x

Daftar Tim yang Lolos 8 Besar Liga Champions: Inggris Kirim Tiga Tanpa Man United, Italia Habis

Kamis, 17 Maret 2022 06:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut daftar lengkap 8 tim yang lolos ke perempat final Liga Champions. Inggris kirim 3 wakil tanpa Man United, Italia tanpa wakil usai Juventus tersingkir. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM – Berikut daftar lengkap 8 tim yang lolos ke babak perempat final Liga Champions. Inggris kirim 3 wakil tanpa Man United, Italia tanpa wakil usai Juventus tersingkir.

Liga Champions 2021/2022 baru saja merampungkan gelaran babak 16  besar alias perdelapan final pada tengah pekan ini.

Baca Juga

Diwarnai sejumlah hasil mengejutkan, akhirnya terkumpul 8 tim pemenang babak 16 besar tersebut, yang akan tampil di perempat final pada April nanti.

Dari 8 klub tersebut, klub-klub Inggris dan Spanyol menjadi yang dominan dengan mengirimkan 3 wakil. Sementara itu, Portugal dan Jerman masing-masing mengirimkan 1 wakil

Liverpool dan Bayern Munchen menjadi dua tim yang pertama lolos ke babak perempat final Liga Champions 2021/2022.

Baca Juga

The Reds memang kalah 0-1 dari Inter Milan di leg kedua pekan lalu. Namun, Mohamed Salah dkk tetap lolos dengan agregat 2-1, berkat kemenangan 2-0 di kandang Nerazzurri pada leg pertama.

Sementara itu, Bayern Munchen melaju ke babak berikutnya bermodalkan pesta gol 7-1 atas RB Salzburg pada leg kedua di kandang sendiri.

Setelah Bayern dan Liverpool, 2 tim berikutnya yang lolos ke babak perempat final adalah Real Madrid dan Paris Saint-Germain.

Baca Juga

Real Madrid mengandaskan asa PSG untuk menjuarai UCL berkat kemenangan comeback. Kalah 0-1 di leg pertama, Madrid nyaris gagal lolos setelah PSG sempat unggul 1-0 di leg kedua. Namun, hattrick Karim Benzema membawa Los Blancos berbalik menang 3-1 (agregat 3-2) dan lolos ke perempat final.

Sementara itu, hasil 0-0 di leg kedua di kandang sendiri sudah cukup untuk meloloskan Manchester City, setelah sebelumnya menghajar Sporting CP 5-0 di leg pertama.


1. Italia Tanpa Wakil Usai Juventus Tersingkir

Aksi Dusan Vlahovic di laga Juventus vs Villarreal di Liga Champions. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Pada Rabu (16/03/22) dini hari kemarin, dua tim lagi menyusul lolos ke babak perempat final Liga Champions, yakni Atletico Madrid dan Benfica.

Atletico Madrid berhasil mengalahkan kutukan saat bertemu tim yang dibela Cristiano Ronaldo, dengan menyingkirkan Manchester United.

Baca Juga

Hasil imbang 1-1 di leg pertama di kandang Atletico sejatinya membuat MU diunggulkan menang di leg kedua di Old Trafford.

Namun, gol tunggal Renan Lodi berhasil membuat Los Rojiblancos mencuri kemenangan 1-0 di kandang Manchester United. Atletico Madrid pun menang agregat 2-1 dan menyingkirkan MU.

Tersingkirnya Manchester United dan Paris Saint-Germain menghasilkan catatan unik di mana Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk 2 musim beruntun sama-sama kandas di babak 16 besar.

Baca Juga

Di sisi lain, Manchester United kini terancam kembali puasa gelar untuk 5 musim beruntun. Liga Inggris menjadi satu-satunya peluang juara yang tersisa meski terbilang sangat kecil.

Sementara itu, langkah yang mirip dengan Atletico dijalani oleh raksasa Portugal, Benfica. Main imbang 2-2 di kandang sendiri melawan Ajax di leg pertama, Benfica menang tipis 1-0 di leg kedua dan lolos dengan agregat 3-2.

Dua tim terakhir baru saja meloloskan diri dini hari tadi usai melangsungkan leg kedua babak 16 besar yakni Villarreal dan Chelsea.

Baca Juga

Chelsea yang tampil di kandang menjamu Lille sejatinya sempat tertinggal 0-1 lebih dulu. Namun, gol Christian Pulisic dan Cesar Azpilicueta membawa mereka berbalik menang 2-1 dan lolos dengan agregat 4-1.

Sementara itu, Villarreal yang di leg pertama di kandang sendiri ditahan imbang Juventus 2-2, tampil spektakuler di leg kedua dengan menang telak 3-0 dan menyingkirkan Juventus dengan agregat 5-2.

 

2. Daftar Lengkap Peserta Perempat Final Liga Champions dan Jadwal Undian

Logo Liga Champions.

Babak perempat final Liga Champions sendiri akan digelar dengan sistem dua leg. Leg pertama digelar pada tanggal 6-7 April 2022 dini hari WIB, sementara leg kedua digelar pada 13-14 April dinihari WIB.

Nantinya, 8 tim yang lolos akan diundi secara acak untuk menentukan lawan di babak perempat final. Berbeda dengan 16 besar, tim yang berasal dari negara atau grup yang sama tetap bisa bertemu di 8 besar.

Undian babak perempat final sendiri akan langsung dilanjutkan dengan undian babak semifinal sehingga bagan untuk mencapai partai puncak pun akan langsung terbentuk.

Undian tersebut akan digelar pada hari Jumat (18/03/22) pada pukul 18.00 WIB di Nyon, Swiss, dan bisa ditonton secara live streaming di laman resmi UEFA.

Berikut daftar tim yang lolos ke 8 besar Liga Champions 2021/2022:

Liverpool

Bayern Munchen

Real Madrid

Manchester City

Benfica

Atletico Madrid

Villarreal

Chelsea

Real MadridAtletico MadridManchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityLiga ChampionsBayern MunchenJuventusBenficaVillarrealBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini