x

Lewandowski dan 5 Pemain yang Pernah Buat Hattrick Tercepat di Liga Champions

Rabu, 9 Maret 2022 19:19 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi Robert Lewandowski pasca mencetak Hattrick di laga Bayern Munchen vs RB Salzburg (09/03/22). (Foto: REUTERS/Andreas Gebert)

INDOSPORT.COM - Sebelum Robert Lewandowski, rupanya terdapat sejumlah pemain yang sudah pernah mencetak hattrick tercepat di Liga Champions.

Duel timpang terjadi di leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Bayern Munchen vs RB Salzburg di Stadion Allianz Arena pada Rabu (09/03/22) dinihari WIB. 

Bermain dikandang sendiri, Bayern Munchen menang dengan skor telak 7-1. Perbedaan kualitas tentu menjadi faktor utama Die Roten unggul besar di laga tersebut.

Tanda-tanda Bayern Munchen menang sudah terlihat sejak babak pertama dimulai. Tuan rumah langsung menggebrak sejak menit awal dan mengancam lewat sejumlah peluang.

Baru pada menit ke-12 gol tercipta. Bayern Munchen unggul lebih dahulu melalui tendangan penalti Robert Lewandowski, setelah ia dijatuhkan di kotak terlarang. Skor berubah 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Bayern Munchen menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Lagi-lagi gol tercipta dari tendangan penalti, setelah Lewandowski kembali dilanggar. Bomber asal Polandia itu mengeksekusi sendiri dan berbuah gol. Skor berubah 2-0.

Tiga menit berselang, Lewandowski membungkus hattrick. Umpan silang Muller memaksa Kohn keluar dari garis gawang. Meski begitus, justru Lewandowski yang tiba lebih dahulu dan membelokkan bola. Skor jadi 3-0.

Menit ke-31 Bayern Munchen mencetak gol keempatnya. Serangan balik cepat, Coman maladeni Gnabry yang berlari di tiang jauh. Skor 4-0 menghiasi babak pertama.

Di babak kedua, hujan gol kembali terjadi. Menit ke-54 Bayern Munchen menambah gol menjadi 5-0 lewat kaki Thomas Muller. 

Tim tamu mencoba memperkecil keadaan. Upaya mereka berbuah hasi pada menit ke-70. Maurits Kjaergaard mencetak gol. Skor berubah 5-1.

Namun jelang menit-menit akhir babak kedua, Bayern Munchen malah menambah dua gol lagi. Masing-masing dari kaki Muller menit ke-83 dan Leroy Sane menit ke-85. Skor 7-1 bertahan hingga laga tuntaas.

Kemenangan ini membuat Bayern Munchen memastikan diri lolos ke babak perempatfinal atau 8 besar Liga Champions, setelah unggul agregat 8-2.


1. Robert Lewandowski Catat Sejarah

Selebrasi Robert Lewandowski pasca mencetak Hattrick di laga Bayern Munchen vs RB Salzburg (09/03/22). (Foto: REUTERS/Andreas Gebert)

Tiga gol yang dibuat Robert Lewandowski di leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan RB Salzburg, membawa namanya mencatatkan sejarah di kompetisi elite Benua Biru tersebut.

Menurut catatan Opta, Lewandowski jadi pemain tercepat yang mencetak hattrick sejak kick-off di Liga Champions dengan waktu 7 menit. Ia memperbaiki rekor yang sudah bertahan sejak 2011 milik Bafetimbi Gomis.

Gomis tercatat melakukan hattrick dalam kurun waktu 8 menit. Ia mencetak gol pertama menit ke-54 (babak pertama), menit ke-48 dan menit ke-52 ke gawang Dinamo Zagreb.

Namun torehan itu diperdebatkan banyak pihak, karena Gomis melakukannya dalam waktu yang terjeda (turun minum). Lyon sendiri menang 7-1 di laga tersebut.


2. Pemain Lain yang Mencetak Hattrick di Liga Champions

Logo Liga Champions.

Bafetimbi Gomis, terdapat empat pemain lain yang juga tercatat pernah mencetak hattrick tercepat di ajang Liga Champions. Siapa saja mereka?

Mike Newell

Mike Newell mencatatkan sejarah ketika ia mampu membuat tiga gol dalam rentang waktu 9 menit di Liga Champions ke gawang Rosenborg. 

Klub yang dibelanya, Blackburn Rovers, adalah juara Premier League musim 1995. Saat itu, The Rovers merupakan satu di antara tim yang paling disegani di Inggris.

Cristiano Ronaldo

Sebagai pemain terbaik dunia, tentu Cristiano Ronaldo tidak absen dalam sejumlah rekor termasuk mencetak hattrick tercepat di Liga Champions. 

Megabintang asal Portugal ini membuat tiga gol dalam waktu 11 menit ke gawang Malmo. Ia juga mampu menambah satu gol lagi, sehingga membukukan empat gol ke gawang Malmo saat itu.


3. Pemain Lain yang Mencetak Hattrick di Liga Champions

Logo Liga Champions.

Luiz Adriano

Luiz Adriano jadi bintang lapangan saat Shakhtar Donetsk membantai Bate Borisov di Liga Champions. Ia mencetak lima gol dalam kemenangan 5-2. Ia pun menorehkan dua rekor yakni pencetak gol terbanyak dalam satu laga Liga Champions dan hattrick tercepat dalam waktu waktu 12 menit.

Sebelum Luiz Adriano mencetak gol keempat dan kelimanya ke gawang BATE, penyerang asal Brasil itu mencetak tiga gol dalam waktu 12 menit, yakni menit 28, 36 dan 40.

Neymar

Saat masih membela Barcelona, Neymar menjadi salah satu penyerang tertajam di ajang Liga Champions bersama dua kompatriotnya Lionel Messi dan Luis Suarez.

Tidak heran jika banyak gol yang lahir dari kakinya, seperti tiga gol yang disarangkan ke gawang Celtic beberapa tahun lalu di Liga Champions.

Hattrick ia bukukan dalam waktu 14 menit ke gawang Celtic. Jawara Skotlandia itu juga harus menahan malu karena kalah telak 1-6.

Cristiano RonaldoNeymarLiga ChampionsBayern MunchenRobert LewandowskiBafetimbi GomisTRIVIA

Berita Terkini