x

Panik Lihat Timnas Indonesia, Vietnam Percepat Proses Naturalisasi Bintang Eropa

Selasa, 8 Maret 2022 10:58 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Vietnam besutan Park Hang-seo tengah panik mengimbangi kekuatan Timnas Indonesia yang bakal segera mendapatkan tambahan amunisi empat pemain naturalisasi.

INDOSPORT.COM - Vietnam besutan Park Hang-seo tengah panik mengimbangi kekuatan Timnas Indonesia yang bakal segera mendapatkan tambahan amunisi empat pemain naturalisasi.

Seperti diketahui, saat ini proses naturalisasi calon tiga pemain Timnas Indonesia yakni Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah hampir selesai.

Kemudian PSSI masih menunggu jawaban dari kiper klub Serie A Liga Italia, Sampdoria yaitu Emil Audero Mulyadi apakah bersedia untuk memperkuat Timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga
Baca Juga

Bila kiper berusia 25 tahun tersebut menolak tawaran, maka pihak federasi langsung menghubungi Jordy Wehrmann agar segera mengirimkan dokumen.

Baca Juga
Baca Juga

Hal itu sepertinya membuat Vietam besutan Park Hang-seo panik karena sempat dipermalukan para pemain muda Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Menurut laporan dari Soha.vn, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) baru saja mendapatkan kabar baik soal rencana untuk melakukan naturalisasi kepada kiper Liga Eropa bernama Filip Nguyen.


1. Klub Vietnam Bakal Bantu Proses Naturalisasi

Calon kiper Timnas Vietnam, Filip Nguyen.

Saat ini Filip Nguyen bergabung bersama klub kasta tertinggi Liga Ceko, FC Slovacko. Ia dikontrak dengan status pinjaman hingga akhir musim 2021-2022 dari Slovan Liberec.

Filip Nguyen hampir saja tampil di Liga Konferensi Eropa 2021-2022. Sayangnya di babak kedua kualifikasi, FC Slovacko kalah dari klub asal Bulgaria, Lokomotiv Plovdiv.

Baca Juga
Baca Juga

Meski selalu menjadi andalan di FC Slovacko, Soha.vn mengklaim kalau kiper berusia 29 tahun tersebut siap untuk bermain di kompetisi Vietnam.

Klub raksasa Vietnam, Binh Dinh, dikabarkan siap untuk merekrut Filip Nguyen yang kontraknya di Slovan Liberec bakal habis pada Juni 2022 mendatang.

Mereka juga siap untuk membantu proses naturalisasi agar Filip Nguyen juga bisa memperkuat Timnas Vietnam. Proses perpindahan warga negara bakal dikebut supaya sang kiper bisa bermain untuk ajang Piala AFF 2022 mendatang menghadapi Timnas Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

"Pelatih Park Hang-seo akan mendapat bala bantuan dari Eropa. Jalan bintang yang bermain di Liga Eropa untuk dipakai di tim Vietnam semakin menguntungkan," tulis Soha.vn.

"Menurut sumber terbaru, klub Binh Dinh akan membantu penjaga gawang Vietnam di luar negeri Filip Nguyen mempercepat proses pengajuan kewarganegaraan Vietnam," katanya.


2. Filip Nguyen Pernah Dipanggil ke Timnas Ceko

Filip Nguyen Pernah Dipanggil ke Timnas Ceko.

Sejatinya, Federasi Sepak bola Vietnam (VFF) sudah berencana untuk memberikan paspor Vietnam kepada Filip Nguyen sejak 2016 lalu.

Namun sepertinya VFF tidak serius dalam mengurus administrasi pemain dalam program naturalisasi. Alhasil, Filip Nguyen malah mendapatkan panggilan ke Timnas Ceko di UEFA Nations League kontra Skotlandia, Selasa (08/09/20) lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut peraturan FIFA, setiap pemain yang telah berpartisipasi dalam laga (baik secara penuh atau sebagian) dalam kompetisi resmi kategori apa pun atau jenis pertandingan sepak bola apa pun untuk satu asosiasi tidak boleh memainkan laga internasional untuk tim perwakilan dari asosiasi lain.

Akan tetapi, beberapa media Vietnam mengklaim kalau naturalisasi masih bisa terwujud. Filip Nguyen disebut akan kembali ke Vietnam untuk memperkuat klub Binh Dinh FC.

Baca Juga
Baca Juga

Kepulangan Filip Nguyen ke Vietnam akan membuka peluang dirinya dipanggil oleh Park Hang-seo dan kemudian akan bersaing dengan TImnas Indonesia baik di level Asia Tenggara maupun Asia. 

VietnamNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPark Hang SeoShin Tae-yong

Berita Terkini