x

Bedah Formasi Manchester United Bersama Carlo Ancelotti: Ada Bintang Chelsea dan Madrid

Jumat, 4 Maret 2022 09:30 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut perkiraan formasi Manchester United jika sukses mendatangkan Carlo Ancelotti dari Real Madrid, untuk menggantikan Ralf Rangnick musim depan. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

INDOSPORT.COM – Berikut perkiraan formasi Manchester United jika sukses mendatangkan Carlo Ancelotti dari Real Madrid, untuk menggantikan Ralf Rangnick musim depan.

Sempat dikaitkan dengan Mauricio Pochettino dan Erik ten Hag hingga Graham Potter, kini muncul nama baru dalam daftar kandidat manajer permanen Manchester United musim depan.

Sosok yang dimaksud adalah juru taktik veteran asal Italia, Carlo Ancelotti, yang saat ini membesut Real Madrid. Dilansir ESPN, munculnya nama Ancelotti berawal dari rekomendasi Sir Alex Ferguson. Sang manajer legendaris meminta MU mempertimbangkan Ancelotti, jika gagal mendatangkan Pochettino.

Baca Juga
Baca Juga

Ancelotti sendiri memang dikenal akrab dengan Ferguson, seiring kerapnya mereka bertemu sepanjang karier kepelatihan mereka.

Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai manajer andal. Ia pernah membesut dan menghadirkan sejumlah gelar untuk tim-tim besar seperti AC Milan, Chelsea, hingga Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain.

Musim ini pun, ia sukses membawa Real Madrid memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol, unggul enam poin dari Sevilla yang ada di posisi kedua.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Carlo Ancelotti juga merupakan manajer yang adaptif. Ia memilih pola permainan sesuai ketersediaan pemain di skuat, alih-alih memaksakan pola tertentu. Meski demikian, ia dikenal sebagai penggemar sistem empat bek dan menyukai permainan menyerang.

Lantas, bakal seperti apa formasi Manchester United jika Carlo Ancelotti benar-benar jadi manajer baru mereka musim depan? Berikut ulasannya:


1. Lini Belakang

David De Gea, kiper Manchester United. (ANTHONY DEVLIN/AFP via Getty Images)

Bersama Manchester United, Carlo Ancelotti bisa menjajal pola 4-3-3 yang jadi andalannya di Real Madrid musim ini, demi memaksimalkan para winger cepat MU di lini depan.

Di sektor penjaga gawang, David de Gea masih akan menjadi pilihan utama seiring performa apiknya musim ini yang kerap menjadi penyelamat Setan Merah.

Sementara itu, kegemaran Ancelotti memanfaatkan full back-nya untuk aktif membantu penyerangan membuat Diogo Dalot dan Alex Telles diyakini akan lebih jadi andalan.

Keduanya punya kemampuan yang lebih bagus dalam membantu serangan, dibandingkan pesaing mereka yakni Aaron Wan-Bissaka dan Luke Shaw.

Di bek tengah, Raphael Varane yang sudah ia kenal sejak masih di Real Madrid diyakini akan tetap jadi andalan. Namun, buruknya kinerja Harry Maguire membuat Ancelotti kemungkinan besar akan mendatangkan bek tengah baru.

Ancelotti sendiri disebut ingin mendatangkan Antonio Rudiger ke Real Madrid. Namun jika ia melatih MU, bukan tidak mungkin bintang Jerman itu bakal dibujuknya untuk datang ke Old Trafford.


2. Lini Tengah

Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Liverpool di Piala FA. (Martin Rickett/PA Images via Getty Images)

Di lini tengah, sektor gelandang bertahan menjadi kelemahan terbesar MU. Titik lemah ini bisa diatasi Ancelotti dengan mendatangkan bintang andalannya di Real Madrid, Casemiro.

Casemiro terbukti piawai memutus serangan lawan yang terbukti lewat rataan tekel tertinggi di Real Madrid. Kehadirannya juga akan membuat rekan-rekannya di lini tengah lebih bebas untuk menyerang.

Sementara itu, posisi sebagai gelandang serang dan pusat kreativitas akan tetap menjadi milik Bruno Fernandes, yang tampil apik sejak kedatangannya ke Old Trafford.

Satu sempat tersisa sebagai gelandang box to box bisa diisi Paul Pogba jika MU sukses memperpanjang kontraknya. Jika tidak, Fred bisa mengisi peran tersebut seiring apiknya performanya belakangan ini di era kepelatihan Ralf Rangnick.


3. Lini Depan

Cristiano Ronaldo tengah adu mulut dengan Jack Stephens pada laga Liga Inggris di Old Trafford hari Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Russell Cheyne

Di lini depan, Cristiano Ronaldo yang tengah mandul diharapkan bisa kembali ke performa terbaik seiring kehadiran Ancelotti yang pernah melatihnya di Real Madrid.

Meski ketika di Los Blancos ia lebih kerap dimainkan di sisi kiri, penurunan kecepatan membuat Ronaldo lebih tepat ditempatkan sebagai ujung tombak di MU, untuk memanfaatkan tingginya naluri golnya.

Jika tidak, Ancelotti bisa mencoba mendatangkan Karim Benzema yang berpotensi tersingkir di Real Madrid karena Los Blancos ingin memboyong Kylian Mbappe dan Erling Haaland.

Di kanan, Jadon Sancho yang mulai menemukan permainan terbaik belakangan ini, layak menjadi pilihan utama Carlo Ancelotti. Satu tempat tersisa di kiri bisa diberikan kepada Marcus Rashford atau Anthony Elanga yang belakangan mulai kerap dipercaya Rangnick di Manchester United.

Manchester United XI (4-3-3): De Gea; Dalot, Varane, Rudiger, Telles; Fernandes, Casemiro, Pogba/Fred; Sancho, Ronaldo/Benzema, Rashford/Elanga.

Real MadridManchester UnitedCristiano RonaldoKarim BenzemaCarlo AncelottiCasemiroLiga InggrisAntonio RudigerBruno FernandesBerita Liga Inggris

Berita Terkini