x

Tak Hanya MU, Deretan Klub Raksasa Liga Inggris yang Memble di Bursa Transfer Januari

Selasa, 1 Februari 2022 13:13 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Termasuk Manchester United, berikut deretan klub Liga Inggris yang terbilang memble di bursa transfer Januari yang baru saja berakhir.

Bursa transfer musim dingin Januari ini baru saja berakhir. Di Liga Inggris, bursa telah ditutup pada Senin (31/01/22) tengah malam waktu setempat, atau Selasa (01/02/22) pagi WIB.

Newcastle United menjadi tim tersibuk di Liga Inggris dengan mendatangkan 5 pemain baru Januari ini, yakni Kieran Trippier, Chris Wood, Bruno Guimaraes, Dan Burn, dan Matt Target.

Jumlah 5 pemain baru ini setara dengan Everton, yang di antaranya memboyong Dele Alli dan Donny van de Beek.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, dalam hal dana yang dikeluarkan, Newcastle menjadi klub dengan pengeluaran terbesar yakni sekitar 86,5 juta pounds (Rp1,7 triliun).

Sementara itu kejutan besar dibuat Liverpool. Sempat minim pergerakan, The Reds secara mengejutkan berhasil memboyong winger FC Porto, Luis Diaz.

Pemain Kolombia itu didatangkan dengan biaya 40 juta pounds dan bakal menambah tajam lini serang Liverpool.

Tottenham juga menjalani bisnis yang cukup memuaskan dengan mendatangkan 2 pemain dari Juventus, yakni Dejan Kulusevski dan Rodrigo Bentancur.

Sementara itu, Manchester City berhasil mengamankan jasa bomber masa depan Julian Alvarez dari River Plate. Namun, sang penyerang diizinkan tetap bermain bagi River Plate di sisa musim ini sebagai pinjaman.

Sejumlah kejutan lain juga tercipta, seperti kembalinya Christian Eriksen ke Liga Inggris, usai putus kontrak dengan Inter Milan.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, alih-alih pulang ke pelukan mantan klubnya, Tottenham Hotspur, Eriksen memilih bergabung dengan Brentford.

Nama lain yang juga pulang ke Liga Inggris adalah Philippe Coutinho. Bintang Brasil ini bereuni dengan mantan rekan setimnya di Liverpool, Steven Gerrard, yang kini melatih Aston Villa.

Meski demikian, sejumlah klub Liga Inggris lainnya justru tampil memble di bursa transfer Januari ini. Beberapa gagal mendatangkan 1 pemain anyar pun, sementara yang lain sekadar memboyong pemain pelapis. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

 

1. Dua Raksasa Gagal Datangkan Satu Pun Pemain Baru

Chelsea menjadi salah satu klub Liga Inggris yang gagal mendatangkan satu pun pemain baru di bursa transfer Januari 2022. (Foto: REUTERS/Scott Heppell)

Manchester United

Jelang dibukanya bursa transfer hingga sebulan selama bursa dibuka, Manchester United santer dikaitkan dengan sejumlah nama. Mereka disebut membidik beberapa posisi, seperti gelandang tengah, dengan sejumlah nama yang disebut diincar di antaranya Declan Rice dan Boubacar Kamara.

Meski demikian, hingga bursa akhirnya ditutup, Manchester United gagal mendatangkan satu pemain baru pun.

Di sisi lain, Setan Merah justru melepas sejumlah pemain yang memang minim kontribusi pada paruh pertama musim ini, seperti Anthony Martial, Donny van de Beek, Amad Diallo, hingga Axel Tuanzebe.

Chelsea

Chelsea juga menjadi salah satu klub Liga Inggris yang sempat diyakini bakal belanja di Januari. Apalagi, mereka memang tengah membutuhkan bek kiri baru seiring cedera parah Ben Chilwell yang bakal absen hingga akhir musim.

The Blues pun dikaitkan dengan sejumlah bek kiri, mulai dari Lucas Digne, Theo Hernandez, hingga Nicolas Tagliafico. Namun, nama pertama akhirnya memilih ke Everton sedangkan 2 nama lainnya bertahan di klub masing-masing.

Chelsea juga berupaya memulangkan Emerson Palmieri yang dipinjam Lyon, tapi lagi-lagi gigit jari setelah upaya tersebut ditolak kubu Lyon.

The Blues juga sempat dikaitkan dengan pemain di posisi lain seperti Ousmane Dembele dan Jules Kounde, tapi keduanya pada akhirnya juga bertahan di klub masing-masing.

Arsenal

Arsenal menjadi klub lain yang gigit jari di bursa transfer Januari ini. Butuh striker baru usai membekukan Pierre-Emerick Aubameyang yang akhirnya pergi ke Barcelona, The Gunners harus rela melihat bidikan utama mereka, Dusan Vlahovic, memilih gabung Juventus.

Sementara itu, sejumlah penyerang lain yang jadi alternatif seperti Dominic Calvert-Lewin dan Alexander Isak juga gagal diboyong, sehingga The Gunners pada akhirnya kekurangan penyerang karena tak punya pengganti untuk Aubameyang.

Di lini tengah, Arsenal juga gagal memboyong gelandang baru setelah Bruno Guimaraes lebih memillih ke Newcastle, sementara Arthur Melo bertahan di Juventus.

The Gunners sejatinya berhasil mendatangkan 1 pemain baru yakni Auston Trusty. Namun, bek Amerika itu diyakini hanya akan jadi pemain pelapis, dan langsung dipinjamkan ke klub lamanya, Colorado Rapids.

Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityTottenham HotspurNewcastle UnitedLiga InggrisTRIVIABerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini