x

3 Pemain Keturunan Mendapat Karma Seusai Tolak Timnas Indonesia

Sabtu, 19 Maret 2022 15:43 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
3 Pemain Keturunan yang Mendapat Karma Seusai Tolak Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pemain keturunan yang mendapatkan karma seusai menolak dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, saat ini PSSI terus berupaya agar proses naturalisasi tiga pemain yakni Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh bisa cepat selesai.

Baca Juga

Terbaru, PSSI telah melakukan pertemuan bersama Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Sekretariat Negara (Setneg), Imigrais, Kemenpora, dan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Jumat (18/3/2022) kemarin.

Sejatinya, PSSI tidak hanya memproses tiga pemain di atas untuk dinaturalisasi. Hal itu karena ada beberapa pemain keturunan yang sebelumnya telah menolak bergabung ke Timnas Indonesia.

Baca Juga

Akan tetapi, dari penelusuran INDOSPORT ada tiga pemain keturunan yang justru malah mendapatkan karma. Siapa saja mereka? simak ulasannya berikut:

Jayden Oosterwolde

Pemain asal Belanda yang kini telah resmi bergabung ke Parma yakni Jayden Oosterwolde pernah menolak membela Timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain Timnas Indonesia, Jayden Oosterwolde juga sempat mengakui kalau Suriname juga mengajukan tawaran serupa. Namun ia menolak dua tawaran itu karena masih memiliki ambisi menembus Timnas Belanda.

Baca Juga

Pemain berpostur 189 cm ini sempat membuat Shin Tae-yong kepincut. Karena kemampuan dalam bertahan dan menyerang saat berseragam FC Twente, ia kemudian diangkut oleh klub Serie B Liga Italia, Parma dengan status pinjaman.

Akan tetapi, sejak bergabung pada bursa transfer musim dingin 2022 lalu, karier Jayden Oosterwolde mengalami penurunan. Ia tercatat baru sekali diberikan kesempatan bermain dan kini Parma malah terjebak di posisi ke-12 klasemen Serie B.


1. Kevin Diks dan Mees Hilgers

Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia.

Kevin Diks

Pada awal Februari 2022 lalu, Kevin Diks telah menolak tawaran dari PSSI agar mau menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Karena penolakan itu, ia kemudian mendapatkan karma dengan gagal menembus skuat utama klub kasta tertinggi Liga Denmark, FC Copenhagen.

Baca Juga

Di pertandingan pekan ke-19 Liga Denmark pada 27 Februari 2022 lalu, ia bahkan hanya bermain selama 10 menit. Kemudian di pekan selanjutnya, Kevin Diks hanya duduk sebagai pemain cadangan saat FC Copenhagen menang 3-0 atas Randers FC.

Dalam dua terakhir baru-baru ini, ia sudah dijadikan starter namun FC Copenhagen kalah 0-4 dari PSV Eindhoven di leg II 16 besar Liga Konferensi Eropa 2021-2022.

Baca Juga

Mees Hilgers

Sama seperti Kevin Diks, Mees Hilgers juga menolak tawaran membela Timnas Indonesia pada awal Februari 2022 lalu. Setelah itu, bek andalan FC Twente tersebut langsung mendapatkan karma.

Baca Juga

Mees Hilgers baru saja dicampakkan oleh Timnas Belanda junior dan senior. Beberapa hari yang lalu, pelatih Timnas Belanda yakni Louis van Gaal memanggil 28 nama yang dipersiapkan untuk menjalani uji coba kontra Denmark dan Jerman pada FIFA Matchday Maret 2022.

Dari 28 pemain yang dipanggil, tidak ada nama Mees Hilgers. Tidak hanya itu, bek berusia 20 tahun itu juga tidak dipanggil oleh Timnas Belanda U-21 besutan Erwin van de Looi.

Seperti diketahui, Erwin van de Looi baru saja memanggil 23 nama untuk persiapan Kualifikasi Piala Eropa U-21 2023. Pada bulan ini, Timnas Belanda U-21 dijadwalkan bakal menantang Bulgaria dan Swiss.


2. Emil Audero Selanjutnya?

Aksi Emil Audero bersama Sampdoria.

Saat ini PSSI masih sabar menunggu keputusan kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi apakah bersedia memperkuat Timnas Indonesia atau tidak.

Mantan kiper Juventus tersebut seakan mengulur-ulur waktu dan ingin membuat PSSI menyerah untuk membujuknya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bila menolak Timnas Indonesia, mungkin Emil Audero bakal mendapatkan karma seperti tiga pemain sebelumnya. Pasalnya, di sisa musim 2021-2022 ini ia selalu menjadi penghias bangku cadangan Sampdoria.

Hal ini membuat Emil Audero kembali gagal membuat pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini memanggilnya untuk mengikuti laga uji coba bertajuk FIFA Matchday Maret 2022.

Baca Juga
PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaKevin DiksMees HilgersJayden Oosterwolde

Berita Terkini