x

Alasan Jordi Amat Punya Peluang Bela Timnas Indonesia di SEA Games Ketimbang Sandy Walsh

Sabtu, 19 Maret 2022 20:14 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji

INDOSPORT.COM - Dua pemain calon naturalisasi Timnas Indonesia yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh selangkah lagi bakal resmi berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti diketahui, saat ini PSSI terus berusaha agar proses naturalisasi dua pemain tersebut ditambah satu bek kiri klub Norwegia bernama Shayne Pattynama bisa cepat selesai.

Baca Juga

Terbaru, PSSI baru saja melakukan rapat bersama Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Sekretariat Negara (Setneg), Imigrais, Kemenpora, dan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Jumat (18/3/2022) kemarin.

Jordi Amat dan Sandy Walsh menjadi pemain yang paling dinanti karena diproyeksikan akan memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri telah memanggil satu pemain naturalisasi bernama Marck Klok untuk mengisi slot tiga pemain senior di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Masih ada dua nama lagi yang hingga kini belum ditentukan oleh Shin Tae-yong. Bila naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh rampung sebelum Mei 2022, kemungkinan mereka akan mengisi dua slot sisa.

Baca Juga

Akan tetapi, menurut penelusuran INDOSPORT Jordi Amat lebih berpeluang besar membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 ketimbang Sandy Walsh. Ingin tau alasannya? Mari simak penjelasannya berikut:


1. Alasan Sandy Walsh Dipastikan Gagal Ikut SEA Games

Sandy Walsh calon bek naturalisasi Timnas Indonesia.

Kompetisi kasta tertinggi Liga Belgia musim 2021-2022 yang kini sedang dijalani oleh Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berakhir pada 10 April 2022 mendatang.

Meski begitu, Sandy Walsh yang kini memperkuat KV Mechelen masih harus mengikuti babak play-off untuk menentukan tiket lolos ke Kualifikasi Liga Eropa musim depan.

Baca Juga

KV Mechelen kini bertengger di posisi keenam klasemen Liga Belgia hingga pekan ke-31. Empat tim teratas bakal mengikuti putaran final untuk menentukan gelar juara, sedangkan posisi lima hingga delapan mengikuti play-off.

Sementara itu, Jordi Amat lebih berpeluang besar membela Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games karena klubnya yakni KAS Eupen punya kans tidak menjalani play-off zona degradasi.

Baca Juga

Saat ini KAS Eupen bertengger di posisi ke-16 klasemen Liga Belgia hingga pekan ke-31. Mereka punya selisih lima poin dari Seraing United yang berada di zona merah.

Baca Juga

Bila KAS Eupen mampu tampil konsisten dengan meraih hasil positif di lima pertandingan sisa, maka Jordi Amat dkk bakal selamat dari play-off degradasi.


2. Permohonan Naturalisasi Sandy Walsh cs Diterima Kemenkumham

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi.

Kabar baik telah diterima PSSI perihal permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan berdarah Indonesia yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerima surat permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan yang diajukan oleh PSSI yakni Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama.

Kini PSSI pun bisa bernapas lega, sebab Kemenkumham menerima permohonan PSSI terkait naturalisasi ini.

"Kami tidak sembarangan melakukan naturalisasi. Perlu ada pertanggungjawaban kepada masyarakat. Kita memfilter, screening, bahwa mereka memang layak diberi status WNI," kata Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, Baroto.

"Proses pewarganegaraan bukanlah suatu hal yang mudah, kita harus membuktikan bahwa proses yang kita lakukan ini adalah orang yang memang kredibel dan bisa memberikan prestasi bagi olahraga dalam negeri," tuturnya menambahkan.

BelgiaPSSISEA GamesNaturalisasiTimnas IndonesiaSandy WalshMarc KlokShin Tae-yongKV MechelenJordi Amat

Berita Terkini