x

Media Vietnam Terkejut Timnas Indonesia Mundur dari Piala AFF U-23

Jumat, 11 Februari 2022 22:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia U-23 mendapat vaksi ketiga (Booster) sebelum berangkat ke Kamboja. FOTO: PSSI

INDOSPORT.COM – Media di Vietnam ikut terkejut dengan kabar bahwa Timnas Indonesia U-23 memutuskan menarik diri dari keikutsertaan di turnamen Piala AFF U-23 2022.

Ambisi Shin Tae-yong membantu timnas Garuda Muda mempertahankan gelar luara Piala AFF U-23 gagal terlaksana setelah mereka memutuskan mundur dari turnamen.

Baca Juga
Baca Juga

Batalnya Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022 dikonfrmasi oleh sekertaris jenderal (sekjen) PSSI, Yunus Nusi melalui laman resmi federasi pada Jumat (11/02/22) pagi WIB.

Kabar ini membuat media tetangga se-Asia Tenggara Vietnam, Laodong, terkejut. Pasalnya, Indonesia merupakan tim yang difavoritkan untuk mereut gelar juara kedua berturut-turut.

Media ini menyebut bahwa pengumuman tersebut datang begitu tiba-tiba, mengingat turnamen itu akan dimulai pada 14-26 Februari 2022 di Phnom Penh, Kamboja.

“Timnas Indonesia tiba-tiba mundur dari Kejuaraan AFF U23 2022 karena banyak pemain yang terjangkit COVID-19 dan mengalami cedera,” demikian tulis media tersebut.

Media ini juga menyoroti pernyataan federasi sepak bola Indonesia (PSSI) yang menjelaskan penyebab Timnas Garuda Muda batal bersaing di turnamen se-Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

“Homepage PSSI mengatakan bahwa Indonesia U23 tidak akan memiliki cukup skuat untuk turnamen mendatang karena hingga 7 pemain positif COVID-19, 4 pemain dalam isolasi dan 3 pemain lainnya mengalami cedera,” tulis Laodong.

“Khususnya, pasukan pelatih Shin Tae-yong hanya memiliki 1 penjaga gawang yang tersisa, tetapi penjaga gawang ini juga terisolasi,” lanjut media tersebut.


1. Timnas Indonesia U-23 Kena Badai COVID-19

Timnas Indonesia U-23 mendapat vaksi ketiga (Booster) sebelum berangkat ke Kamboja. FOTO: PSSI

PSSI sendiri menyebutkan ketujuh pemain timnas Indonesia yang positif Covid-19, yakni Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Ada pun empat pemain lain menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Selain badai corona, ada tiga pemain yang mengalami cedera, yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Ketiganya mendapat cedera saat memperkuat klub masing-masing di Liga 1. 

Dengan demikian, Grup B Piala AFF U-23 2022 hanya tersisa 3 tim, yakni Malaysia, Myanmar, dan Laos. Sementara Vietnam tergabung di Grup C bersama dengan Thailand, dan Singapura. Grup A dihuni tuan rumah Kamboja, Timor Leste dan Filipina.

PSSIVietnamTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongVirus Corona

Berita Terkini