x

Reformasi Lini Depan Liverpool: Diaz-Jota-Elliott, Calon Suksesor Trio Firmansah

Jumat, 18 Februari 2022 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Luis Diaz, Diogo Jota, dan Harvey Elliott siap jadi suksesor trio Firmansah di Liverpool? Foto: Reuters/Craig Brough.

INDOSPORT.COM - Trisula maut muda Liverpool, Luis Diaz, Diogo Jota, dan Harvey Elliott siap jadi suksesor trio Firmansah di Anfield. 

Klub Liga Inggris, Liverpool, selama ini dikenal dengan trio Firmansah mereka yakni Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. 

Eksistensi tiga pemain ini merupakan salah satu pilar penting dalam reformasi yang dilakukan Jurgen Klopp ke Liverpool sejak mendarat di Liga Inggris pada 2015 silam.

Dalam perjalanannya, pelatih asal Jerman tersebut tentu sudah mencoba sejumlah komposisi dalam meracik skuat hebat yang pada akhirnya publik kenal saat ini.

Dari masa ke masa, nama Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah selalu setia menemani satu sama lain di line up 4-3-3 andalan Jurgen Klopp. Akan tetapi, sayangnya tidak ada yang kekal di dunia ini.

Baca Juga
Baca Juga

Begitu pula trio Firmansah Liverpool yang suatu hari pasti bubar juga, entah karena ada yang hengkang, gantung sepatu, maupun tersodok-sodok oleh pemain baru yang terus menggeliat menunjukkan taji di depan sang manajer.

Terlebih lagi, perlu diingat pula bahwa trio ini sebentar lagi memasuki masa-masa senior kepala tiga, yang bagi sebagian orang dianggap sebagai terbukanya ‘gerbang’ para pemain muda untuk gantian eksis dan melanjutkan tongkat estafet.

Sampai detik ini, trio Firmansah memang masih jadi bagian skuat andalan Jurgen Klopp di berbagai kesempatan. Hanya saja, pola nama ketiganya kini beberapa kali sudah tidak terlihat berjejer lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Yang teranyar, saat melawan Inter Milan di Liga Champions tempo hari, manajer meletakkan nama Diogo Jota di starting line up, diapit Mohamed Salah dan Sadio Mane di posisi mereka yang biasanya.

Sementara itu, Roberto Firmino diletakkan di bangku cadangan. Lalu saat melawan Leicester City, pemain yang akrab disapa Bobby ini dimainkan bersama Diogo Jota di sebelah kanan dan Luis Diaz di sebelah kiri.

Mohamed Salah masuk sebagai pemain cadangan sekembalinya dari Piala Afrika sedangkan Sadio Mane masih belum bergabung ke tim.


1. Calon Suksesor Trio Firmansah

Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah (Firmino) siap digantikan di Liverpool? Foto: Sebastian Frej/MB Media/Getty Images.

Bicara soal stok pasukan serang, Jurgen Klopp nampaknya tidak perlu pusing ketika tidak memasang satu pun anggota trio Firmansah di line-up miliknya suatu hari nanti.

The Reds punya amunisi yang cukup untuk menggantikan mereka dan kualitasnya pun telah teruji. Contohnya, Diogo Jota yang sudah beberapa kali membuktikan diri ketika Mohamed Salah dan Sadio Mane absen ke Piala Afrika.

Pemain asal Portugal ini pun justru tampil lebih dinamis ketimbang trio Firmansah. Pasalnya, ia sosok yang versatile, bisa bermain di berbagai posisi, baik di kiri maupun kanan, bahkan sebagai penyerang tengah.

Kemudian ada Luis Diaz yang baru saja diboyong dari FC Porto di bursa transfer Januari lalu. Karena bermain di posisi yang sama dengan Sadio Mane, sangat mudah menebak ke mana Jurgen Klopp akan memproyeksikan dirinya kelak.

Namun untuk sekarang, ia masih harus berjuang mendapat tempat karena Sadio Mane masih cukup eksis dan kuat di skuat The Reds. Jika tidak dapat membuktikan diri, salah-salah ia bisa berakhir sebagai pemain spesialis Carabao Cup.

Akan tetapi, skenario tersebut nampaknya bisa dihindari apabila melihat sepak terjangnya dan penampilannya belakangan ini. Meski masih newbie, ia bisa membuat permainan The Reds lebih hidup dan berbahaya saat menyerang.

Lalu ada pula Harvey Elliott, salah satu produk akademi Liverpool yang sukses mentas ke tim utama. Ia pun menjelma sebagai calon bintang masa depan The Reds, bahkan digadang-gadang sebagai penerus Mohamed Salah.

Legenda The Reds, Jamie Carragher, pun berpendapat demikian. Pemain berusia 18 tahun tersebut dinilai layak menggantikan slot Mohamed Salah jika seniornya itu sudah tidak available lagi di skuat The Reds.

“Mungkin bukan tipe pemain yang sama, tapi seseorang yang bermain di sebelah kanan dan masuk dengan kaki kirinya,” ucap Carra seperti diwartakan Daily Mail.

Sekarang yang dibutuhkan oleh Harvey Elliott adalah lebih banyak menit bermain sebagai persiapan jadi bintang besar di Liverpool. Bukan tidak mungkin ia, Luis Diaz, dan si fleksibel Diogo Jota akan jadi trio hebat penerus Firmansah nantinya.

LiverpoolMohamed SalahSadio ManeRoberto FirminoLiga InggrisBerita Liga InggrisHarvey ElliottDiogo JotaLuis Diaz

Berita Terkini