x

Incar Trofi di Tokyo Verdy, Arhan Tak Terbebani Kegagalan Lilipaly dan Bachdim di Liga Jepang

Jumat, 25 Maret 2022 19:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pemain baru Tokyo Verdy asal Indonesia, Pratama Arhan menyatakan siap memberikan penampilan terbaik. Dia bertekad bawa klub Liga 2 Jepang itu promosi ke J.League 1.

Sebelum memutuskan ke Jepang, Arhan mengaku berdiskusi dengan dua pemain Indonesia yang pernah berkarir di Liga Jepang yakni Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim.

Baca Juga

Bek kiri 20 tahun itu semakin termotivasi untuk menunjukan kualitasnya, agar pemain Indonesia bisa diperhitungkan.

"Saya sempat tanya Lilipaly juga Irfan Bachdim. Liga Jepang salah satu yang terbaik di Asia, jadi saya harus kerja keras disini, bersaing dan jadi lebih baik," kata Arhan.

Baca Juga

Irfan Bachdim pernah main untuk Consadole Sapporo dan Ventforet Kofu pada 2014-2016 lalu. Sedangkan Stefano Lilipaly di Consadole Sapporo pada tahun 2014.

Namun, keduanya tak mampu beradaptasi dengan baik hingga akhirnya hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Baca Juga

"Saya tak terbebani (kegagalan) Fano dan Irfan, tapi itu jadi motivasi. Saya harus tingkatkan fisik dan adaptasi cuaca dan fokus biar bisa bawa Tokyo Verdy ke Liga 1," tutur Arhan.


1. Disambut di Tokyo Verdy

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pratama Arhan telah tiba di Jepang dan berlatih bersama Tokyo Verdy pada, Kamis (24/03/22). Dia disambut dengan ramah oleh staf, pelatih dan pemain senior. 

Dengan kelebihannya, eks bek sayap PSIS Semarang itu bertekad membantu Tokyo Verdy meraih trofi.

"Jepang negara bagus, bersih, orangnya ramah dan disiplin. Saya senang gabung Tokyo Verdy karena semua sambut saya dengan baik dari pemain sampai manajemen," ujar Arhan.

"Ini klub yang bagus buat saya untuk berkembang. Saya punya kecepatan tendangan kaki kiri yang bagus dan throw in jauh dan saya mau targetkan bawa Tokyo Verdy ke Liga 1 dan raih trofi," tuntasnya.


2. Diincar Sejak Tahun Lalu

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Tokyo Verdy sudah mengincar Arhan sejak Agustus 2021 lalu. Mereka akhirnya memantapkan pilihan pasca Piala AFF 2020, dimana sang pemain jadi pemain muda terbaik. 

Pratama Arhan mendapat kontrak dua musim. Dia akan memakai nomor punggung 38. 

Irfan BachdimStefano LilipalyBola InternasionalLiga JepangJ2 LeaguePratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini