x

Diam 1000 Bahasa Lihat Perang, Tymoshchuk Terancam Disanksi Federasi Sepak bola Ukraina

Kamis, 10 Maret 2022 22:15 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
Mantan pemain timnas Ukraina, Anatoily Tymoshchuk.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak bola Ukraina mengancam akan mencabut gelar dan catatan pribadi mantan kapten timnas Ukraina, Anatoliy Tymoshchuk.

Penyebabnya, eks pemain Bayern Munchen yang saat ini menjadi asisten pelatih Zenit St Petersburg ini sama sekali tak berkomentar soal invasi militer Rusia ke Ukraina.

Atas dasar itu, Federasi Sepak bola Ukraina mengancam akan mencabut rekor dan penghargaan Anatoliy Tymoshchuk karena ia bungkam di tengah kekacauan negaranya.

Tymoshchuk membela timnas Ukraina sebanyak 144 penampilan dan merupakan pemain dengan caps tertinggi untuk timnas Ukraina hingga saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, jasa-jasa Tymoshchuk bersama Timnas Ukraina seketika hilang. Lantaran sang legenda masih bungkam setelah dua pekan lebih Vladimir Putin mengumandangkan perang terhadap negaranya.

Mantan pemain Shakhtar Donetsk ini bahkan masih tetap bekerja di Rusia, padahal deretan kompatriotnya memutuskan meninggalkan negara tersebut.

Sebut saja bek Yarvslav Rakitskiy yang minta dilepas oleh timnya saat ini Zenit St Petersburg setelah invasi Rusia terhadap Ukraina bulan lalu berlangsung.

Baca Juga
Baca Juga

Bungkamnya eks gelandang Shakhtar Donetsk dan Bayern Munchen ini dianggap telah mencederai citra sepak bola Ukraina, hal ini sebabkan kecaman dari Federasi Sepak bola Ukraina (UAF).

Lebih jauh, tindakan pria berumur 42 tahun ini diklaim bertentangan dengan prinsip fair play serta etika negaranya, Ukraina yang selama ini juga menjadi dasar olahraga kulit bundar ini.


1. Sanksi Berat di Depan Mata Tymoshchuk

Mantan pemain timnas Ukraina, Anatoily Tymoshchuk.

Sanksi berat dari Federasi Sepak bola Ukraina (UAF) menanti eks pemain terbaik timnas Ukraina karena sikap diamnya atas invasi yang dilakukan Rusia ke negaranya.

Tak tanggung-tanggung beberapa catatan prestisius legenda Timnas Ukraina ini terancam dicabut jika sang pemain tetap bersikap seperti saat ini.

Sebuah pernyataan di situs (Federasi Sepak bola Ukraina (UAF) yang menyatakan bahwa federasi telah mengambil sikap terhadap Tymoshchuk.

“Komite Etika dan Fair Play dari Asosiasi Sepak Bola telah membuat pernyataan tentang pelanggaran Kode Etik dan Fair Play oleh mantan pemain timnas Anatoliy Tymoshchuk.”

“Sejak agresi militer Rusia terhadap Ukraina, Tymoshchuk, mantan kapten tim nasional Ukraina, tidak hanya bungkam mengenai hal ini, tapi juga tak menghentikan kerja sama dengan klub penyerang.”

Ukraina ingin mencabut lisensi kepelatihan tingkat pro UAF, serta mengajukan permohonan kepada otoritas publik untuk mencabut semua penghargaan negara dan semua gelar kehormatan dan gelar domestik yang ia menangkan di Ukraina.

Federasi Sepak bola Ukraina (UAF) juga berencana menghapus Anatoliy Tymoshchuk dari daftar pemain resmi timnas Ukraina.


2. Prestasi Tymoshchuk Bersama Timnas Ukraina

Bendera Ukraina. Foto: wikipedia

Tymoshchuk memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di timnas Ukraina dengan catatan 144 laga, mengalahkan Andriy Shevchenko.

Antanoliy Tymoshchuk juga memenangi berbagai trofi dengan Shaktar Donetsk sebelum hengkang ke Zenit dan Bayern Munchen.

Ada beberapa pengharggan individu Tymoshchuk diantaranya sebagai Pemain Terbaik Ukraina sebanyak tiga kali pada 2002, 2006, dan 2007.

Bahkan Tymoshchuk juga dinobatkan sebagai satu dari tiga pemain terbaik sepanjang sejarah Ukraina pada 2011. Dia juga diberi penghargaan Ukrainian Bravery Order III pada 2006 serta warga negara kehormatan kota kelahirannya, Lutsk, pada 2008.

Bayern MunchenUkrainaZenit St. PetersburgVladimir PutinBola Internasional

Berita Terkini