x

Dua Rekor Legenda yang Bisa Terulang di Final Piala Liga Inggris Chelsea vs Liverpool

Minggu, 27 Februari 2022 11:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Partai final Carabao Cup alias Piala Liga Inggris antara Chelsea vs Liverpool di Stadion Wembley, Minggu (27/02/22) malam WIB siap digelar.

INDOSPORT.COM - Partai final Carabao Cup alias Piala Liga Inggris antara Chelsea vs Liverpool di Stadion Wembley, Minggu (27/02/22) malam WIB siap digelar.

Sejauh ini, Liverpool adalah klub tersukses di ajang ini dengan raihan delapan gelar, yang jumlahnya sama banyak dengan Manchester City. Hanya saja, The Reds bisa dibilang unggul dari sang rival lantaran lebih sering tampil di final.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kejuaraan domestik nampak sebagai ‘anak tiri’ bagi manajer The Reds, Jurgen Klopp. Ia sudah cukup sering melempar para pemain lapis duanya untuk unjuk gigi di kompetisi piala.

Bahkan, pelatih asal Jerman ini pernah melakukan 10 pergantian pemain di ajang Piala FA kontra West Ham United pada 2016. Belum lama ini ia juga memrotes keras jadwal dua leg Piala Liga Inggris yang dianggap memberatkan.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat dianggap memandang sebelah mata kompetisi piala, Jurgen Klopp pun menjelaskan bahwa ada banyak pertimbangan saat ia memilih pemain, bukan hanya menunjuk 11 nama di kertas sebagai line up.

Nah, musim ini, Liverpool akhirnya sampai juga di partai puncak Carabao Cup alias Piala Liga Inggris 2022. Dengan banyak gelar sudah dalam genggaman, nampaknya sekarang waktu yang tepat untuk fokus ke kejuaraan domestik.

Terakhir kali Chelsea vs Liverpool di final Piala Liga Inggris, The Blues tampil sebagai pemenang untuk edisi 2005. Pada waktu itu, mereka masih ditangani Jose Mourinho yang baru mendarat di Inggris dari Porto.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan komposisi pemain yang sekarang, baik Chelsea maupun Liverpool berpeluang sama besar untuk jadi juara, terlepas dari isu konflik Rusia-Ukraina yang memengaruhi The Blues dan isu cedera di kubu The Reds.

Selain itu, hal lain yang patut dinanti dari partai final Carabao Cup Chelsea vs Liverpool nanti malam adalah rekor-rekor yang mungkin tercipta saat laga maupun sesudah laga.

Dari berbagai sumber, berikut redaksi INDOSPORT.com telah merangkumnya.

 

1. Rekor yang Dibidik Dua Pemain Liverpool

Diogo Jota dan Takumi Minamino berpeluang cetak rekor di Piala Liga Inggris. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Takumi Minamino

Dikenal sebagai pemain yang kerap turun di kejuaraan dometik alih-alih kompetisi reguler Premier League Liga Inggris, Takumi Minamino sudah beberapa kali membayar lunas kepercayaan yang diberi Jurgen Klopp.

Ia pun berperan penting bagi Liverpool untuk sampai ke partai puncak Carabao Cup 2022. Golnya saat injury time di perempat final lawan Leicester City memaksa skor sama imbang dan menyelamatkan The Reds dari kekalahan.

Saat itu, anak-anak asuh Jurgen Klopp akhirnya lolos lewat adu penalti tipis, 5-4. Lalu, jelang final melawan Chelsea ini, Takumi Minamino pun berpeluang mengejar rekor legenda Liverpool, Robbie Fowler.

Sosok yang dikenal sebagai ‘Dewa Anfield’, Robbie Fowler, mencatatkan enam gol saat berlaga di Piala Liga Inggris 2000-2001.

Takumi Minamino pun berpeluang jadi pemain pertama yang mencetak setidaknya empat gol di ajang ini setelah seniornya tersebut.

Diogo Jota

Kehadiran pemain yang satu ini di final Carabao Cup Chelsea vs Liverpool masih jadi tanda tanya. Kondisinya yang masih belum fit dari cedera bisa jadi kerugian besar bagi Jurgen Klopp yang sekarang kerap mengandalkannya.

Sama seperti Takumi Minamino, Diogo Jota juga bagian krusial tim Liverpool yang berlaga di laga-laga piala, meski secara nasib ia lebih beruntung karena beberapa kali meraih tempat di tim reguler Liga Inggris dan Liga Champions.

Jika Takumi Minamino sedang dalam perjalanan mengejar rekor Robbie Fowler, eks pemain Wolves ini bisa saja menyamai rekor milik legenda Liverpool yang lain, Kenny Dalglish.

Andaikata bermain dan mencetak gol nanti malam, ia akan jadi pemain kedua sepanjang sejarah The Reds yang mencatatkan nama di papan skor secara beruntun di perempat final, semifinal, dan final, dalam satu kompetisi dalam semusim.

Seperti diwartakan Sportsmole, rekor ini sempat diukir oleh King Kenny saat berlaga di Piala Liga Inggris 1980-1981.

LiverpoolChelseaPiala Liga InggrisLiga InggrisCarabao CupBerita Liga Inggris

Berita Terkini