x

2 Pemain Timnas Vietnam Susul Pratama Arhan Gabung Klub Liga Jepang

Sabtu, 19 Maret 2022 03:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bergabungnya bintang Timnas Indonesia yakni Pratama Arhan ke klub kasta kedua Liga Jepang atau J2 League langsung disusul oleh dua pemain asal Vietnam.

Seperti diketahui, Pratama Arhan sudah tiba di Jepang pada Kamis (17/03/22) lalu. Ia langsung dijemput oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) begitu dirinya sampai di bandara.

Baca Juga

Meski begitu, ia belum bisa mengikuti latihan bersama Tokyo Verdy lantaran harus menjalani karantina tiga hari dan bermasalah dengan hasil tes PCR.

Sebagai bentuk pencegahan penularan varian baru Covid-19, Tokyo Verdy juga memutuskan untuk menunda interaksi Pratama Arhan dengan beberapa fans di Jepang.

Baca Juga

Sementara itu, kedatangan eks bek PSIS Semarang ke Jepang langsung disusul dengan mendaratnya dua pemain Timnas Vietnam bernama Hong Quan Vu dan Van Luan Pham.

Menurut laporan dari Zingnews, Hong Quan Vu dan Van Luan Pham sebenarnya sudah diumumkan oleh klub J2 League, FC Ryukyu pada awal Februari 2022 lalu.

Baca Juga

Namun karena harus mengurus administrasi, keduanya baru terbang ke Jepang pada Rabu (16/03/22) lalu. Berbeda dengan Pratama Arhan, FC Ryukyu hanya mengikat dua pemain Vietnam dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Hong Quan Vu dan Van Luan Pham menjadi bagian proyek kerja sama antara klub Vietnam Saigon FC dengan FC Ryukyu. Hal itu lantaran pemilik Saigon FC yakni Hoa Binh merupakan salah satu pemegang saham terbesar FC Ryukyu.


1. Berpeluang Berhadapan di Akhir Bulan Ini

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Karena ada kendalan di tes PCR, Pratama Arhan dijadwalkan bakal menjalani latihan perdana bersama Tokyo Verdy pada Senin (21/03/22) mendatang.

Apabila mengikuti rencana semula, maka Pratama Arhan tentunya juga bisa lebih cepat untuk mendapatkan debutnya di laga kompetitif.

Baca Juga

Kurang lebih sepekan setelah latihan perdana, Tokyo Verdy akan berhadapan dengan Montedio Yamagata di lanjutan kompetisi J2 League 2022.

Setelah itu, tepatnya pada 30 Maret 2022, Tokyo Verdy bakal bersua FC Ryukyu yang diperkuat oleh dua pemain Timnas Vietnam, Hong Quan Vu dan Van Luan Pham.

Baca Juga

Berkariernya dua pemain tersebut ke Jepang memang harus dibayar mahal Timnas Vietnam. Pasalnya, mereka tidak akan bisa memperkuat skuat U-23 di Piala Dubai 2022 yang akan digelar akhir Maret mendatang.

Khusus untuk, Van Luan Pham yang usianya di bawah 23 tahun, ia akan dipersiapkan untuk terjun di ajang SEA Games 2021 dan Piala ASia U-23 2022.

Baca Juga

"Federasi Sepak Bola Vietnam menelepon, tetapi sayangnya, klub dan saya memiliki rencana terpisah, jadi kami tidak dapat hadir dengan Vietnam U-23," kata Van Luan dilansir dari Zingnews.


2. Servis Tokyo Verdy untuk Pratama Arhan Selama di Jepang

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Agen Pratama Arhan, Dusan Bogdanovic mengatakan kliennya dapat beberapa servis ketika gabung klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Bek kiri itu dapat 'prioritas' meski statusnya sebagai pemain lokal.

Begitu tiba di Negeri Sakura, Pratama Arhan dilaporkan akan dapat tempat tinggal dan les bahasa Jepang. Bek kiri Timnas Indonesia itu hanya perlu fokus latihan dan beradaptasi karena semua hal lain diurus oleh agensi dan klub.

"Ini saja sudah dapat kesempatan luar biasa (gabung Tokyo Verdy), jadi harus jadi motivasi pemain muda yang lain dan yang di timnas," ujar Dusan.

"Dia (Arhan) akan tinggal di rumah sendiri, nanti ada les bahasa. Semua sudah diatur, dia tinggal main saja, tidak usah pikir gaji karena itu tanggung jawab agensi," tuturnya menambahkan.

JepangVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalPratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini