x

Pekan Pamungkas Liga 1 Berpotensi Digelar Bersamaan, PT LIB Siapkan Gelora Samudra

Rabu, 2 Maret 2022 17:55 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Gelora Samudra Kuta. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyiapkan Gelora Samudra, Legian, Kuta, sebagai venue alternatif Liga 1 2021-2022. Persiapan ini dilakukan karena empat partai pekan ke-34 berpotensi digelar bersamaan.

Perebutan gelar Liga 1 musim ini berlangsung seru. Hingga pekan ke-28, ada lima tim yang punya potensi besar menjadi juara, karena perbedaan poin tipis di klasemen sementara.

Kelima tim tersebut adalah Bali United (60 poin), Persib Bandung (57), Arema FC (55), Bhayangkara FC (55), dan Persebaya Surabaya (54). Hasil satu partai saja bisa mengubah susunan klasemen.

"Kalau lihat posisi di akhir seri empat, klasemen sementara ini ada kompetisi yang luar biasa. Seperti ada tiga klaster, mulai klaster papan atas, papan tengah dan papan bawah," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, Selasa (1/3/22).

Situasi inilah yang memaksa PT LIB selaku operator Liga 1 untuk cepat tanggap menyiapkan antisipasi andai persaingan sengit terus berlangsung hingga pekan ke-34.

Baca Juga
Baca Juga

Ada empat partai yang berpotensi digelar bersamaan. Untuk itu, Gelora Samudra yang selama ini hanya untuk latihan, dijadikan alternatif venue pertandingan.

Gelora Samudra bisa menjadi venue bersama Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Ngurah Rai dan Stadion Kompyang Sujana. Sudjarno menyebut hal ini sebagai bagian dari upaya memberi keadilan bagi semua tim.

"Kita lihat saja nanti, mulai pekan ke-29 hingga 33. Ada potensi tiga atau empat pertandingan digelar bersamaan. Tentu semua dilaksankan di Bali," ucap Sudjarno.

"Kami sudah siapkan skema ini, karena dari awal kami pakai tiga venue. Kalau skema jalan, kami persiapkan dan koordinasikan Gelora Samudra dipakai sebagai bagian dari asas fairness," lanjut Sudjarno.


1. Bhayangkara FC Ringan

Laga Bhayangkara FC vs Persita Tangerang di Liga 1.

Sulit memprediksi apa yang akan terjadi pada pekan ke-29 hingga 34 Liga 1 2021-2022. Pada momen-momen krusial ini, balapan tak lagi melibatkan teknik dan strategi saja, namun juga mental juara sebuah tim.

Uniknya, empat dari lima kandidat juara masih saling berhadapan di seri kelima Liga 1 2021-2022. Satu tim yang terlepas dari lawan papan atas hanya Bhayangkara FC.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, Bhayangkara FC akan bertemu Persipura Jayapura dan Persela Lamongan yang berjuang mati-matian keluar dari zona degradasi. Seri kelima Liga 1 2021-2022 dipastikan berlangsung dengan tensi mendidih.


2. Bhayangkara FC Menyerah?

Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster.

Bhayangkara FC ditahan imbang Persita Tangerang 2-2 dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2021-2022, Selasa (1/3/22). Hasil itu membuat The Guardian tertinggal dari persaingan juara.

Bhayangkara FC dipastikan gagal memangkas jarak dengan Bali United yang berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2021-2022, serta melewati Persib Bandung dan Arema FC di urutan kedua dan ketiga.

Bhayangkara FC sempat unggul 2-1 di babak pertama berkat dua gol sepak bebas Anderson Salles (15' dan 45+2'). Tapi, kelengahan di menit ke-68 berujung tembakan roket bek Persita, Edo Febriansyah.

Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, mengakui timnya tak tampil secara optimal. Pasalnya, ada beberapa pemain penting yang tidak bisa merumput akibat kurang kondisi fit, mulai dari Adam Alis, Ezechiel N'Douassel, TM Ichsan, Hansamu Yama, hingga Lee Yoo-joon.

Baca Juga
Baca Juga

"Bukan hanya Adam dan Eze, ada juga Ichsan, Hansamu, Lee Yoo-joon yang belum fit. Mereka belum kembali ke kondisi terbaik,” kata Paul Munster dalam sesi jumpa pers pasca-laga.

"Situasi pertandingan seperti ini, dengan jeda waktu singkat membuat pelatih pasti akan melihat pemain mana yang siap. Pelatih cuma punya waktu sedikit untuk menentukan taktik," imbuhnya.

BaliBali UnitedLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga 1SudjarnoBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini