x

Max Kilman, Bek Muda Rival Liga Inggris Calon Pengganti Cesar Azpilicueta di Chelsea

Selasa, 22 Februari 2022 22:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Terancam ditinggal 3 bek tengah termasuk Cesar Azpilicueta, Chelsea incar bek Wolverhampton Wanderers dan mantan pemain timnas futsal Inggris, Max Kilman.Foto: Reuters/Jason Cairnduff

INDOSPORT.COM – Terancam ditinggal 3 bek tengah termasukn Cesar Azpilicueta, Chelsea bersiap mendatangkan bek muda Wolverhampton Wanderers dan mantan pemain timnas futsal Inggris, Max Kilman.

Jelang berakhirnya musim kompetisi 2021/2022 ini, Chelsea dibuat berkeringat dingin. Bagaimana tidak, mereka terancam kehilangan 3 bek tengah sekaligus secara gratis.

Ketiga pemain yang dimaksud adalah Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, dan Andreas Christensen yang akan habis kontrak pada akhir musim ini.

The Blues sejatinya ingin memperpanjang kontrak ketiganya, namun sejauh ini tak ada perkembangan berarti.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Cesar Azpilicueta makin santer dikaitkan dengan Barcelona, sedangkan Rudiger diklaim diincar Real Madrid dan Manchester United.

Situasi ini pun membuat Chelsea mulai membidik sejumlah nama untuk diboyong, jika bek-bek andalannya itu benar-benar hengkang. Satu nama yang jadi incaran terbaru The Blues adalah Max Kilman, bek muda milik klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Max Kilman memang berhasil mencuri perhatian bersama Wolves. Musim ini, ia menjadi pilihan utama setelah 3 musim sebelumnya hanya menjadi pelapis, dan sejauh ini telah tampil 28 kali di semua kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

Performa apik Kilman pun berpengaruh terhadap kinerja tim secara keseluruhan. Wolves menjadi tim dengan pertahanan terbaik kedua di Liga Inggris musim ini dengan kebobolan 18 gol, sejajar dengan Chelsea dan hanya kalah 1 gol dari Manchester City.

Mereka pun punya peluang cukup besar untuk tampil di kompetisi Eropa musim depan, karena saat ini berada di posisi 7 klasemen sementara alias zona UEFA Conference League. Kilman dkk hanya tertinggal 2 poin dari West Ham dan Arsenal yang duduk di zona Liga Europa.

Kilman sendiri merupakan fans Chelsea sejak kecil sehingga diyakini takkan menolak tawaran pindah ke Stamford Bridge. Namun, The Blues harus merogoh kocek cukup dalam karena bek 24 tahun itu masih terikat kontrak cukup panjang di Wolves, yakni hingga Juni 2026.

 

1. Mantan Pemain Timnas Futsal dan Nyaris Dibajak Ukraina

Duel pemain Wolverhampton Wanderers, Max Kilman dengan pemain Leicester City. Foto: Reuters/Jason Cairnduff

Max Kilman mengawali perjalanan di dunia sepak bola bersama akademi Fulham, sambil bergabung dengan sebuah klub futsal.

Dari Fulham, ia berpindah ke akademi Gilliham hingga akhirnya direkrut Maidenhead United, klub kasta kelima sepak bola Inggris pada 2015.

Tiga musim bermain di level semi profesional, Kilman sukses menarik perhatian Wolverhampton yang kemudian memboyongnya pada Agustus 2018.

Pada musim pertamanya, Kilman lebih kerap ditempatkan di tim U-23, dengan hanya sekali dimainkan di tim utama. Namun, menit bermainnya terus meningkat tiap musim, hingga akhirnya jadi pilihan utama musim ini.

Secara statistik, Max Kilman memang tampil memukau musim ini. Ia memuncaki rataan blok per laga di tubuh klub (0.7), peringkat kedua dalam rataan intersep (1,8), dan ketiga dalam rataan clearance (3,7).

Tak hanya itu, ia juga punya postur yang menjulang yakni 1,95 meter sehingga piawai dalam duel udara. Ia pun sudah mencetak 1 gol lewat sundulan pada musim ini.

Ia pun ahli memainkan bola dengan kaki dan membangun serangan dari belakang, dan menjadi pemain dengan akurasi umpan tertinggi keempat di Wolves.

Kilman diyakini takkan kesulitan beradaptasi bersama Chelsea, karena Wolves juga memainkan pola 3 bek tengah, sama seperti The Blues. Ia biasanya ditempatkan sebagai bek tengah paling kanan, mirip dengan peran Cesar Azpilicueta.

Kilman memang belum pernah tampil bersama timnas sepakbola Inggris, termasuk di level junior. Meski demikian, ia pernah tergabung dengan timnas Inggris di cabang lain, yakni futsal.

Ia menjalani debut pada usia 18 tahun dan sampai saat ini sudah memiliki 35 caps, meski kemudian kariernya di cabang tersebut terhenti saat ia bergabung dengan Wolverhampton.

Pada Maret 2021 lalu, Max Kilman menjadi perbincangan setelah pelatih timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, mengaku tengah membujuk Kilman untuk membela Ukraina, yang merupakan negara asal sang ibu.

Namun, rencana itu akhirnya kandas karena Kilman sudah pernah tampil resmi untuk timnas Inggris di cabang futsal, sehingga tak bisa membela negara lain dalam jenis sepak bola apa pun.

Bursa TransferChelseaFutsalUkrainaCesar AzpilicuetaLiga InggrisAntonio RudigerWolverhampton Wanderers (Wolves)Berita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini