x

3 Berkah untuk Barcelona Usai Hancurkan Napoli di Liga Europa

Jumat, 25 Februari 2022 11:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Barcelona lolos ke 16 besar Liga Europa setelah menekuk Napoli. Foto: REUTERS/Albert Gea.

INDOSPORT.COM - Barcelona lolos ke 16 besar Liga Europa setelah menekuk Napoli di leg kedua playoff, Jumat (25/02/22) dini hari WIB.

Barcelona tampil produktif di laga tadi dengan menorehkan empat gol, yang masing-masing dicetak oleh Jordi Alba, Frenkie de Jong, Gerard Pique, dan Pierre-Emercik Aubameyang.

Sebelumnya, pertandingan wakil Italia dan Spanyol ini berakhir imbang di leg pertama. Barcelona pun mendapat cukup banyak kritik kala itu lantaran tidak tampil dominan meski berstatus eks kontestan Liga Champions.

Kini nampaknya Xavi berhasil menumpas omongan-omongan miring tersebut dengan bukti nyata. Ia pun mengaku senang dengan hasil yang diperoleh para pemainnya kali ini.

Baca Juga
Baca Juga

“Kami bermain sangat baik, tahu cara menemukan pemain yang bebas, tampil menekan setelah kehilangan bola. Kami mendominasi, seperti yang kami lakukan di kandang juga,

“Hasilnya sudah adil. Saya sangat senang untuk mereka yang bermain bagus dan bekerja sangat keras. Kami berada di jalur yang benar,” ucap Xavi seperti diwartakan laman Sport.es.

Selain itu, ia juga punya kesan apik terhadap Frenkie de Jong, salah satu pemain yang menonjol di laga Napoli vs Barcelona.

“Saya rasa dia bermain brilian, golnya juga bagus. Dia penuh percaya diri dan menjadi lebih baik,” kata Xavi.

Baca Juga
Baca Juga

Menurutnya, Frenkie de Jong kini bermain dinamis dan kondisinya pun sudah bugar. Ada harapan besar dalam benak Xavi untuk menjadikan pemainnya ini andalan Barcelona selama beberapa tahun ke depan.

Lolos ke 16 besar Liga Europa, Barcelona punya kans besar untuk mendominasi panggung kompetisi dengan reputasi mereka sebagai langganan Liga Champions.

Akan tetapi, Xavi lebih memilih bermain down to earth dan enggan digadang-gadang sebagai kandidat favorit juara.

 

1. 3 Berkah Barcelona

Suasana pertandingan antara Napoli vs Barcelona di Liga Europa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

Hasil apik di Liga Europa ini pun jadi sinyal positif dari Barcelona yang belakangan terseok-seok di LaLiga. Mereka sempat terlempar dari lima besar namun kini berhasil merangkak ke peringkat empat klasemen.

Nah, berikut tiga hal positif yang diraih Barcelona usai menyingkirkan Napoli dari Liga Europa musim ini. Apa saja?

Trio Rekrutan Anyar Makin Menggeliat

Barcelona termasuk klub yang sibuk di bursa transfer Januari lalu dengan merekrut tiga pemain dari Liga Inggris yakni Ferran Torres, Adama Traore, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun sepak terjang mereka sempat tidak terdengar gaungnya sesaat setelah datang, termasuk Aubameyang yang sebelumnya dikenal sebagai mesin gol Arsenal.

Ia akhirnya menemukan kembali ketajamannya setelah mencetak hattrick kontra Valencia tempo hari, dilanjut dengan satu buah gol kontra Napoli. Selain itu, Adama Traore juga menorehkan dua assist.

Lalu, Ferran Torres juga berbicara cukup banyak di Liga Europa dengan mencetak satu gol di leg pertama.

Pembuktian Xavi

Xavi baru saja ditunjuk menangani Barcelona pada November lalu, namun sepak terjangnya sejauh ini terhitung sudah lumayan.

Selain lolos ke 16 besar Liga Europa dengan kemenangan meyakinkan di Naples, tim asuhannya juga menang besar atas Valencia tempo hari, ditambah situasi Barcelona yang mulai membaik usai kembali ke empat besar klasemen.

Kini, dengan filosofi kepelatihannya yang fokus pada pressure terhadap lawan, Xavi diharapkan bisa membawa Barcelona ke takhta yang lebih tinggi lagi, entah di Eropa maupun Spanyol.

Adama Traore

Mulai menunjukkan penampilan meyakinkan sebagai pemain reguler di skuat Xavi. Kecepatannya sukses membuat Napoli kewalahan dan sulit mencari jalan keluar menghadapi pemain milik Wolves ini.

Ia juga terlibat dalam dua gol yang dicetak Jordi Alba dan Pierre-Emerick Aubameyang. Jika terus menampilkan performa impresif, bukan tidak mungkin Blaugrana akan kepincut mempermanenkan dirinya. 

BarcelonaLiga EuropaNapoliBerita Liga Europa

Berita Terkini