x

'Atur': Lagu Parodi Milik P-Project yang Sindir Wasit dan Mafia Sepak Bola Indonesia

Selasa, 8 Maret 2022 07:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Banyak cara untuk mengekspresikan kekesalan akan wasit dan mafia sepak bola di Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan P-Project lewat lagu ’Atur’.

INDOSPORT.COM – Banyak cara untuk mengekspresikan kekesalan akan wasit dan mafia sepak bola di Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan P-Project lewat lagu ’Atur’ pada tahun 1998 yang masih relevan hingga saat ini.

Wasit berat sebelah atau tak kompeten dan mafia sepak bola masih menjadi momok menakutkan di dunia si kulit bundar Tanah Air sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Belakangan, kasus wasit berat sebelah atau tak kompeten dan mafia sepak bola kembali mengemuka, terutama di kancah Liga 3 yang saat ini masuk ke babak 16 besar.

Baca Juga
Baca Juga

Adalah Persikota Kota Tangerang dan Persipa Pati yang menjadi korban aksi wasit berat sebelah atau tak kompeten saat memimpin pertandingan melawan Farmel FC dan Putra Jombang.

Persikota harus merasakan kekalahan 0-3 dari Farmel FC. Kekalahan ini disebut-sebut dipengaruhi oleh ketidakbecusan wasit dalam memimpin laga.

Alhasil, pemilik Persikota, Prilly Latuconsina pun sampai kesal dan mengkritisi kepemimpinan wasit sekaligus menyentil PSSI lewat unggahan Instagram-nya.

Belum selesai kasus Persikota, Liga 3 kembali dipanaskan dengan ketidakadilan yang diterima Persipa Pati saat bermain imbang 1-1 melawan Putra Jombang.

Baca Juga
Baca Juga

Ketidakadilan ini terlihat saat pemain Persipa diganjar kartu merah. Belum lagi dengan sederet keputusan wasit yang dirasa berat sebelah hingga tim berjuluk Laskar Saridin itu melayangkan protes ke PSSI.

Usut punya usut, laga Persipa Pati vs Putra Jombang itu disebut-sebut ada campur tangan mafia sepak bola, Vigit Waluyo.

Gejolak wasit berat sebelah dan mafia sepak bola yang kembali memanas ini, lantas membuat INDOSPORT teringat kembali akan lagu parodi P-Project yang menyindir habis borok sepak bola Tanah Air yang telah menahun tersebut.


1. P-Project, Lagu Atur dan Borok Sepak Bola Indonesia yang Menahun

Ilustrasi Mafia Sepak bola

Lagu ‘Atur’ merupakan salah satu lagu yang masuk dalam album Jilid 4 milik P Project yang muncul pada tahun 1998, bertepatan dengan gelaran Piala Dunia dan Reformasi 1998.

Total ada delapan lagu, di mana salah satu lagu yang berjudul ‘Atur’ menarik perhatian para pecinta sepak bola karena membahas borok sepak bola Tanah Air yang identik dengan tak kompetennya wasit serta mafia sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Tak disangka, lagu ‘Atur’ yang merupakan plesetan lagu The Cardigans berjudul Lovefool ini, masih relevan dengan kondisi sepak bola Indonesia dewasa ini.

Tak percaya? Mari menelaah potongan lirik yang didendangkan P Project dalam lagu ‘Atur’ tersebut.

“Main Mata Aturlah Bola
Fair Play Sudah Tidak Dijaga
Wasit Harusnya Wibawa
Tapi Kok Malah...
Atur Skor
Atur Gol
Atuuuuurr"

“Kami Kami, Ingin Sekali
Lihat Lihat, Wasitnya Ahli
Bukan Wasit Berhati Banci "


2. Butuh Ketegasan dan Keseriusan dari PSSI

Ilustrasi Mafia Sepak bola

Dalam lirik tersebut, P Project mengkritisi kinerja wasit Indonesia yang memang kurang kompeten dan cenderung berat sebelah.

Sebagai catatan, lagu parodi ini telah lahir di tahun 90 an, di mana di tahun tersebut, sepak bola Indonesia dalam masa transisi dari bubarnya era Galatama dan Perserikatan dan beralih ke Ligina atau Divisi Utama.

lirik lagu ini menyebutkan wasit bisa menjual murah semua keputusan hanya demi Rupiah, sehingga keputusan pun bisa diubah-ubah untuk menguntungkan suatu tim. Hal ini berkaitan erat dengan mafia sepak bola.

Nyatanya, persoalan wasit belakangan ini telah menjadi sorotan sejak tahun 90 an oleh P Project. Hanya saja, di era teknologi ini, kehadiran wasit nakal dan mafia pun kian terekspos dibandingkan tahun tersebut.

Tak hanya di Liga 3, ketidakadilan dan kurang kompetennya wasit pun masih terlihat di kasta teratas sekelas BRI Liga 1 2021-2022.

Bahkan, persoalan mafia sepak bola juga masih ada saat ini, terutama di Liga 2 saat Perserang Serang mengklaim para pemainnya terlibat pengaturan skor.

Banyaknya kejadian di luar nalar yang melibatkan wasit ini secara tak langsung mempengaruhi esensi sepak bola itu sendiri, yakni Fair Play atau sportivitas.

Pada akhirnya, kejadian-kejadian di Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3 di sepanjang musim 2021-2022 ini menjadi PR besar bagi PSSI yang gencar menggalakkan pemberantasan mafia sepak bola.

Entah sampai kapan lagu ‘Atur’ milik P-Project ini masih akan relevan di sepak bola Indonesia. Akankah berhenti atau lirik lagu 'Atur' dari P-Project ini akan tetap terngiang-ngiang hingga akhir hayat?


3. Lirik Lengkap Lagu Atur P-Project

Ilustrasi Mafia Sepak bola

P-Project - Atur 

Dikira Tidak Ada Problem
Di Balik Prestasi Melempem
Sepak Bola Bukanlah Peyeum
Bisa Dipendem 

Main Mata Aturlah Bola
Fair Play Sudah Tidak Dijaga
Wasit Harusnya Wibawa
Tapi Kok Malah...
Atur Skor
Atur Gol
Atuuuuurr 

Lari Lari, Kejarlah Prestasi
Lari Lari, Jauhkan Kolusi
Lagi Lagi, Hasil Akhir Rugi
Lagi Lagi, Diatur Juri
Jadikan, Sepak Bola Bermutu 

Kami Kami, Ingin Sekali
Lihat Lihat, Wasitnya Ahli
Bukan Wasit Berhati Banci 

Agar Jalannya Kompetisi
Sepak Bola Kita Bergengsi
Seperti di Negeri Spaghetti
Kita Nikmati 

Prestasi Semuanya Mandeg
Apabila Wasitnya Gebleg
Keputusan Dijual Murah
Ke Tuan Rumah
Atur Skor
Atur Gol
Atur Atur Aja Deh, Ini Duitnya 

Lari Lari, Kejarlah Prestasi
Lari Lari, Jauhkan Kolusi
Lagi Lagi, Hasil Akhir Rugi
Lagi Lagi, Diatur Juri
Jadikan, Sepak Bola Bermutu 

Kami Kami, Ingin Sekali
Lihat Lihat, Wasitnya Ahli
Bukan Wasit Berhati Banci, Berhati Banci 

Kamu Kamu, Hey Kamu Kamu
Pasti Bisa, Eh Pendekar Bukan Kamu Yang Dipanggil
Jadi Wasit, Jadilah Wasit Yang Baik
Bukan Wasit Berhati Banci!

WasitMafia SepakbolaPersikota TangerangLiga 3Vigit WaluyoSepak BolaPersipa PatiFarmel FC

Berita Terkini