x

Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs Temui Kendala, PSSI Minta Bantuan Jokowi

Selasa, 22 Maret 2022 13:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
PSSI melalui anggota Exco, Hasani Abdulgani, mengharapkan bantuan Presiden Jokowi untuk bisa membantu proses naturalisasi tiga pemain, termasuk Sandy Walsh.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui anggota Exco, Hasani Abdulgani, mengharapkan bantuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk bisa membantu proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia agar agar bisa rampung pada bulan April 2022.

Proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama, memang menemui sedikit kendala. Ada satu dokumen yang kurang dari tiga pemain ini.

Baca Juga

Kekurangan dokumen ini diketahui usai PSSI melakukan rapat bersama Kemenkumham, Sekertaris Negara, Imigrasi, Kemenpora hingga Badan Intelijen Negara (BIN) pada Jumat lalu. Dalam rapat ini dibutuhkan dokumen legalisasi dari tiga pemain ini.

Hal ini pun dituangkan Hasani Abdulgani dalam postingan instagram pribadinya @hasaniabdulgani. Baginya untuk permasalahan ini dibutuhkan kebijakan pemerintah yang di mana ini diluar kuasa PSSI.

"Perlu Kebijaksanaan Pemerintah. Dari sekian dokumen persyaratan ada satu dokumen yaitu Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara dari pemerintah Belanda dan Spanyol, di luar jangkauan kami," ujar Hasani Abdulgani.

Baca Juga

Hasani menambahkan cepat atau lambatnya surat ini memang kebijakan pemerintah. Sehingga ia mengharapkan bantuan Presiden Joko Widodo.

"Artinya surat tersebut bisa didapat dalam sebulan atau lebih dari pemerintah dua negara tersebut," katanya.

"Seandainya Surat Keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel, maksudnya tidak harus menunggu dulu dokumen tersebut didapat lalu baru diajukan berkasnya oleh Kemenhumkam kepada Presiden. Maka target di bulan April bisa tercapai."

"Mengapa harus April. Karena kita perlu waktu satu hingga dua minggu untuk proses perubahan Federasi kepada FIFA," tambah Hasani.

"Tanpa passport kita tidak bisa mengajukannya. Kalau tidak ada surat approvel dari FIFA, otomatis pemain tersebut tidak eligible membela Timnas di babak kualifikasi Piala Asia."

"Kondisi krusial ini hanya bisa diselesaikan kalau ada kebijaksanaan dari Pemerintah. Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu," katanya.

Baca Juga

"Sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas dikualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang. Garuda Didadaku!," ujar Hasani.


1. Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh mengatakan tak sabar membela Timnas Indonesia. Dia berharap bisa membantu skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Saat ini, Sandy Walsh sedang dalam proses naturalisasi untuk menjadi WNI. Semua dokumennya sudah lengkap dan kini ditangani Kemenkumham.

Baca Juga

Jika semua berjalan lancar, Sandy Walsh bisa saja menjalani sumpah WNI dalam waktu dekat.

Karenanya, bek kanan kelahiran Belgia itu berharap bisa membantu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimainkan bulan Juni mendatang. 

"Kualifikasi Piala Asia pada Juni nanti. Target terdekat saya adalah bermain di laga tersebut,"\

Baca Juga

"Main dan coba bantu timnas," ujar Sandy Walsh dalam tayangan YouTube KBRI Belgia. 

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berada di Grup A. Pasukan Shin Tae-yong akan bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Terakhir kali Indonesia bermain di Piala Asia pada 2007 lalu. Karenanya, Sandy Walsh berniat membantu tim Merah Putih kembali berpartisipasi di kejuaraan empat tahunan itu. 

Baca Juga

"Timnas saat ini sudah bagus. Cuma saya berharap bisa menambah sedikit (tenaga) ekstra untuk bisa melaju ke Piala Asia karena terakhir Indonesia main 2007 lalu. Jadi akan bagus main di sana," tutur pemain 27 tahun itu. 
 


2. Hasil Duel 2 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh.

Dua pemain calon naturalisasi Timnas Indonesia yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat baru saja saling berhadapan di lanjutan Liga Belgia musim 2021-2022.

Pertandingan KV Mechelen yang diperkuat Sandy Walsh menghadapi klub Jordi Amat yakni KAS Eupen baru saja selesai tersaji pada Sabtu (19/03/22) malam WIB.

Dalam pertandingan pekan ke-32 Liga Belgia itu, KAS Eupen yang bermain sebagai tuan rumah mampu unggul lebih dulu saat laga baru memasuki menit kedelapan.

Gol pertama pasukan Michael Valkanis berhasil dicetak oleh Boris Lambert pada menit keenam. Kebobolan lebih dulu membuat Sandy Walsh dkk langsung membombardir pertahanan tuan rumah.

Alhasil, mereka baru bisa menyamakan kedudukan lewat sepakan Rob Schoofs pada menit ke-21. Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh yang berposisi sebagai bek kanan mencetak assist dalam terciptanya gol tersebut.

Skor imbang 1-1 membuat laga semakin berjalan panas dan keras. Memasuki menit ke-43, calon pemain naturalisasi Jordi Amat terpaksa harus melakukan pelanggaran kepada pemain KV Mechelen di dalam kotak terlarang.

Baca Selengkapnya: Hasil Duel 2 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Sandy Walsh Assist, Jordi Amat Diusir Wasit

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini