x

Ipswich Jumpa Tim Milik Orang Indonesia di League One, Elkan Baggott Masuk Tim Senior

Minggu, 20 Maret 2022 05:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Elkan Baggott akhirnya masuk dalam skuat pertandingan tim utama Ipswich Town saat menjalani laga League One di Liga Inggris menghadapi Oxford United. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COMElkan Baggott akhirnya masuk dalam skuat pertandingan tim utama Ipswich Town saat menjalani laga League One di Liga Inggris menghadapi Oxford United.

Elkan Baggott mendapatkan kesempatan istimewa bersama tim utama Ipswich Town. Setelah selama ini lebih sering membela tim U-23, sang bek tengah akhirnya dilibatkan dalam laga resmi tim senior.

Baca Juga

Momen itu terjadi pada Sabtu (19/03/22) malam WIB, ketika Ipswich Town bertandang ke markas Oxford United di League One alias kasta ketiga Liga Inggris.

Elkan tercatat masuk ke dalam skuat resmi berisikan18 permain untuk laga tersebut sebagai salah satu pemain cadangan.

Menghadapi Oxford United yang dimiliki pengusaha Indonesia, Anindya Bakrier, Ipswich Town sejatinya mengawali laga dengan baik.

Baca Juga

Tim asuhan Kieran McKenna tersebut sukses menahan tuan rumah yang berada di posisi 5 klasemen sementara dengan skor 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, situasi imbang terus bertahan hingga menit ke-60. Namun, menit ke-70 Ipswich akhirnya berhasil unggul lebih dulu lewat gol penyerang mereka Bersant Celina.

Tersentak oleh gol tersebut, Oxford United yang tak mau malu di kandang sendiri terus meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan.

Baca Juga

Upaya keras Oxford pun akhirnya berhasil. Di  menit ke-5 perpanjangan waktu, mereka sukses menyamakan skor lewat Luke McNally.

Pada akhirnya, Elkan Baggott dkk pun harus puas dengan hasil imbang 1-1 meski sempat unggul lebih dulu. Hasil itu membuat Ipswich berada di posisi 9 League One sedangkan Oxford di posisi 5.


1. Pertama Kali Masuk Skuat Pertandingan League One

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott. (Zainal Hasan/INDOSPORT)

Elkan Baggott sendiri pada akhirnya tak diturunkan oleh pelatih Kieran McKenna. Sang bek diparkir di bangku cadangan hingga laga berakhir.

McKenna sendiri menggunakan jatah 3 pergantian pemain yang ia miliki untuk memasukkan Macauley Boone, Sone Aluko, dan Sam Morsy.

Baca Juga

Meski demikian, duduk di bangku cadangan sudah merupakan momen istimewa bagi Elkan Baggott. Pasalnya, ini kali pertama ia masuk dalam skuat pertandingan tim utama Ipswich Town di League One.

Dari 38 pertandingan yang sebelumnya sudah dijalani Ipswich di League One 2021/2022, Elkan Baggott tak pernah sekalipun masuk dalam daftar skuat pertandingan berisikan 18 pemain.

Musim ini, Baggott memang lebih kerap dimainkan di tim Ipswich U-23. Terbaru, Baggott membawa Ipswich U-23 menang 5-1 atas Charlton Atletich pada Senin (07/03/22) lalu.

Baca Juga

Pertandingan itu merupakan laga kelimanya sebagai kapten, sekaligus kemenangan ketujuh secara beruntun untuk tim besutan pelatih anyar Kieron Dyer.

Di pertandingan sebelumnya, Elkan Baggot juga ditunjuk sebagai kapten dan mampu membantu Ipswich Town U-23 menang 4-1 saat menghadapi Swansea City pada 28 Februari 2022 lalu.

Kieron Dyer sepertinya sangat ketagihan untuk menjadikan pemain bertinggi 194 cm itu sebagai kapten sejak laga kontra Colchester United U-23 pda awal bulan Februari 2022 lalu.

Baca Juga

Penampilan apik di tim Ipswich U-23 itu akhirnya menarik perhatian Kieran McKenna sebagai pelatih tim utama.

Dilansir dari Twtd, Elkan Baggott bersama tiga rekannya di tim junior dipanggil untuk melakukan latihan bersama tim utama. Kedua rekan tersebut adalah Albie Armin dan Cameron Stweart.
 

 

2. Berpeluang Debut Dalam Waktu Dekat

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia. (PSSI)

Bergabungnya Elkan di latihan tim senior Ipswich Town tak terlepas dari krisis bek tengah yang melanda klub, menyusul cederanya salah satu pemain, George Edmudson, saat melawan Lincoln City.

Ipswich juga dikabarkan tak lagi memiliki pelapis berpengalaman, usai Toto Nsiala juga hengkang ke klub lain dan tak ada pelapis yang didatangkan.

Elkan Baggott sendiri sudah merasakan satu kali bermain untuk Ipswich Town dalam sebuah laga Piala Liga Inggris beberapa waktu silam.

Kesempatan berlatih bersama tim utama ini pun membuka peluang Baggott untuk segera menjalani debut di League One bersama Ipswich.

Di sisi lain, McKenna pun mengakui sangat menyukai pemain timnas Indonesia tersebut. “Elkan Baggott sudah berlatih bersama tim utama sejak enam pekan silam, sehingga dia merupakan bagian penting dari tim kami, Baggott merupakan pemain yang sangat kami sukai,” ujar McKenna.

Baca selengkapnya

Ipswich TownLeague OneLiga InggrisBola InternasionalBakat Muda IndonesiaOxford UnitedBola IndonesiaElkan BaggottPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Liga Inggris

Berita Terkini