x

Tak Hanya Bintang Chelsea, 10 Pemain yang Campakkan Timnas Inggris Demi Negara Lain

Kamis, 17 Februari 2022 18:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bintang Chelsea, Callum Hudson-Odoi, segera mencampakkan timnas Inggris untuk membela Ghana. Berikut 10 pemain lainnya yang campakkan Inggris demi negara lain. (Chriss Brunskill/GettyImages)

INDOSPORT.COM – Bintang Chelsea, Callum Hudson-Odoi, segera mencampakkan timnas Inggris untuk membela Ghana. Berikut 10 pemain lainnya yang campakkan Inggris demi negara lain.

Gelandang Chelsea, Callum Hudson-Odoi mendadak menjadi perbincangan. Pasalnya, pemain 21 tahun itu disebut bakal segera melepas kewarganegaraan Inggris demi bisa membela timnas Ghana.

Hudson-Odoi sejatinya sudah memiliki 3 caps bersama tim Tiga Singa. Namun, penampilan terakhirnya terjadi November 2019 lalu di kualifikasi Euro 2020.

Gagal menembus skuat Euro 2020, Hudson-Odoi menolak memperkuat Inggris U-21 pada laga internasional di Agustus lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Tiga bulan kemudian, ia kembali menolak membela timnas Inggris, meski kali ini panggilan itu datang dari timnas senior.

Jurnalis London World, Rahman Osman, menyebut bintang Chelsea itu bakal beralih membela Timnas Ghana jika negara Afrika itu tampil Piala Dunia 2022. Hudson-Odoi diklaim belum membuat keputusan, tapi godaan tampil di Piala Dunia disebut menjadi kunci.

Ghana sendiri kini berada babak kualifikasi ketiga, dan hanya perlu mengalahkan Nigeria dalam 2 laga yang akan digelar pada Maret nanti, untuk merebut tiket ke Qatar.

Baca Juga
Baca Juga

Meski sudah memiliki 3 caps bersama timnas Inggris, Hudson-Odoi memang bisa beralih membela Ghana. Pasalnya, 3 caps-nya terjadi saat ia masih berusia di bawah 21 tahun dan ia memiliki kewarganegaraan ganda.

Sesuai aturan FIFA, bintang Chelsea itu bisa membela The Black Stars karena Piala Dunia 2022 bakal digelar bulan November, 3 tahun setelah penampilan terakhirnya bersama Inggris.

Sebelum Hudson-Odoi, ada setidaknya 10 pemain yang mencampakkan timnas Inggris dan membela negara lain. Beberapa di antaranya bahkan kemudian tampil di ajang besar seperti Euro, Piala Dunia, Piala Afrika, hingga Copa America. Siapa saja?

 

1. Ada yang Tampil di Euro, Copa America, dan Piala Dunia

Pemain sepakbola Bayern Munchen, Jamal Musiala, yang menyeberang dari timnas junior Inggris ke timnas senior Jerman.

Matty Cash

Matty Cash menjadi nama terbaru di daftar ini. Ketatnya persaingan bek kanan Inggris membuat bintang Aston Villa itu beralih membela Polandia pada November lalu, berkat garis keturunan dari sang ibu.

Matty Cash telah mencapatkan debutnya untuk Polandia pada 12 November 2021 di laga menghadapi Andorra, saat ia turun sebagai pemain pengganti.

Ike Ugbo

Sempat membela timnas Inggris U-17 dan U-20, Ike Ugbo beralih membela timnas senior Kanada pada November lalu dan kini telah memiliki 2 caps. Bomber Troyes itu memang tak punya darah Kanada, tapi sudah tinggal di negara tersebut sejak kecil sehingga berhak pindah kewarganegaraan.

Ben Brereton Diaz

Sempat jadi andalan Inggris U-19, Ben Brereton Diaz bergabung dengan timnas Chile sejak Juni 2021 lalu. Hingga saat ini, ia memiliki 11 caps dan mencetak 4 gol, dan sempat tampil di Copa America 2021.

Ben Brereton Diaz memiliki darah Chile dari sang ibu, meski ia lahir dan besar di Inggris dan bahkan tak bisa berbahasa Spanyol.

Che Adams

Che Adams bergabung dengan timnas Skotlandia pada Maret 2021 lalu meski sempat membela Inggris U-21. Pada Euro 2020, ia menjadi pemain non kulit putih pertama yang  membela Skotlandia di ajang besar. Sejauh ini, ia memiliki 12 caps dan mencetak 5 gol.

Jamal Musiala

Sempat berganti-ganti membela Inggris dan Jerman di level junior, Jamal Musiala mantap membela Jerman yang merupakan negara asal sang ibu di level senior sejak Maret 2021 lalu. Sampai saat ini, ia sudah memiliki 9 caps dan bahkan sudah tampil di Euro 2020.

Alex Iwobi

Meski pernah membela timnas Inggris U-15 hingga U-18, pada tahun 2015 Alex Iwobi memutuskan untuk beralih membela timnas senior Nigeria. Keponakan Jay-Jay Okocha ini menjadi andalan Super Eagle dan sudah tampil di berbagai ajang, termasuk Piala Dunia 2018 dan Piala Afrika 2019 dan 2021.

Wilfried Zaha

Wilfried Zaha menjadi nama tersohor lain di daftar ini. Sama seperti Hudson-Odoi, ia juga pernah membela timnas senior Inggris.

Namun, pada 2017 alias 4 tahun setelah penampilan  terakhir bersama Inggris, Wilfried Zaha beralih ke Pantai Gading yang merupakan negara kelahirannya, dan langsung tampil di Piala Afrika pada tahun itu. Sampai saat ini, ia sudah punya 21 caps untuk negara barunya.

Nico Yennaris/Li Ke

Lahir dari ibu asal China dan ayah Yunani di Inggris, Nico Yennaris dinaturalisasi  oleh China pada 2019 meski pernah membela timnas junior Inggris. Ia kemudian mengganti namanya menjadi Li Ke dan kini sudah memiliki 6 caps bersama China.

Saido Berahino

Saido Berahino digadang jadi bomber masa depan Inggris usai membantu memenangi Piala Eropa U-17. Namun, minimnya kesempatan di level senior membuat ia membelot ke Burundi, negara kelahirannya, pada 2018. Ia kini punya 15 caps dan sempat menjadi kapten Burundi di Piala Afrika 2019.

Yunus Musah

Meski besar di Inggris dan 30 kali membela timnas junior, Yunus Musah menerima pinangan timnas senior negara kelahirannya yakni Amerika Serikat pada November 2020. Pemain 19 tahun itu pun kini sudah punya 13 caps bersama timnas Paman Sam.

GhanaChelseaWilfried ZahaSaido BerahinoAlex IwobiTimnas InggrisBola InternasionalTRIVIACallum Hudson-OdoiJamal MusialaChe Adams

Berita Terkini