x

Daftar Tim yang Lolos ke Piala Dunia 2022: Jepang dan Arab Saudi Jadi Nama Terbaru, Italia Gagal

Jumat, 25 Maret 2022 05:29 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut daftar tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 per Jumat (25/03/22) pagi hari WIB. Jepang dan Arab Saudi jadi nama terbaru, Italia dipastikan gagal.

INDOSPORT.COM – Berikut daftar tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 per Jumat (25/03/22) pagi hari WIB. Jepang dan Arab Saudi jadi nama terbaru, Italia dipastikan gagal.

Tengah pekan ini, dunia sepak bola diramaikan oleh babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar dari berbagai zona, mulai dari Eropa, Asia, hingga Amerika Selatan, Amerika Tengan, Afrika, dan Oseania.

Baca Juga

Khusus pada Kamis (24/03/22) malam hingga Jumat (25/03/22) dini hari, digelar laga-laga kualifikasi di Asia dan Eropa, dengan melibatkan tim-tim raksasa seperti Jepang, Arab Saudi, Italia, dan Portugal.

Di Asia, akan digelar matchday kesembilan kualifikasi babak ketiga baik dari Grup A dan Grup B. Sejauh ini, Iran dan Korea Selatan sudah merebut tiket ke Qatar.

Rangkaian laga malam hari tadi dibuka oleh duel di Grup B antara Australia vs Jepang. Australia yang ada di posisi ketiga butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos, sementara Jepang yang ada di peringkat kedua bakal lolos langsung jika merebut kemenangan.

Baca Juga

Australia coba memanfaatkan situasi tampil di kandang sendiri. Namun, ketatnya pertahanan Jepang menyulitkan upaya mereka. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama bermain ketat. Namun, dua gol Kaoru Mitoma di akhir laga (89 dan 90+4) membawa Jepang menang dan lolos otomatis ke Piala Dunia Qatar. Sementara itu, Australia dipastikan finis di peringkat 3 dan akan menghadapi peringkat 3 Grup A.

Rangkaian laga kualifikasi Piala Dunia zona Asia semalam ditutup oleh duel China vs Arab Saudi di Grup B pada pukul 22.00 WIB.

Baca Juga

Arab Saudi sendiri sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia setelah Australia dikalahkan Jepang 0-2 beberapa jam sebelumnya. Sementara itu, China sudah tak mungkin lolos ke Qatar.

Di babak pertama, Arab Saudi berhasil unggul lebih dulu lewat upaya Saleh Al-Shehri di menit 45+2. Namun, di babak kedua China menyamakan skor lewat gol penalti Zhu Chenjie di menit ke-82. Skor 1-1 bertahan hingga laga terakhir, yang membuat Arab Saudi di posisi kedua di bawah Jepang.
 


1. Italia Dipastikan Gagal Lolos

Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Turki di Playoff Kualifikasi (Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

Di Eropa, digelar 4 laga semifinal Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. Seharusnya ada 6 laga yang digelar namun laga Polandia vs Rusia resmi dibatalkan karena Rusia dicoret imbas invasi ke Ukraina, sementara duel Skotlandia vs Ukraina akan digelar pada bulan Juni.

Akibatnya, hanya ada 4 laga yakni Wales vs Austria, Swedia vs Republik Ceko, Italia vs Makedonia Utarra, dan Portugal vs Turki yang seluruhnya digelar bersamaan pada pukul 02.45 WIB.

Baca Juga

Italia tampil tanpa sejumlah pilar seperti Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Di belakang, Roberto Mancini memasang Alessandro Bastoni dan Gianluca Mancini sebagai duet bek tengah.

Sepanjang laga, Italia tampil dominan dan terus menggempur pertahanan Makedonia Utara. Namun ketatnya pertahanan lawan dan buruknya penyelesaian akhir Domenico Berardi dkk menyulitkan upaya Azzurri.

Laga pun seolah akan berlanjut ke perpanjangan waktu. Namun, di menit 90+2, Aleksandar Trajkovski melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang menjebol gawang Gianluigi Donnarumma di sudut kanan bawah. Italia pun kalah dan gagal lolos ke Piala Dunia untuk 2 kali beruntun.

Baca Juga

Pada jam yang sama, digelar laga lain antara Portugal vs Turki. Portugal merupakan runner up Grup A di bawah Swiss sedangkan Turki runner up Grup G di bawah Belanda.

Portugal menurunkan trio Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, dan Otavio di lini depan demi menggempur pertahanan Turki.

Di babak pertama, Portugal yang tampil dominan sudah unggul 2-0 lewat gol-gol dari Otavio dan Diogo Jota. Namun, Turki kemudian memperkecil ketertinggal lewat Burak Yilmaz di menit ke-65.

Baca Juga

Yilmaz sejatinya punya peluang menyamakan kedudukan di menit ke-84. Sayangnya, eksekusi penaltinya melambung tinggi di atas mistar. Pada akhirnya justru Portugal yang mencetak gol tambahan di menit 90+4 lewat Matheus Nunes dan memastikan kemenangan 3-1.

Portugal pun akan bertemu Makedonia Utara pekan depan di final playoff untuk berebut 1 tiket ke Piala Dunia 2022.

 

2. 17 Negara Sudah Lolos

Hidemasa Morita merayakan kemenangan Jepang atas Australia yang meloloskan mereka ke Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Jaimi Joy)

Berikut daftar 17 Negara yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar

1. Qatar (tuan rumah)

2. Jerman

3. Denmark

4. Brasil

5. Belgia

6. Prancis

7. Kroasia

8. Spanyol

9. Serbia

10. Swiss

11. Inggris

12. Belanda

13. Argentina

14. Iran

15. Korea Selatan

16. Jepang

17. Arab Saudi

JepangItaliaArab SaudiPiala Dunia 2022Bola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini