x

Menpora Tantang Timnas Amputasi Indonesia Raih Prestasi di Piala Dunia

Jumat, 18 Maret 2022 08:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Timnas Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia menaruh fokus penuh menuju panggung Piala Dunia. Dimana untuk urusan lain biar menjadi urusan Menpora yang notabene perwakilan pemerintah.

Timnas Amputasi Indonesia berhasil menorehkan sejarah bagi Indonesia. Dimana mereka berhasil menembus panggung Piala Dunia sepak bola Amputasi 2022 di Turki.

Baca Juga

Atas prestasi ini Menpora Zainudin Amali meminta parapemain Timnas Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) untuk konsentrasi penuh jelang Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022. Hal ini bertujuan agar skuat Garuda bisa mengukir prestasi. 

“Para pemain konsentrasi saja untuk berlatih. Saya minta kepada kalian untuk konsentrasi betul ya. Urusan lainnya biar kami yang pikirkan,” ucap Zainudin Amali.

Baca Juga

Menpora Amali pun menantang Timnas PSAI untuk bisa berbicara banyak di Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 di Turki. Mereka diminta untuk bisa melewati babak penyisihan. Jelas target ini harus diupayakan.

“Nanti saat Piala Dunia, jangan sampai hanya di penyisihan grup lalu gugur. Makanya saya minta konsentrasi, latihan sungguh-sungguh. Jaga kesehatan, semoga bisa dapat berprestasi,” jelas Menpora Amali. 

Baca Juga

1. Persiapan Timnas Indonesia di SEA Games

Pemain Persib, Marc Klok

Jika Timnas Amputasi Indonesia tengah menatap Piala Dunia, Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong saat ini tengah mempersiapkan diri untuk tampil di SEA Games 2022 di Vietnam.

Di ajang SEA Games ke-31 di Vietnam pada Mei 2022 mendatang, Timnas Indonesia U-23 bakal diperkuat oleh bintang keturunan Eropa yakni Marc Klok.

Gelandang Persib Bandung tersebut bakal mengisi slot tiga pemain senior Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. Kabar baik ini diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

"Kami sudah daftarkan dia (Marc Klok) ke SEA Games 2021 untuk kuota seniornya," ujar Indra Sjafri. "Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua.

Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya," tuturnya menambahkan.

Seperti diketahui, gelandang berusia 28 tahun tersebut sejatinya sudah sah menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) sejak November 2020 lalu.

Baca selengkapnya: Media Vietnam Ketakutan Timnas Indonesia Resmi Panggil Bintang Eropa ke SEA Games


2. Target Masuk 10 Besar Piala Dunia

Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI/INAF). sumber: Instagram@inaf_official

Disinggung hal ini, Ketua Umum PSAI, Yudhi Yahya menanggapi hal tersebut. Dia yakin target itu bisa dicapai. Bahkan, dia ingin Timnas PSAI bisa masuk 10 besar saat ajang Piala Dunia. 

“Kita sudah merebut tiket Piala Dunia. Ini menjadi sejarah bagi kita. Kami akan terus melakukan pembinaan. Target bisa sepuluh besar. Waktu lima bulan akan kami matangkan sebelum Piala Dunia. Jelas kami akan memanfaatkan momentum ini,” ujarnya. 

Baca Juga

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas PSAI Muhammad Syafei mengungkapkan perjuangan skuatnya. Menurutnya, tidak mudah untuk bisa lolos ke Piala Dunia. 

“Alhamdulillah target tercapai. Ini sesuai amanah dan tanggung jawab di lapangan. Kita di tim pelatih menyiapkan pemain dengan sebaik mungkin, sehingga kita bisa menang atas Bangladesh dan Malaysia. Kemudian, kita kalah pengalaman dengan Jepang,” katanya. 

Baca Juga

“Yang jelas kami akan terus mematangkan persiapan. Semoga kami bisa melanjutkan prestasi di Piala Dunia,” tambah Syafei.

MenporaBola InternasionalSepak BolaZainudin AmaliAmputasi

Berita Terkini