x

Mengenal Ryu Nugraha, Pemain Asal Indonesia yang Menembus Liga Jepang Sebelum Pratama Arhan

Rabu, 23 Maret 2022 16:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

INDOSPORT.COM - Indonesia tak hanya mengirimkan Pratama Arhan untuk bermain di Negeri Sakura. Tapi ingat ada juga Ryu Nugraha yang bermain di J.League atau Liga Jepang terlebih dahulu

Ryu Nugraha adalah kiper muda berdarah Indonesia yang musim ini akan bermain di J3 League alias kasta ketiga Liga Jepang. Ia membela klub AC Nagano Parceiro yang berasal dari daerah Prefektur Nagano.

Baca Juga

Ryu Nugraha akan jadi satu dari tiga kiper di tim utama, dengan ia mengenakan nomor punggung 31 di tim.

Musim lalu, Ryu dipinjamkan ke Fukui United dan bermain di kasta kelima Liga Jepang. Musim ini ia kembali dan masih memiliki kontrak hingga 2023 mendatang.

Baca Juga

Ryu lahir pada tahun 2000 yang merupakan tahun Naga, membuatnya diberi nama Ryu, yang berarti Naga dalam Bahasa Jepang.

Pelajaran olahraga menjadi mata pelajaran yang paling ia kuasai di bangku sekolah, kini Ryu punya hobi bermain Boling, Biliar, Darts, dan juga memancing. Boling juga jadi kegiatan yang dipilihnya saat merasa stres.

Baca Juga

Saat sekolah dulu, Ryu Nugraha mengaku selalu makan sesuatu saat istirahat karena selalu merasa sangat lapar.

“Saya tak bisa pergi ke Okinawa karena badai, jadi saya jalan-jalan di Tokyo saat hujan,” ujar Ryu soal kenangan yang paling ia ingat saat libur sekolah.


1. Bertekad Menembus Skuad Utama

Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

Ketakutan terbesarnya adalah dicuekin, sedangkan tidur jadi hal favorit, dengan saat bersiap tidur adalah momen yang membuatnya paling bahagia serta selalu memikirkan untuk menambah jam tidur untuk menjaga kesehatan.

ONE OK ROCKS jadi band favorit Ryu, yang membuatnya punya ritual mendengarkan lagu-lagu band tersebut untuk memotivasi diri sebelum memulai pertandingan.

Baca Juga

Pria yang mengaku ingin jadi arsitek jika bukan pesepak bola ini mengatakan ia sangat menyukai masakan ibunya di rumah dan menyukai wakung sawo, udang, belut, dan salmon sebagai bahan Sushi favoritnya.

Musim ini kembali ke Parceiro, Ryu bertekad untuk bisa turun berlaga dalam pertandingan bagi klub dan juga ingin mengunjungi banyak tempat wisata di Nagano saat tak bermain.

Baca Juga

“Saya kembali ke Nagano! Kami akan melakukan yang terbaik musim ini, jadi saya mohon berikan kami dukungan terbaik!” kata Ryu untuk fans AC Nagano Parceiro.


2. Masuk Pemain Asing

Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

Nama Ryu Nugraha sendiri masih terdengar cukup asing di telinga pencinta sepak bola tanah air.

Bukan hal yang aneh sebenarnya karena sang pemain masih berusia muda dan jarang diketahui jika ia rupanya memegang paspor Indonesia.

Nugraha lahir dan besar di Jepang dari ibu yang berkewarganegaraan Jepang pula. Meski demikian ayahnya berasal dari Indonesia dan itulah kenapa ia berhak menyandang status warga negara Indonesia (WNI).

Di J3 League, Ryu Nugraha dianggap pemain asing yang masuk dalam kategori lokal namun bukan karena status homegrown seperti di Eropa. Melainkan kebijakan Partner Nations yang diberlalukan sejak 2021 lalu.

Bola InternasionalLiga JepangPratama ArhanRyu Nugraha

Berita Terkini