x

Tengah Konflik, Intip 3 Bintang Rusia dan Ukraina yang Sempat Tampil di Liga Indonesia

Jumat, 25 Februari 2022 22:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra pada Liga 1 antara PSS Sleman vs Kalteng Putra, Jumat (18/10/19).

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain bola asal Rusia dan Ukraina, dua negara yang sedang konflik, yang pernah tampil di kompetisi Liga Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui, bahwa Rusia melalui Presiden Vladimir Putin telah mengumumkan operasi militer ke negara Ukraina, terutama pada wilayah Donetsk dan Luhansk.

Serangan ini lantas memberikan efek ke berbagai sektor, salah satunya adalah sepak bola. Belum lama ini, dunia sepak bola pun mengecam tindakan agresi Rusia tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Kecaman ini kemudian berimbas ke para oligarki Rusia yang berstatus pemilik klub. Salah satunya adalah Roman Abramovich yang merupakan pemilik Chelsea.

Karena adanya agresi ini, pria berusia 55 tahun itu dan Chelsea kena imbasnya. Dilaporkan bahwa The Blues harus rela ditinggal oleh Abramovich yang dikenal dekat dengan Putin.

Berbicara soal Ukraina dan Rusia, dua negara ini sejatinya punya cerita cukup panjang dalam sejarah sepak bola nasional terutama di kasta teratas Liga Indonesia.

Meski hanya segelintir dan jarang ditemui, namun faktanya ada tiga pemain dari Rusia dan Ukraina yang pernah rasakan kompetisi di Liga Indonesia.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba rangkum serta mengulas, tiga pesepakbola asal Rusia dan Ukraina yang sempat cicipi Liga Indonesia:

Evgeni Kabaev

Nama pertama adalah Evgeni Kabaev. Penyerang kelahiran Leningrad, Rusia, tersebut pernah datang ke Indonesia dengan memperkuat tim Ibukota, Persija Jakarta pada tahun 2015.

Evgeni Kabaev direkrut Persija usai penampilan gemilangnya saat memperkuat klub Eropa, Sillamäe Kalev, yang mentas di Liga Estonia.

Baca Juga
Baca Juga

Selama dua musim memperkuat Sillamäe Kalev, pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut mampu mencetak 54 gol dari 79  pertandingan.

Akan tetapi saat pindah ke Persija, ketajaman Evgeni Kabaev mendadak hilang dan bahkan gagal mencetak gol dalam empat pertandingan bersama Macan Kemayoran.

Kebersamaan Evgeni Kabaev pun harus berakhir cepat setelah PSSI mendapat lantaran sanksi FIFA pada Mei 2015 dan membuat kompetisi harus vakum cukup lama.


1. Yevhen Bokhashvili

Selebrasi pemain PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra pada Liga 1 antara PSS Sleman vs Kalteng Putra, Jumat (18/10/19).

Berikutnya ada Yevhen Bokhashvili, penyerang asal Ukraina tersebut merupakan mesin gol PSS Sleman pada tahun 2019 hingga 2021.

Meski baru menjalani laga debut di Liga Indonesia, namun Yevhen Bokhashvili mampu membuktikan kapasitasnya sebagai mesin gol dengan mencetak 17 gol dari 36 pertandingan buat Super Elja.

Ketajaman tersebut membuat Yevhen Bokhashvili masih dipercaya untuk tampil di Liga 1 musim ini dengan memperkuat Persipura Jayapura.

Sementara itu, imbas dari invasi Rusia ke Ukraina membuat Yevhen Bokhashvili sempat mengutarakan perasaan dukanya dan berdoa agar konflik di negaranya tersebut segera berakhir.

Yevhen Budnik
Terakhir ada Yevhen Budnik. Penyerang Ukraina ini pernah cicipi kompetisi Liga Indonesia dengan memperkuat Persita Tangerang pada tahun 2020.

Akan tetapi, kondisi pandemi Covid-19 yang kian luas tingkat penyebarannya membuat kompetisi saat itu harus terhenti dan Yevhen Budnik pun berpisah dengan Persita.

Selama memperkuat Laskar Pangeran Cisadane, Yevhen Budnik gagal mencetak gol dalam tiga pertandingannya.

Usai hengkang dari Persita, pemain 31 tahun itu merantau dan memperkuat sejumlah tim Eropa seperti Urartu, Pyunik serta Karpaty Lviv yang mentas di Liga 2 Ukraina.

RusiaUkrainaLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini