x

Mike Dean Pensiun, Liga Inggris Kehilangan Sosok Wasit Sembrono

Kamis, 24 Maret 2022 05:17 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
Premier League bakal kehilangan salah satu wasit ‘sembrono’ dalam diri Mike Dean yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 ini. (Foto: Michael Regan/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Premier League bakal kehilangan salah satu wasit ‘sembrono’ dalam diri Mike Dean yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 ini.

Sebab, setelah 22 tahun bekerja sebagai wasit Liga Inggris termasuk torehan dua kali menjadi wasit utama final Piala FA, Mike Dean telah membuat keputusan 'bulat' menepi di akhir musim nanti.

Baca Juga

Dilaporka dari Sky Sports, pengadil berkepala plontos ini benar-benar telah membuat keputusan final. Jika benar demikian, Liga Inggris tentu akan kehilangan salah satu wasit ikoniknya.

Mike Dean terkenal sebagai sosok 'sembrono' di Premier League. Wasit berusia 53 tahun itu dikenal sebagai sosok yang lincah dan punya ketegasan di lapangan. Dia juga terlibat dalam beberapa momen yang kontroversial.

Mike Dean mendapatkan lisensi wasit FIFA sejak 2003 lalu. Reputasinya bukan hanya besar di Inggris, tetapi juga pada level Eropa. Mike Dean pernah memimpin laga-laga Liga Champions dan Euro.

Baca Juga

Mike Dean pensiun menjadi wasit memimpin pertandingan internasional sejak 2013. Ketika itu, dia berusia 45 tahun. Kini, Mike Dean siap pensiun sepenuhnya dari lapangan sepak bola.

Usia Mike Dean memang sudah tak lagi muda, kini dia telah menginjak 53 tahun. Dia sudah lebih dari 2 dekade menjadi pengadil di kompetisi Liga Inggris.

Dilansir dari sumber yang sama, Mike Dean secara keseluruhan telah memimpin sebanyak 553 pertandingan, memberikan sekitar 114 kartu merah sepanjang kariernya.

Baca Juga

Ketegasan pria berumur 53 tahun ini tergambar dari banyaknya Mike Dean mengeluarkan kartu dari kantong bajunya, selain 114 kartu merah, dia telah mengeluarkan 2.026 kartu kuning.

Catatan itu membuat dirinya menjadi satu-satunya wasit yang paling banyak mengeluarkan kartu kuning selama menjadi wasit di Liga Inggris, kemudian dia juga menjadi wasit paling banyak memeberikan penalti sebanyak 184 kali hingga saat ini, jumlah itu juga menjadi rekor terbanyak di Liga Inggris.


1. Tak Sepenuhnya Pensiun dari Dunia Sepak bola

Jose Mourinho bersalaman dengan wasit Mike Dean setelah pertandingan.

Mike Dean dilaporkan sedang melakukan pembicaraan dengan Professional Game Match Ofisial (PGMOL) untuk menjadi salah satu wasit asisten video (VAR).

Langkah ini sebelumnya juga diambil kompatriot sesama wasit, Lee Mason yang juga beralih profesi setelah berhenti menjadi wasit pertandingan di lapangan sepak bola.

Baca Juga

Mike Dean kini dicalonkan sebagai ofisial yang bertugas untuk VAR secara penuh. Sebab, saat ini hanya ada satu wasit yang secara penuh bekerja untuk VAR di Inggris yakni Lee Mason.

Mike Dean sudah tidak asing lagi dengan tugas sebagai wasit VAR, pasalnya pada musim 2021/2022 ini, Mike Dean beberapa kali menjadi ofisial yang bertanggung jawab pada VAR.

Hanya saja, tugas itu dilakukan secara paruh waktu karena dia masih aktif sebagai wasit lapangan. Nantinya setelah pensiun, dirinya akan lebih fokus bertugas di belakang layar.

Baca Juga

Menurut laporan BBC, Mike Dean memutusakan untuk berhenti menjadi wasit lapangan dan memilih banting setir di belakang layar, menjadi wasit asisten video karena faktor fisik dan usianya yang tak lagi prima.

“Ini semua tentang kebugaran saya, itulah masalahnya. Semakin tua Anda, Anda tidak bisa pulih lebih cepat. Saya dulu bisa melalakukanya setiap Sabtu, Selasa, Sabtu, Selasa,” ungkap Mike Dean dalam podcast Peter Crouch.

“Saya kini hanya cocok untuk Sabtu, saya tidak secepat dulu. Saya merasakan hal itu dalam diri saya. Saya harus berusaha bekerja lebih keras untuk berbeda dalam posisi saya yang tepat. Sangat sulit dalam pemulihan. Tuhan tahu apa yang akan saya lakukan ketika saya tidak bisa menjadi wasit lagi,” Pungkasnya.

Baca Juga

Meski demikian, wasit kelahiran kota Wirral itu memang terkenal di kalangan pemain dan fans lantaran pendekatanya yang khas dalam manajemen permainan.

Sesekali Mike Dean akan bercanda dengan pemain, dia dapat memberikan kesan kocak saat melakukan gimic di atas lapangan dalam beberapa momen-momen tertentu.

 

2. Cerita Kontroversi Mike Dean Selama Menjadi Wasit Liga Inggris

Mike Dean memberikan kartu merah ke Ashley Young

Nama Mike Dean menjadi perbincangan setelah dirinya memimpin laga saat Manchester United membantai Southampton dengan skor 9-0, pasalnya wasit ikonik Liga Inggris ini terkenal 'sembrono' dan tak jarang membuat  keputusan kontroversi.

Mike Dean menjadi perbincangan di laga itu karena keputusan kontroversial yang dibuatnya. Pasalnya, di pertandingan tersebut ia memberi dua kartu merah dan menganulir gol dari Southampton.

Atas alasan inilah nama Mike Dean lantas menjadi perbincangan. Kontroversi yang ia lakukan di laga ini pun seakan memperpanjang daftar kontroversi yang pernah ia buat selama berkarier menjadi pengadil di lapangan. Berikut rangkumannya.

Baca selengkapnya: 5 Hal Kontroversial dari Sosok Mike Dean

Premier LeagueLiga ChampionsWasitMike DeanLiga Inggris

Berita Terkini