x

Kisruh Hasil Tes PCR Persebaya, Ketum PSSI 'Sentil' Klub-klub Liga 1

Senin, 7 Februari 2022 19:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, turut mengomentari perbedaan hasil tes PCR Persebaya Surabaya dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan secara mandiri. Dia meminta semua urusan dikembalikan kepada Regulasi Liga 1 pasal 52.

Perbedaan hasil PCR memang terjadi pada skuat Persebaya menjelang laga pekan ke-23 Liga 1 menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (6/2/22).

Seperti diketahui, seluruh penggawa Persebaya dilakukan swab PCR yang dilaksanakan PT LIB sesuai peraturan protokol kesehatan pada Sabtu (5/2/22). 

Hasil tersebut keluar pada Minggu (6/2/22), lalu beberapa pemain dan ofisial Persebaya Surabaya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Baca Juga
Baca Juga

Persebaya pun melakukan PCR ulang secara mandiri pada Minggu (6/2/22), dan hasil berbeda didapatkan karena beberapa pemain yang dinyatakan reaktif justru negatif.

Menanggapi isu hasil tes Covid-19, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan segala sesuatunya harus dikembalikan kepada Regulasi Liga 1 2021-2022, terutama yang ditegaskan pada pasal 52.

“Semuanya harus berpatokan pada Regulasi Kompetisi Liga 1 2021-2022. Sudah dijelaskan secara gamblang tentang perihal mekanisme hasil tes Covid-19 dan turunannya," ucap Iriawan.

"Dengan demikian, semua hasil PCR harus akuntabel, bisa dipertanggung jawabkan dan diketahui oleh pihak-pihak terkait," tambah Iwan Bule, sapaan akrabnya.


1. Jaga Komitmen

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing ketika memberikan keterangan perihal match fixing di kantor pssi

Dengan adanya kasus ini, Iriawan mengimbau kepada seluruh klub Liga 1 2021-2022 untuk selalu berkomunikasi dengan PT LIB, sehingga nantinya ada komitmen yang sama.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya mengimbau kepada semua klub, terkait hasil tes Covid-19, agar selalu berkomunikasi dengan PT LIB dan Satgas Covid-19 Liga 1 2021-2022. Sehingga semua punya pemahaman, tanggung jawab, serta komitmen yang sama,” tegas Mochamad Iriawan.

Persebaya SurabayaPSSILiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini