x

3 Bintang Southampton yang Bisa Dibawa Ralph Hassenhuttl ke Manchester United

Senin, 7 Maret 2022 13:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Ralph Hassenhuttl jadi nama terbaru di bursa manajer baru Manchester United. Berikut 3 pemain Southampon yang bisa ia bawa serta, termasuk buangan Chelsea. Ralph Hassenhuttl (pelatih Southampton).

INDOSPORT.COM – Ralph Hassenhuttl jadi nama terbaru di bursa manajer baru Manchester United. Berikut 3 pemain Southampon yang bisa ia bawa serta, termasuk buangan Chelsea.

Daftar nama kandidat manajer baru Manchester United musim depan semakin panjang. Sempat dikaitkan dengan sejumlah nama dari Mauricio Pochettino, Erik ten Hag, Graham Potter, hingga Carlo Ancelotti, kini muncul 1 lagi nama baru.

Sama seperti Potter, nama ini juga membesut klub Liga Inggris musim ini. Sosok yang dimaksud adalah Ralph Hassenhuttl, juru taktik Southampton.

Dilansir Mirror, Manchester United sejatinya masih menginginkan ten Hag dan Pochettino. Namun, performa Setan Merah musim ini membuat mereka ragu bisa mendapatkan jasa salah satu dari dua nama tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Manajemen klub pun kemudian menjadikan Hussenhuttl sebagai alternatif, jika gagal memboyong dua bidikan utama tersebut.

Hassenhuttl sendiri memiliki kedekatan khusus dengan juru taktik MU saat ini, Ralf Rangnick, karena pernah bekerja sama di RB Leipzig. Ketika itu, Hassenhuttl menjadi manajer sedangkan Rangnick direktur sepak bola.

Dengan situasi ini, skuat Manchester United diharapkan tak akan kesulitan beradaptasi jika Hassenhuttl datang musim depan, karena filosofi permainnya cukup mirip dengan Rangnick.

Di sisi lain, kinerja Hassenhuttl di Liga Inggris bersama Southampton terbilang baik dengan membawa The Saints ke peringkat 9.

Southampton bahkan menjadi tim yang tak pernah kalah dari Manchester United dan Manchester City sepanjang musim ini, dengan selalu bermain imbang dalam 4 laga menghadapi kedua klub raksasa tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Jika pada akhirnya membesut Manchester United, kedatangan Ralph Hassenhuttl berpotensi diikuti sejumlah pemain Southampton.

Selain demi memudahkan dirinya menerapkan sistem permainannya, memang ada sejumlah pemain Soton yang sesuai dengan kebutuhan MU.

Lantas, siapa saja pemain The Saints yang berpotensi menyusul sang juru taktik ke Old Trafford? Berikut ulasannya:

 

1. Ada Jebolan Chelsea

Tino Livramento (depan) Southampton saat duel dengan Gustavo Hamer pemain Coventry City. (05/02/22). FOTO: REUTERS/Peter Nicholls

Tino Livramento

Tino Livramento menjadi salah satu pemain Southampton yang mencuri perhatian. Sejauh ini, pemain 19 tahun itu  menjadi bek kanan utama dan sudah mencatatkan 22 penampilan di Liga Inggris. Performanya pun terbilang apik dengan torehan 1 gol dan 2 assist.

Dengan kecepatan dan gaya permainannya yang rajin maju ke depan, Tino Livramento bisa menjadi pengganti ideal bagi Aaron Wan-Bissaka yang musim ini disorot, khususnya karena buruknya kemampuannya dalam membantu serangan.

Livramento sendiri punya hubungan baik dengan Hassenhuttl karena pria Austia itulah yang memboyongnya ke Southampton, setelah ia kesulitan menembus tim utama Chelsea.

Jan Bednarek

Buruknya kinerja Harry Maguire dan kerapnya Eric Bailly mengalami cedera membuat bek tengah baru menjadi kebutuhan lain Manchester United. Untuk masalah ini, Hassenhuttl bisa membawa serta pemain andalannya di Southampton, Jan Bednarek.

Musim ini, Jan Bednarek menjadi andalan utama Soton dan sudah mencatatkan 22 penampilan di Liga Inggris. Tak hanya itu, ia juga memuncaki rataan clearance per laga (4.4) dan peringkat kedua dalam rataan intersep (2.0). Kedua angka tersebut jauh lebih baik daripada Maguire (3,4 dan 0,8).

Bednarek juga punya kedekatan khusus dengan Hassenhuttl mengingat Hassenhuttl-lah yang menjadikannya pilihan utama, setelah ia hanya menjadi pelapis di era Mark Hughes.


2. Ada Jebolan Barcelona

Pemain Southampton, Jan Bednarek, membobol gawang Manchester United yang dijaga David De Gea pada pertandingan Liga Inggris, Minggu (29/11/20). (Robin Jones/Getty Images)

Oriol Romeu

Ancaman kepergian Nemanja Matic dan ketidakmampuan Scott McTominay dan Fred menjadi gelandang bertahan membuat MU membutuhkan pemain anyar di sektor tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Oriol Romeu bisa menjadi pilihan. Eks Barcelona itu tampil stabil sebagai andalan Soton di sektor gelandang bertahan dalam 7 musim terakhir.

MU memang sudah mengincar sejumlah nama lain seperti Declan Rice namun hingga kini kesulitan mendatangkannya.

Dengan usia yang sudah 30 tahun, Romeu bisa menjadi pilihan untuk jangka pendek 1-2 musim ke depan, hingga MU mendapatkan peluang lebih baik untuk memboyong Rice.

Tak hanya itu, dengan kontrak yang akan habis Juni 2023 nanti, eks Barcelona ini pun bisa didapatkan dengan harga miring.

Romeu juga punya kepemimpinan yang baik dan acapkali menjadi kapten Southampton saat James Ward-Prowse absen.
 


3. Ferguson Rekomendasikan Ancelotti

Carlo Ancelotti, Pelatih Real Madrid (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Sebelum Ralph Hassenhuttl, MU sempat dikaitkan dengan mantan juru taktik AC Milan, Carlo Ancelotti, berkat rekomendasi Sir Alex Ferguson.

Carlo Ancelotti yang saat ini menangani Real Madrid diketahui memiliki hubungan yang sangat dekat dengan eks pelatih legendaris Manchester United itu.

Ferguson sendiri masih punya suara dalam setiap langkah manajemen Setan Merah. Bahkan, dia jadi penasihat CEO Man United baru, Richard Arnold, yang mengambil alih tugas Ed Woodward awal tahun ini.

Dilansir ESPN, memanfaatkan kedekatannya dengan Ancelotti, Ferguson menyarankan agar mantan tim besutannya itu untuk mempertimbangkan Ancelotti sebagai manajer baru.

Sir Alex Ferguson sebelumnya lebih memprioritaskan agar Manchester United menunjuk Mauricio Pochettino sebagai manajer baru. Namun, ia meminta Man United mempertimbangkan Carlo Ancelotti jika gagal mendapatkan Pochettino.

Manchester UnitedSouthamptonIn Depth SportsLiga InggrisTRIVIABerita Liga InggrisRalph HassenhuttlTino Livramento

Berita Terkini