x

Liga 1: Rahmad Darmawan Klarifikasi soal 'Anak Emas', Suporter Barito Meradang

Selasa, 22 Maret 2022 12:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan klarifikasi soal 'anak emas' yang dimainkan di Liga 1 2021.

INDOSPORT.COM - Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan, klarifikasi soal 'anak emas' yang dimainkan di Liga 1 2021. Suporter justru menuntut hal lain darinya.

Kim Jin-sung, pemain asing Barito Putera berada di bawah performa. Tak jarang, bek asal Korea Selatan itu membuat kesalahan sehingga bisa merugikan Laskar Antasari.

Baca Juga

Meski demikian, Rahmad Darmawan masih sering memasang Kim Jin-sung di starting line up, sehingga membuat suporter Barito Putera geregetan dengan kehadirannya.

Sampai di satu titik, suporter Barito Putera yang tergabung dalam komunitas Sop Buntut, membuat ultimatum bahwa mereka tidak lagi menganggap Kim bagian dari tim.

Bahkan, ada beberapa komentar netizen yang menuduh pelatih Rahmad Darmawan mendapat keuntungan dari kehadiran Kim Jin-sung, alias Kim menjadi 'anak emas'.

Baca Juga

Namun nyatanya, Rahmad Darmawan dengan tegas menolak tuduhan tersebut. Bahkan, ia berani bersumpah tidak pernah menerima keuntungan dari pihak ketiga.

"Andai saya sedikit pun mempunyai pemikiran sengaja memainkan seorang pemain, termasuk Kim, dengan tujuan agar Barito kalah atau gagal mencapai target, apabila saya menerima uang atau barang apapun berkaitan dengan Kim atau pemain Barito Putera seperti tuduhan kepada saya,"

Baca Juga

"Saya Rahmad Darmawan bersumpah demi Allah saya dan keturunan saya tidak selamat dunia akhirat, andai saya melakukan hal yang dituduhkan di atas," tulis Rahmad.


1. Suporter Tuntut Rahmad Darmawan Fokus di Barito

Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan bahkan menuntut netizen untuk membuat permintaan maaf, serta klarifikasi di media sosial, jika tidak, ia akan melakukan somasi.

Klarifikasi Rahmad Darmawan di akun media sosial ini justru membuat suporter Barito Mania (Bartman) kembali buka suara.

Baca Juga

Ketua Barito Mania, Deddy Sattardi menilai komentar netizen memang terkadang tak bisa dibendung, bahkan melewati batas.

Namun, tugas Rahmad Darmawan adalah membawa skuat Barito Putera selamat dari ancaman degradasi, sehingga ia berharap Coach RD tak perlu salah fokus ke medsos.

"Namun alangkah baiknya juga Rahmad Darmawan fokus ke tim untuk mencapai target, tidak perlu dululah menanggapi netizen," ungkap Deddy Sattardi.

Baca Juga

"Nantinya, apabila RD berhasil membantu Barito Putera bertahan di Liga 1, toh beliau juga bakal dipuja-puja netizen," ucapnya.

Ya, Barito Putera sendiri belum aman dari ancaman degradasi. Tim besutan Rahmad Darmawan saat tertahan di peringkat 15 klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22.

Barito Putera hanya terpaut dua poin dari Persipura Jayapura yang berada di zona merah, padahal tim asal Papua itu kini sedang on fire di pengujung Liga 1.

Baca Juga

Jika Barito Putera 'tergelincir' dalam dua pertandingan terakhirnya, maka ancaman degradasi itu nyata. Mereka hanya berharap Persipura dan PSS Sleman tak bermain baik.


2. Jadwal Barito Putera

Logo Barito Putera.

Barito Putera dijadwalkan menghadapi Persita Tangerang dalam lanjutan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021-22, Kamis (24/03/22) sore di Stadion Kompyang Sujana, Bali.

Selanjutnya, Barito Putera akan berjumpa salah satu tim kuat, Persib Bandung, pada laga penutup Liga 1. Laga ini sendiri masih belum dijadwalkan waktu dan lokasinya.

Barito PuteraRahmad DarmawanSuporter sepakbolaSuporterLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022Kim Jin-sung

Berita Terkini