x

5 Pemain Amerika Selatan Terhebat Liverpool, Luis Diaz Selanjutnya?

Minggu, 30 Januari 2022 23:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Philippe Coutinho dan Luis Suarez saat masih membela Liverpool. Foto: Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Kedatangan Luis Diaz ke Liverpool menambah panjang daftar pemain Amerika Selatan di armada klub Liga Inggris tersebut sepanjang sejarah.

Di bursa transfer kali ini, Liverpool diketahui berhasil memboyong Luis Diaz dari FC Porto. Pemain yang berposisi sebagai winger tersebut pun telah menjalani pemeriksaan medis untuk melengkapi proses perekrutannya.

Bergabung ke skuat Jurgen Klopp, bintang asal Kolombia ini mengenakan nomor punggung warisan Xherdan Shaqiri yang juga pernah dikenakan Jamie Carragher.

Sang pemain diketahui memakai nomor 7 di FC Porto dan 14 di Timnas Kolombia. Di Liverpool, ia bakal memakai kaos bernomor punggung 23.

Baca Juga
Baca Juga

Jamie Carragher merupakan pemain nomor 23 paling terkenal sepanjang sejarah klub. Ia mewarisinya dari Robbie Fowler, dilanjut Emre Can kemudian Xherdan Shaqiri.

Luis Diaz sendiri menandatangani kontrak lima tahun dengan Liverpool, yang akan mengikatnya hingga 2027.

Di FC Porto, Luis Diaz biasa menempati posisi sebagai sayap kiri. Namun, alih-alih rajin melepaskan crossing, ia lebih sering melakukan tusukan ke kotak penalti, berbekal kemampuan dribel dan kecepatan yang mumpuni.

Tak hanya itu, pemain berusia 25 tahun ini juga memiliki akurasi umpan dan tembakan yang terbilang bagus.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat dikenal dengan eksodus pemain asal Prancis dan Spanyol, Liverpool juga memiliki sederet rekrutan asal Amerika Selatan yang terkenal. Bahkan, beberapa di antaranya sukses besar bersama klub ini.

Berdasarkan catatan yang telah dihimpun redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Argentina dan Brasil jadi penyuplai paling banyak untuk Liverpool untuk kategori ini.

Berikut lima pemain asal Amerika Selatan yang pernah bermain, maupun masih bermain, dan mendulang kesuksesan luar biasa bersama The Reds. Siapa saja?

 

1. 5 Pemain Amerika Selatan Terhebat Liverpool

Luis Suarez (kiri) dan Philippe Coutinho saat masih berseragam Liverpool. Foto: Peter Byrne/GettyImages.

Luis Suarez (Uruguay)

Meski bukan berasal dari Argentina maupun Brasil yang notabene penyuplai pemain Amerika Selatan terbanyak ke Liverpool, sosok yang satu ini layak dicatat dalam buku sejarah kesuksesan The Reds sepanjang masa.

Luis Suarez pernah tampil bombastis dan luar biasa sebagai pencetak gol andalan The Reds. Bukan hanya itu, ia juga pemain kontroversial yang kerap jadi buah bibir publik sepak bola.

Tentu masih segar di ingatan bagaimana ia jadi bulan-bulanan massa karena kebiasaannya mengigit pemain lawan. Tidak jarang pula, ‘hobi’nya tersebut jadi bahan meme maupun tertawaan banyak orang.

Meski begitu, Luis Suarez adalah sosok fenomenal bagi Liverpool. Ia telah mencetak 82 gol dari 133 penampilan untuk The Reds selama tiga setengah tahun.

Lucas Leiva (Brasil)

Selanjutnya Lucas Leiva, pemegang rekor 346 penampilan sepanjang kariernya di Liverpool. Tercatat sebagai pemain The Reds selama kurang lebih 10 tahun, kesetiaan dan dedikasinya tentu tidak perlu diragukan lagi.

Philippe Coutinho (Brasil)

Lagi-lagi pemain yang berasal dari Negeri Samba. Sosok yang satu ini juga sangat bersinar ketika berseragam Liverpool selama periode 2013 sampai dengan 2018.

Sayang, kepindahannya ke Barcelona sempat diiringi nada sumbang dari banyak suporter setia The Reds. Setelah hengkang, ia pun tidak mampu bicara banyak bersama klub barunya hingga dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Kini bermain untuk Aston Villa, Philippe Coutinho saat berkarier di Liverpool telah tampil di 201 laga dan mencetak 54 gol.

Javier Mascherano (Argentina)

Beranjak ke Argentina, di mana muncul nama Javier Mascherano, yang membela Liverpool selama kurang lebih tiga setengah tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, sosok yang juga mewakili Argentina di Olimpiade Beijing 2008 ini telah mencatatkan 139 penampilan untuk The Reds, terbanyak di antara pemain berlabel Argentina lainnya.

Roberto Firmino (Brasil)

Masih aktif bermain untuk Liverpool sampai detik ini. Ia merupakan andalan di lini depan bersama dua rekannya yang berasal dari Afrika yakni Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Sampai tulisan ini dibuat, Bobby sudah mencatatkan 311 penampilan untuk The Reds dan mencetak 94 gol sejak pertama bergabung pada 2015.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisLuis Diaz

Berita Terkini