x

Terkuak! Ini Konglomerat Pertama yang Bakal Akuisisi Chelsea dari Tangan Abramovich

Rabu, 2 Maret 2022 15:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Roman Abramovich (tengah), pemilik Chelsea

INDOSPORT.COM – Kabar bakal dilepasnya Chelsea oleh Roman Abramovich membuat beberapa konglomerat dunia bermunculan, salah satunya adalah biliuner asal Swiss, Hansjorg Wyss

Rumor bakal dilepasnya Chelsea muncul belakangan ini setelah Roman Abramovich bakal dikenai sanksi oleh pemerintah Inggris.

Sanksi diberikan kepada pria berusia 55 tahun itu setelah muncul bocoran dokumen yang menyatakan bahwa dirinya terlibat aksi korupsi dan suap untuk mendapat pengaruh politik.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, kasus tersebut diperkuat dengan kedekatan Abramovich dengan Vladimir Putin selaku Presiden Rusia yang memerintahkan adanya invasi ke Ukraina sehingga berimbas pada nama baik Chelsea.

Abramovich sempat mengambil tindakan, yakni melepas status kepemilikannya di Chelsea yang dilimpahkan ke Yayasan Amal The Blues yang ternyata juga menuai kontroversi

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Abramovich juga disebut ingin melepas aset-asetnya karena ingin menghindarkan diri dari sanksi yang akan diberikan pemerintah Inggris.

Tak disangka, aset yang akan dijual adalah rumah, Flat serta Chelsea. Hal ini membuat beberapa investor mulai ambil ancang-ancang untuk mengakuisisi The Blues.


1. Konglomerat Swiss Berencana Akuisisi Chelsea

Konglomerat Swiss Berencana Akuisisi Chelsea

Salah satu konglomerat yang muncul ke permukaan dan berminat mengakuisisi Chelsea adalah biliuner asal Swiss bernama Hansjorg Wyss.

Pria berusia 86 tahun ini membuka opsi mengakuisisi Chelsea sepenuhnya dari tangan Abramovich. Hal ini diungkapkannya dalam wawancara eksklusif bersama Blick.

Hansjorg Wyss mengaku ia ditawari untuk memboyong Chelsea bersama tiga konglomerat lainnya.

Baca Juga
Baca Juga

“Abramovich adalah salah satu orang terdekat Putin. Seperti oligarki lainnya, dia juga panik. Ia mencoba menjual semua villanya di Inggris,” buka Hansjorg Wyss.

“Abramovich juga ingin melepas Chelsea secepatnya. Saya dan tiga orang lainnya mendapat tawaran pada hari Selasa (01/03/22) untuk membeli Chelsea dari Abramovich,” lanjutnya.

Hansjorg Wyss juga menjelaskan bahwa dirinya akan menunggu sebelum mengakuisisi Chelsea mengingat besarnya harga yang akan dipatok Abramovich.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya harus menunggu empat hingga lima hari sekarang. Abramovich saat ini meminta terlalu banyak. Anda tahu, Chelsea berutang ke dirinya sebesar 2 miliar poundsterling (Rp38 triliun). Tapi Chelsea tak punya uang.”

“Itu artinya, siapapun yang membeli Chelsea harus membayar utang tersebut ke Abramovich,” imbuh Hansjorg Wyss.


2. Bisa untuk Bayar Utang Chelsea

Logo Chelsea.

Hansjorg Wyss sejatinya punya uang yang cukup untuk membeli Chelsea dan membayar utang The Blues, mengingat kekayaannya mencapai 5,1 miliar dolar AS (Rp73 triliun).

Meski demikian, uang tersebut dirasa belum cukup olehnya sehingga ia harus mencari rekan untuk mengakuisisi dan berinvestasi di Chelsea.

Baca Juga
Baca Juga

“Untuk saat ini, kami tak tahu harga Chelsea. Saya hanya bisa membayangkan mengakuisisi Chelsea bersama beberapa rekan. Tapi saya harus menilai kondisinya secara umum.”

“Tapi apa yang bisa saya katakan adalah: saya tak bisa melakukannya (mengakuisis Chelsea) sendirian. Jika saya membeli Chelsea, maka itu harus dengan konsorsium yang berisi enam hingga tujuh investor,” pungkas Hansjorg Wyss.

RusiaChelseaUkrainaRoman AbramovichLiga Inggris

Berita Terkini