x

Setelah Emil Audero dan Cyrus Margono, Kiper Asal Brasil Ini Juga Ingin Bela Timnas Indonesia

Kamis, 24 Maret 2022 04:34 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Adilson Maringa (Arema) dan Nadeo Argawinata (Bali United) berpelukan sesuai laga Liga 1 (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Setelah Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono, rupanya ada kiper asal Brasil yang juga mengungkapkan niat untuk membela Timnas Indonesia.

Kiper itu bernama Adilson Maringa yang kini memperkuat klub Liga 1 2021-2022, Arema FC. Ia baru saja membuat pengakuan siap menjadi pemain naturalisasi bila dihubungi oleh PSSI.

Baca Juga

Akan tetapi, ia sedikit pesimistis karena saat ini di Indonesia sudah banyak penjaga gawang dengan kualitas yang bagus. Ditambah lagi PSSI sedang mengupayakan agar Emil Audero Mulyadi mau bergabung di Timnas Indonesia.

"Jika memang ada kesempatannya, Tentu saya menyukainya. Ini bagus untuk saya, mungkin juga untuk timnas Indonesia,” kata Adilson Maringa di chanel YouTube resmi Arema FC.

Baca Juga

"Tapi saya pikir Indonesia saat ini punya kiper bagus. Saya sudah bilang sebelumnya, seperti Nadeo, Andritany, Teja. Namun itu juga menjadi mimpi saya suatu saat ini untuk bisa bermain dengan timnas," tuturnya menambahkan.

Adilson Maringa merupakan salah satu pemain asing Arema FC yang penampilannya impresif di Liga 1 musim ini. Berkat dirinya di bawah mistar, skuat Singo Edan mampu bersaing di papan atas klasemen.

Dalam 28 penampilan di kompetisi Liga 1 2021-2022, kiper berusia 31 tahun itu hanya 22 kali kebobolan dan 13 kali mencatatkan clean sheet.

Baca Juga

Meski begitu, memang cukup sulit baginya untuk menjadi pemain naturalisasi. Di samping bukan pemain keturunan, ia harus menetap selama lima tahun bertutut-turut demi berganti status sebagai WNI.

Adilson Maringa tinggal di Indonesia sejak Juni 2021 lalu. Sehingga lima tahun lagi usianya sudah menginjak 35 tahun yang dinilai sudah tidak produktif bagi Timnas Indonesia.


1. Update Terbaru Proses Naturalisasi Sandy Walsh CS

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, PSSI sebelumnya telah memberikan kabar baik perihal permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama.

Pihak federasi kini bisa bernapas lega, sebab Kemenkumham sudah menerima permohonan PSSI terkait keinginan untuk melakukan naturalisasi ini.

Baca Juga

Akan tetapi, kabar terbaru proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama menemui sedikit kendala yakni ada satu dokumen yang masih kurang.

Hal ini pun dituangkan oleh Hasani Abdulgani dalam postingan instagram pribadinya @hasaniabdulgani pada Selasa (22/03/22) siang WIB.

Baca Juga

Baginya untuk permasalahan ini dibutuhkan kebijakan pemerintah karena masalah ini diluar kuasa PSSI. Ia bahkan mengharapkan bantuan dari Presiden Joko Widodo untuk bisa membantu proses tersebut.

"Dari sekian dokumen persyaratan ada satu dokumen yaitu Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara dari pemerintah Belanda dan Spanyol, diluar jangkauan kami. Artinya surat tersebut bisa didapat dalam sebulan atau lebih dari pemerintah dua negara tersebut," tulis Hasani.

Baca Juga

"Seandainya Surat Keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel, maksudnya tidak harus menunggu dulu dokumen tersebut didapat lalu baru diajukan berkasnya oleh Kemenhumkam kepada Presiden. Maka target di bulan April bisa tercapai."

"Kondisi krusial ini hanya bisa diselesaikan kalau ada kebijaksanaan dari Pemerintah. Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas dikualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang," imbuhnya.


2. Emil Audero Masih Tutup Mulut

Kiper Sampdoria keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Seperti diketahui, PSSI telah mengutus agen untuk bertemu manajer Emil Audero Mulyadi pada Rabu (02/03/22) lalu. Akan tetapi, belum ada jawaban dari sang kiper hingga artikel ini diterbitkan.

PSSI dan seluruh fans Garuda sangat berharap agar Emil Audero Mulyadi mau merubah status menjadi WNI. Namun, kiper Serie A Liga Italia ini belum juga memberikan jawaban apakah dirinya mau bergabung ke Timnas Indonesia atau tidak.

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menegaskan kalau pihaknya masih belum menyerah dalam membujuk Emil Audero.

Bukan tanpa alasan, ia sudah memiliki rancangan jelas kalau bergabungnya Emil Audero ke Timnas Indonesia bisa menjadi pancingan agar dua bintang Liga Inggris keturunan tanah air mau dinaturalisasi.

Dua pemain dari kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris itu yakni bek Leeds United bernama Pascal Struijk dan gelandang Crystal Palace yaitu Jairo Riedewald.

Baca Juga
BrasilNaturalisasiEmil Audero MulyadiKiperTimnas IndonesiaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Cyrus MargonoAdilson Maringa

Berita Terkini