x

Makin Seru! Penentuan Slot Terakhir Degradasi Liga 1 Berlangsung Hingga Pekan Terakhir

Rabu, 23 Maret 2022 08:25 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Subhan Wirawan
Liga 1 telah memasuki babak akhir, pertarungan di jalur juara hingga ‘relegation battle’ makin mengerucut.

INDOSPORT.COM – Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 telah memasuki babak akhir, pertarungan di jalur juara hingga ‘relegation battle’ makin mengerucut.

Sementara itu, perebutan juara Liga 1 musim ini hanya menyisakan Bali United dan Persib Bandung, keduanya masih akan memainkan dua pertandingan terakhir.

Baca Juga

Namun, Bali United lebih diuntungkan menjuarai Liga 1 musim ini. Sebab, setelah menang melawan Madura United, mereka hanya butuh 1 poin lagi untuk memastikan gelar juara.

Berbanding terbalik dengan Maung Bandung, mereka masih teringgal 5 poin dari Bali United di puncak klasemen, hal ini jelas membuat kans juara Persib makin menipis.

Selain itu, duel antara hidup dan mati yang melibatkan empat tim di posisi 13 hingga 145 klasemen juga menjadi daya tarik lain yang akan tersaji di penghujung Liga 1.

Baca Juga

Pasalnya empat tim ialah Persipura Jayapura, PSS Sleman, Barito Putera dan terkahir PSM Makassar yang ikut dalam persaingan lolos degradasi setelah kalah atas Persija Jakarta.

Kemenangan Persipura atas PSS dalam lanjutan pekan ke-32 kemarin juga menambah ‘panas’ persiangan tim-tim yang saat ini belum aman di klasemen sementara Liga 1.

Berkat kemenangan itu, Mutiara Hitam yang sebelumnya ada di ujung tanduk dapat sedikit bernafas, mereka sekarang hanya terpaut 2 poin dari Barito yang berada di zona aman.

Baca Juga

Kemenangan itu juga mengakibatkan persiangan di zona degradasi akan berlangsung hingga pekan terakhir. Pasalnya, keempat tim masih berpeluang lolos dari jeratan degradasi.

Namun PSM Makassar dan PSS Sleman sedikti diuntungkan ketimbang dua pesaing mereka, lantaran PSM hanya membutuhkan 3 poin sementara PSS 4 poin agar terhindari dari degradasi.


1. Peluang Lolos Degradasi

Logo Liga 1 BRI 2021

PSM Makassar tentu menjadi tim pertama yang paling diunggulkan dalam perlombaan bertahan di Liga 1 musim ini daripada ketiga tim lainnya, pasalnya tim kebanggan The Macz Man memiliki syarat lebih ringan.

Untuk tetap bertahan di Liga 1 musim depan, PSM Makassar tim yang berjuluk Ayam Jantan dari Timur ternyata hanya membutuhkan satu kemenangan atau tambahan 3 poin saja.

Baca Juga

Hal tersebut sepertinya akan menjadi kenyataan, sebab pertandingan berikutnya di akhir pekan ini, PSM Makassar akan bertemu juru kunci klasemen saat ini, Persiraja Banda Aceh di pekan ke-33 Liga 1.

Kemenangan menghadapi Persiraja sudah cukup menjamin satu tempat di Liga 1 musim depan. Sementara, dipertadigan terakhir PSM akan berhadapan dengan Arema FC.

Kemudian ada tim asal Yogyakarta, PSS Sleman yang harus berdarah-darah agar tetap bertahan di Liga 1 setelah dalam pertandingan terakhir kalah atas Persipura Jayapura.

Baca Juga

Anak asuhah I Putu Gede secara matematis hanya membutuhkan 4 poin lagi agar benar-benar aman dari kejaran Barito dan Persipura, setelah poin mereka saat ini mandek diangka 33.

Tim ketiga, Barito Putera, musim ini mereka menjalani Liga 1 dengan buruk bersama Rahmad Darmawan, kemenangan terakhir kontra Persik Kediri belum cukup membuat  mereka aman.

Laskar Antasari harus memenangkan seluruh laga tersisa, Barito akan bertemu Persita dan Persib di pekan terakhir Liga. Pertandingan dengan Persib sepertinya akan jadi laga hidup mati Barito.

Barito setidaknya harus menang dalam dua laga terakhir jika ingin langsung lolos dari zona degradasi, namun melihat dua calon Barito, tentu hal itu tak akan berjalan mudah.

Terakhir Persipura Jayapura yang tampil kesetanan di dua laga terakhir, nafas Persipura bertambah setelah mereka berhasil meraup 6 poin krusial dari Bhayangkara dan PSS Sleman.

Baca Juga

Sebagai Informasi tambahan, perjalanan keluar zona degradasi Persipura musim ini memang tak akan mudah, mereka wajib menang dalam dua pertandingan terakhir.

Melawan PSIS Semarang dan Persita Tangerang, sembari berharap Barito Putera kehilangan beberapa poin penting di akhir Liga 1 musim ini.


2. Jadwal Dua Laga Hidup-Mati Keempat Tim

Laga pertandingan antara Persipura Jayapura vs PSS Sleman di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Barito Putera dijadwalkan menghadapi Persita Tangerang dalam lanjutan pekan ke-33 Liga 1, Kamis (24/03/22) sore di Stadion Kompyang Sujana, Bali.

Sementara Persipura Jayapura akan memainkan laga tandang di Stadion I Gusti Ngurah Rai kontra PSIS Semarang Kamis (24/03/22), pukul 15.15 WIB

Kemudian dilanjut pertandingan PSS Sleman vs Persela Lamongan yang akan bertanding di hari yang sama namun dimainkan di jam 16.00 WIB di Stadion Kapt I Wayan Dipta.

Lanjut pada Jumat (25/03/22) sore, PSM Makassar akan bertamu di kandang Persiraja Banda Aceh pukul 15.15 WIB di Stadion Kompyang Sujana.

Sementara itu, pertandingan tunda antara PSM vs Arema, PSS vs Persija, Barito vs Persib dan Persipura vs Perita masih belum dijawalkan waktu dan lokasinya.
 

Persib BandungPersipura JayapuraPSS SlemanPSM MakassarBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini