x

Kembalinya Selebrasi Salto Aubameyang di Barcelona, Langsung Hattrick dan Panen Rekor

Senin, 21 Februari 2022 13:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Selebrasi salto Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya terlihat di Barcelona, seiring kesuksesan sang penyerang mencetak hattrick, yang membawanya panen rekor. Foto: REUTERS/Pablo Morano

INDOSPORT.COM – Selebrasi salto Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya terlihat di Barcelona, seiring kesuksesan sang penyerang mencetak hattrick, yang membawanya panen rekor.

Laga seru tersaji di Liga Spanyol, Minggu (20/02/22) malam WIB ketika Barcelona bertandang ke markas Valencia.

Pelatih Xavi Hernandez menurunkan trio anyar di lini depan yakni Pierre-Emerick Aubameyang sebagai penyerang tengah, diapit Ferran Torres di kiri dan Ousmane Dembele di kanan.

Formasi ini terbukti tokcer, ketika Aubameyang mencetak gol untuk membuka skor di menit ke-23, memanfaatkan umpan panjang David Alba.

Baca Juga
Baca Juga

Usai Frenkie de Jong mencetak gol kedua Barcelona di menit ke-32, Aubameyang mencetak gol keduanya di laga ini pada menit-38 untuk membawa Blaugrana unggul 3-0.

Di babak kedua, Valencia memperkecil skor lewat Carlos Soler di menit ke-52. Namun, Barcelona kembali membalas di menit ke-63, lagi-lagi melalui Aubameyang.

Gol keempat Barcelona ini sejatinya sempat dihitung menjadi milik Pedri yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Namun, sesuai laga berakhir, Barcelona menyebut wasit menyatakan gol itu menjadi milik Aubameyang karena tendangan Pedri membentur punggung Aubameyang yang mengubah arah bola. Dengan situasi ini, Aubameyang pun resmi mencetak hattrick perdananya bagi Barcelona.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Aubameyang memang baru bergabung dengan Barcelona pada hari terakhir bursa transfer Januari kemarin secara gratis, setelah memutus kontraknya di Arsenal.

Ia dibekukan dari skuat Arsenal selama beberapa pekan terakhir sebelum kepindahannya, akibat melakukan tindakan indisipliner untuk kesekian kalinya. Tak hanya itu, ban kapten Arsenal pun dicopot dari dari lengannya.

Namun, dengan torehan hattrick yang ia catatkan tadi malam, penyerang Gabon itu diharapkan bisa kembali ke performa terbaik, untuk membawa Barcelona kembali ke habitatnya sebagai tim raksasa, setelah sempat terpuruk dalam 2 musim terakhir ini.

 

1. Hattrick 'Sempurna' yang Hadirkan Banyak Rekor

Debut Pierre-Emerick Aubameyang bersama Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Laga melawan Valencia tadi malam merupakan laga keempat Pierre-Emerick Aubameyang bersama Barcelona.

Sebelumnya, ia menjalani debut sebagai pemain pengganti saat menghadapi Atletico Madrid, lalu kembali jadi pengganti saat melawan Espanyol, dan debut starter melawan Napoli di Liga Europa.

Namun, di 3 laga pertamanya itu ia gagal mencetak gol. Ia baru berhasil membuka rekening golnya saat melawan Valencia, dan langsung mencetak hattrick.

Hattrick itu pun layak disebut hattrick ‘sempurna’,  karena dicetak lewat kaki kanan, kaki kiri, dan punggung, merujuk pada hattrick sempurna yang dicetak lewat kaki kanan, kaki kiri, dan kepala.

Gol pertamanya ke gawang Valencia sendiri mengakhiri puasa golnya yang sudah berjalan 4 bulan. Ia terakhir kali mencetak gol musim ini saat membawa Arsenal mengalahkan Aston Villa pada 22 Oktober 2021.

Pentingnya gol tersebut bagi Aubameyang terlihat dari aksinya melakukan selebrasi favoritnya, lompatan salto. Selebrasi itu sudah cukup lama tak terlihat, seiring mandulnya dirinya bersama Arsenal di paruh pertama musim ini.

Namun, dengan hattrick-nya bersama Barcelona, penyerang asal Gabon itu diharapkan bisa kembali menemukan performa terbaik, dan makin sering melakukan selebrasi saltonya.

Sang penyerang pun mengungkapkan kebahagiaannya terkait aksinya semalam Blaugrana. “Saya sangat senang. Tapi yang paling penting adalah kami menang,” katanya seperti dilansir 90min.

Di sisi lain, hattrick perdana bersama Barcelona itu pun menghadirkan sejumlah rekor bagi Aubameyang.

Ia kini tercatat sebagai pemain Gabon pertama yang mencetak gol di LaLiga Spanyol, sekaligus pemain Gabon pertama yang mencetak hattrick di kompetisi tersebut.

Tak hanya itu, Aubameyang juga menjadi pemain keempat di abad ke-21 yang sukses mencetak gol di Liga Prancis, Liga Jerman, Liga Inggris, dan Liga Spanyol, setelah Stevan Jovetic, Michy Batshuayi, dan James Rodriguez.

Ia juga menjadi pemain pertama di abad ke-21 yang mencetak hattrick di keempat kompetisi tersebut.

Terakhir, Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di kandang Valencia bersama 2 klub berbeda. Sebelumnya, saat masih membela Arsenal, ia pernah mencetak tiga gol ke gawang Los Che di Mestalla di Liga Europa.

ArsenalBarcelonaValenciaPierre-Emerick AubameyangGabonBerita Liga Spanyol

Berita Terkini