x

Ikut Berduka, Presiden Jokowi Datang Melayat dan Doakan Penggagas LPI Arifin Panigoro

Selasa, 8 Maret 2022 12:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Sejumlah tokoh penting termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sambangi rumah duka pengusaha sekaligus penggaas Liga Primer Indonesia (LPI) 2021, Arifin Panigoro.

INDOSPORT.COM – Sejumlah tokoh penting pemerintahan, termasuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menyambangi rumah duka pengusaha sekaligus penggagas Liga Primer Indonesia (LPI), Arifin Panigoro.

Mendiang Arifin Panigoro wafat saat perawatan di Mayo Clinic, Rochester, Minneapolis, Amerika Serikat, Minggu (27/2/22).

Baca Juga
Baca Juga

Usia dibawa pulang ke rumah duka, sejumlah pelayat berdatangan tanpa henti untuk turut mendoakan Arifin Panigoro dan keluarga di Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/22).

Tokoh-tokoh penting yang hadir melayat antara lain Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Presiden Jokowi.

“Pagi ini, saya melayat ke rumah duka almarhum Arifin Panigoro, anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024," tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, @jokowi.

"(Beliau) meninggal dunia di Amerika Serikat pada Minggu, 27 Februari 2022 (waktu setempat) karena sakit,” lanjut Jokowi.

Baca Juga
Baca Juga

“Di rumah duka di Jakarta Selatan, bertemu dan menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada istri dan anak-anak almarhum. Semoga segala amal Ibadan almarhum Arifin Panigoro diterima oleh Allah SWT dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah,” pungkasnya.


1. Ragam Komentar Netizen

Netizen turut mendoakan agar mendiang Arifin Panigoro mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

Sontak unggahan instagram Jokowi itu langsung banjir komentar para netizen. Hampir sebagian besar netizen turut mendoakan agar mendiang Arifin Panigoro mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

“Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, “ komentar @fanbo563.

“Turut berduka cita, semoga Husnul Khotimah,” komentar @srimastutisrimastuti.

Baca Juga
Baca Juga

“RIP, selamat jalan Bapak Arifin Panigoro, salah satu putra bangsa pencipta lapangan kerja di Indonesia,” komentar @mrslbntobing.

Selain itu banyak pula netizen yang turut mengenang kebaikan Arifin Panigoro selama menjabat sebagai seorang politikus hingga pengusaha. Pria yang dijuluki "Raja Minyak Indonesia" itu juga dikenal sangat dekat dengan sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Kecintaan mendiang pada olahraga sepak bola bukan menjadi rahasia lagi. Dia sempat menggagas Liga Medco yang melibatkan 3.000 anak dan 500 atlet pada 2016.

Dia juga menjadi pengagas Liga Primer Indonesia (LPI), dan mulai bergulir pada Januari 2011 dengan pertandingan perdana Solo FC melawan Persema Malang.


2. Kiprah Arifin Panigoro

Pada masa kepempimpinan Presiden Jokowi, Arifin Panigoro ditunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024.

Liga Primer Indonesia mampu memunculkan klub-klub baru yang mampu menunjukkan tajinya.  Seperti dari Aceh United, Medan Chiefs, Solo FC, Tangerang Wolves, Real Mataram, dll.

Sejumlah mantan pesepak bola internasional mulai merumput di Indonesia, seperti Lee Hendrie (Inggris), Amaral (Brasil), Deniss Romanovs (Latvia), Jardel Santana (Brasil), Patrick Ghigani (Jerman).

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, Liga Primer Indonesia (LPI) yang digagas Arifin Panigoro ini muncul sebagai pesaing Liga Super Indonesia yang resmi digulirkan oleh PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Tanah Air.

Akibatnya,  PSSI menentang kompetisi ini dan tak segan mengancam memberi sanksi klub yang bergabung ke kompetisi ini. Alhasil, LPI hanya berjalan seumur jagung sebelum resmi bubar pada 2014.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati demikian, kecintaan Arifin Panigoro terhadap sepak bola tak lekang ditelan waktu. Hingga akhirnya ia terjun ke ranah politik.

Pada masa kepempimpinan Presiden Jokowi, Arifin Panigoro sempat ditunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024.

Joko WidodoJokowiLiga IndonesiaBola IndonesiaArifin PanigoroLiga Primer Indonesia (LPI)

Berita Terkini