampilan di semua ajang, 17 gol di antaranya dibuat di Serie A. Ketajaman Vlahovic sontak menarik minat sejumlah klub top Eropa lain, seperti Arsenal dan Juventus. 

Semula The Gunners menjadi satu-satunya tim yang serius ingin mendapatkan jasanya. Mereka bahkan sudah melayangkan tawaran uang plus satu pemain demi menggoda Fiorentina, yang membandrol harga Vlahovic 80 juta euro.

Baca Juga
Baca Juga

Maklum saja Arsenal bergerak cepat, karena mereka memang saat ini membutuhkan striker baru setelah nama-nama pemain depannya, tidak tampil bagus.

Sebut saja Alexandre Lacazette hingga Pierre-Emerick Aubameyang. Nama kedua bahkan kabarnya akan meninggalkan Emirates Stadium.

Namun selagi Arsenal berusaha untuk merayu Fiorentina, Juventus mulai tertarik ikut dalam perburuan. Pergerakan Bianconeri membuat Vlahovic sumringah.

Karena ia memang lebih condong memilih Juventus jika harus meninggalkan Stadion Artemio Franchi.

Dilansir dari Football Italia, Juventus langsung mengebut proses transfer Vlahovic, dan bersedia mengeluarkan uang banyak. Mereka tidak sabar ketimbang harus menunggu musim panas.

Mahar sebesar 75 juta euro sudah mereka setujui untuk ditransfer ke rekening Fiorentina. Kedua belah pihak sepakat, dan kabar terbaru Vlahovic sudah tiba di Turin untuk menjalani tes medis.

Ia akan dikontrak lima musim dengan gaji mencapai 7 juta euro per tahun. Lantas sebagus apa sih Dusan Vlahovic sampai dihargai sangat tinggi? berikut ulasannya:


1. Kelebihan yang Dimiliki Dusan Vlahovic

Dusan Vlahovic Berselebrasi bersama Fiorentina

Harga tinggi yang dikeluarkan oleh Juventus tampaknya tidak akan sia-sia, karena sang pemain memang mempunyai kualitas jempolan sebagai seorang penyerang tajam. Berikut beberapa kelebihan yang dimilikinya:

1. Sejajar dengan Erling Haaland dan Harry Kane

Nama Dusan Vlahovic memang tidak setenar dua nama di atas, tapi ia layak disejajarkan karena mempunyai gaya bermain yang sama dengan Erling Haaland dan Harry Kane.

Kemampuan kontrol bolanya sangat bagus meski kekuatannya ada di kaki kidal. Selain itu, postur badannya yang tinggi menjulang hingga 1,90 meter, membuat dia sering memenangi duel-duel bola udara.

Sayang dirinya masih harus berkembang karena memiliki kekurangan dalam visi bermain dan mengoper bola (passing). Tapi tenang saja Juventus, hal itu bisa dibenahi mengingat usianya masih sangat muda dan bisa berkembang.

Baca Juga
Baca Juga

2. Semakin Matang

Musim lalu, Dusan Vlahovic mencatatkan 21 gol dari 37 pertandingan Liga Italia. Tidak buruk namun masih kurang bagus, apalagi melihat statistik permainan individunya.

Ia mempunyai 2,3 tendangan per laga, 1,9 kali per 90 menit. Musim lalu jumlah tendangan yang dilakukannya menurun sebanyak 2,62 dari sebelumnya 3,84. 

Kendati secara angka menurun, tapi dari segi permainan justru meningkat. Artinya Vlahovic semakin berkembang dengan efisiensi yang meningkat dan tendangan tepat sasaran yang lebih banyak.

Lalu, sebutuh itukah Juventus dengan penyerang tengah yang tajam? Jawabannya tentu saja.

Dua pemain depan milik Juventus, Alvaro Morata dan Moise Kean, belum memperlihatkan tajinya. Keduanya baru menyumbangkan masing-masing sepasang gol di Serie A.

Rata-rata shot per pertandingannya juga sangat minim. Morata cuma 1,6 shot per 90 menit. Kean bahkan cuma 1,2. Bandingkan dengan Vlahovic yang membuat rata-rata mencapai 3,84 shot per pertandingannya.

3. Sudah Diakui

Kehebatan Dusan Vlahovic sudah diakui oleh sejumlah nama di antaranya mantan pelatihnya di Fiorentina, Cesare Prandelli dan pelatih di timnas Serbia, Dragan Stojkovic. Keduanya dibuat kagum dengan perkembangan dan etos kerjanya. 

"Dia selalu termotivasi jadi lebih baik. Saya terpaksa harus memberikan porsi latihan lebih untuknya, karena dia ingin berlama-lama di lapangan,' kata Prandelli dikutip dari Football Italia.

"Dia baru berusia 21 tahun dan dia berperilaku seolah-olah dia berusia 30 tahun, yang sangat positif, itu membuka jalan baginya untuk memiliki karier yang fenomenal," ujar Stojkovic.

Kepergian Dusan Vlahovic ke Juventus membuat Fiorentina harus segera mencari penyerang pengganti.  Klub yang bermarkas di Artemio Franchi itu sudah mengincar nama-nama pengganti semisal Domenico Berardi dan Jonathan Ikone dari Lille.

Bursa TransferJuventusFiorentinaDusan VlahovicLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler