x

Apa Kabar Ilham Yuda, Wonderkid Indonesia yang Pernah Main di Klub Malaga Liga Spanyol

Senin, 21 Februari 2022 14:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pernah main di akademi Malaga City dan Amonecar City, klub kasta keenam Liga Spanyol, apa kabar pemain sepak bola asal Indonesia, Ilham Yuda?

INDOSPORT.COM - Pernah main di akademi Malaga City dan Amonecar City, klub kasta keenam Liga Spanyol, apa kabar pemain sepak bola asal Indonesia, Ilham Yuda?

Ya, pesepak bola asal Pontianak, Ilham Putra Yuda pernah menimba ilmu sepak bola di Amerika, lalu pindah ke Spanyol di tahun 2018, bergabung di Amonecar City.

"Saya bisa ke Spanyol karena ada turnamen di Amerika, Las Vegas Cup U-16, terus ada pelatih yang melirik saya, dari situ baru saya mulai ke Spanyol," ungkap Ilham via Antara.

Baca Juga
Baca Juga

Selanjutnya, Ilham Yuda juga mengikuti seleksi di tim divisi empat Spanyol, yaitu klub Estepona. Akan tetapi, perjalanan Ilham harus terhenti karena ia terlibat cedera.

"Saya pernah uji coba sama tim Estepona dari divisi empat, tadinya mau main di situ sama akademinya. Tapi gara-gara cedera, jadi harus pulang ke Indonesia," ujarnya.

Ya, Ilham Yuda pun pulang ke Indonesia, dan harus menjalani operasi lutut akibat cedera tersebut. Satu tahun sudah berlalu sejak ia naik meja operasi usai cedera di Spanyol.

"Enggak kerasa sudah setahun semenjak Amam operasi, yang membuat Amam enggak bisa main bola selama sembilan bulan," ungkap Ilham Yuda melalui unggahan di Instagram.

Baca Juga
Baca Juga

"Awalnya Amam kira Amam enggak bakal bisa balik kayak sebelum cedera, alhamdulillah banyak orang baik yang ada untuk nemenin Amam dan mensupport melewati masa itu."


1. Siap Bela Timnas Indonesia

Ilham Yuda, pemain muda Indonesia di Spanyol. Foto: Instagram@ilhamyuda23

Kini, Ilham Yuda atau yang akrab disapa Amam, nampak sudah kembali ke lapangan dan bergabung dengan CD Estepona, klub yang bermain di divisi empat Liga Spanyol.

"Sekarang mau gabung tim semi profesional biar balik ke performa dulu lagi. Jika saya main bagus, mereka bisa memberi peluang untuk bisa main ke Kota Madrid," ucapnya.

Dalam hal persyaratan untuk bermain di Eropa, Ilham Yuda mengaku bisa bermain di tim mana saja di Spanyol, karena dia sudah memiliki Vicha, semacam sertifikasi pemain.

"Kalau misalnya sudah ada kartu Vicha, kalau ada itu bisa main ke mana saja. Misal saya sedang bermain, terus ada agen yang melirik saya, mereka tinggal ambil saya."

Baca Juga
Baca Juga

Ilham Yuda juga mengatakan, saat ini ia belum berminat untuk bermain di Liga Indonesia, tetapi jika untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, dia bersedia. "Untuk sekarang saya masih mau main di Eropa dulu, buat menggali potensi. Kalau bermain di klub Indonesia, tidak dulu. Tapi kalau ke Timnas Indonesia, saya bersedia." ujar Ilham Yuda. 

SpanyolMalagaCederaLiga SpanyolBola InternasionalBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini