x

Bedah Formasi Inter Milan Jika Sukses Datangkan Trio Bintang Liga Prancis

Selasa, 8 Maret 2022 16:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk Jonathan David, Inter Milan membidik 3 bintang Liga Prancis sekaligus di bursa transfer musim panas nanti. Bakal seperti apa formasi Nerazzurri nanti?

INDOSPORT.COM – Termasuk Jonathan David, Inter Milan membidik 3 bintang Liga Prancis sekaligus di bursa transfer musim panas nanti. Bakal seperti apa formasi Nerazzurri nanti?

Meski ditinggal sejumlah sosok kunci pada awal musim ini seperti pelatih Antonio Conte dan bomber Romelu Lukaku, kinerja Inter Milan terbilang stabil.

Saat ini Lautaro Martinez dkk masih bertengger di peringkat 2 klasemen Liga Italia Serie A. Inter bahkan hanya tertinggal 2 poin dari AC Milan yang ada di puncak, dengan masih menyimpan 1 laga tunda.

Meski demikian, hal ini rupanya tidak memuaskan Inter Milan. Nerazzurri diketahui mulai bersiap memasuki bursa transfer musim panas, dan sudah memiliki sejumlah pemain incaran.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Inter Milan kini seolah mengikuti jejak AC Milan. Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir ini Rossoneri memang punya kebiasaan baru, yakni mendatangkan pemain dari Liga Prancis seperti Mike Maignan, Rafael Leao, Yacine Adli, hingga Fode Ballo-Toure.

Belanja pemain dari Liga Prancis inilah yang hendak diikuti oleh Inter Milan. Tidak tanggung-tanggung, dilansir Sempre Inter, ada setidaknya trio bintang Ligue 1 yang ingin didatangkan Nerazzurri di bursa transfer musim panas.

Ketiga pemain tersebut adalah Jason Denayer (Lyon), Jonathan David (Lille), dan William Saliba (Marseille).

Denayer dan Saliba dikenal sebagai pemain tangguh, sedangkan David populer sebagai bomber muda nan tajam.

Baca Juga
Baca Juga

Inter Milan sendiri masih harus bersaing dengan sejumlah klub dalam memboyong ketiganya, seperti Arsenal yang juga meminati David, serta Real Madrid yang membidik Saliba.

Namun, Nerazzurri tak gentar dan siap bersaing untuk mendapatkan ketiga pemain asal Liga Prancis tersebut.

Lantas, bakal seperti apa formasi Inter Milan musim depan jika sukses mendatangkan Jason Denayer, William Saliba, dan Jonathan David? Berikut ulasannya.

 

1. Lini Belakang

Jason Denayer bek Olympique Lyonnais (Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)

Jika masih dilatih Simone Inzaghi, Inter Milan kemungkinan besar akan tetap menggunakan skema 3-5-2 andalan pria Italia itu, yang terbukti berjalan lancar sampai saat ini.

Di sektor kiper, meski bakal kedatangan Andre Onana dari Ajax, Samir Handanovic berpotensi masih tetap jadi andalan.

Sang kapten sejauh ini tampil gemilang dengan meraih 16 cleansheet dan hanya kebobolan 30 gol dari 37 laga di semua kompetisi. Inter pun diketahui siap memperpanjang kontrak Handanovic yang habis akhir musim ini.

Di sektor bek tengah, Jason Denayer berpeluang besar mengisi tempat Stefan de Vrij. Seperti diketahui, Inter siap melepas de Vrij musim panas nanti, jika sang bek Belanda tak memperpanjang kontraknya yang habis Juni 2023.

Meski Lyon memainkan pola 4 bek, Denayer yang juga eks Manchester City itu terbiasa bermain dengan pola 3 bek di timnas Belgia sehingga takkan sulit berdaptasi.

Sementara itu, William Saliba bisa  menjadi pengganti bagi Milan Skriniar. Sama seperti de Vrij, kontrak Skriniar juga akan habis Juni 2023 sehingga peluang Inter menjualnya cukup terbuka, agar tidak kehilangan dirinya secara gratis.

Satu tempat tersisa akan jadi milik Alessandro Bastoni yang tampil gemilang dan jadi pilihan utama dalam beberapa musim terakhir.


2. Lini Tengah

Marcelo Brozovic, pemain Inter Milan (Diego Souto/Quality Sport Images/Getty Images)

Di lini tengah, diyakini tidak akan ada perubahan besar. Dua andalan memang akan habis kontrak akhir musim ini yakni Marcelo Brozovic dan Ivan Perisic, tapi proses negosiasi perpanjangan berjalan lancar sehingga keduanya diyakini akan segera memperpanjang masa bakti mereka.

Dengan situasi tersebut, Brozovic akan mempertahankan posnya sebagai gelandang bertahan utama Inter Milan. Pemain Kroasia itu dikenal punya kemampuan tekel mumpuni, dan bertugas merusak serangan lawan sekaligus melindungi lini belakang.

Brozovic akan diapit oleh dua gelandang lain yang berbeda peran yakni Hakan Calhanoglu dan Nicolo Barella.

Barella yang biasa bermain di sebelah kanan Brozovic akan lebih banyak berperan sebagai gelandang box to box, sementara Handanovic di kiri Brozovic akan menjadi pusat serangan dan sumber kreativitas lewat umpan-umpan dan visi bermainnya.

Sementara itu, sektor wing back takkan mengalami perubahan di mana Denzel Dumfries akan tetap jadi andalan di kanan. Di kiri, Ivan Perisic yang sudah berusia 33 tahun akan tampil bergantian dengan Robin Gosens yang baru datang Januari lalu.


3. Lini Depan

Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Di lini depan, perubahan cukup signifikan akan terjadi seiring santernya isu Inter Milan ingin melepas Lautaro Martinez.

Bomber Argentina itu memang mengalami penurunan performa musim ini dan sempat mandul di 9 laga beruntun di Liga Italia, sebelum mencetak hattrick ke gawang Salerninata.

Jika Lautaro Martinez benar-benar pergi, maka Jonathan David bisa menjadi pengganti yang tempat. Bomber Kanada itu tampil tajam bersama Lille musim ini dengan 13 gol dari 27 laga Liga Prancis.

David dikenal punya kecepatan dan kemampuan bagus dalam mencari ruang, sehingga akan cocok bermain dengan Edin Dzeko yang merupakan penyerang tengah klasik.

David bisa bergerak bebas sedikit di belakang Dzeko sambil mencari celah di pertahanan lawan, atau memainkan bola kombinasi dengan Dzeko berperan sebagai pemantul. Kecepatan David juga akan memudahkan Inter Milan dalam melancarkan serangan balik.

Inter Milan XI: Handanovic; Saliba, Denayer, Bastoni; Dumfries, Barella, Brozovic, Calhanoglu, Perisic/Gosens; Dzeko, David.

Bursa TransferInter MilanLilleLigue 1 PrancisOlympique LyonJason DenayerMarseilleLiga ItaliaWilliam SalibaBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini