x

Italia Gagal Lolos Piala Dunia, Jorginho Langsung Nangis Mengingat 'Dosanya'

Jumat, 25 Maret 2022 17:20 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Prio Hari Kristanto
Jorginho menangis setelah mengingat kegagalannya mengeksekusi penalti saat kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Swiss tahun lalu.

INDOSPORT.COM - Gelandang Chelsea, Jorginho, terlihat menangis di lapangan setelah Italia tereliminasi dari Play-off Piala Dunia 2022. Gol tunggal Aleksandar Trajkovski mengubur impiannya untuk pergi ke Qatar.

Jorginho bermain penuh selama 90 menit, pada laga yang berakhir secara mengejutkan itu. Italia harus menelan kekalahan saat menghadapi Makedonia Utara.

Baca Juga

Sebenarnya pasukan Roberto Mancini tampil dominan dengan mengusai pertandingan. Namun, tak ada peluang yang mampu dimaksimalkan.

Usut punya usut, Jorginho menangis tersedu-sedu karena mengingat “dosanya” di masa lalu. Dosa tersebut, adalah kegagalannya dalam mengeksekusi penalti saat kualifikasi fase grup dahulu.

Jorginho akan mengantar Italia lolos otomatis ke Qatar andai ia tak gagal menendang penalti dalam dua pertandingan di babak kualifikasi tahun lalu.

Baca Juga

Kegalan pertama adalah saat Italia bertemu Swiss pada September 2021. Saat itu, Italia mendapatkan penalti namun Jorginho yang ditunjuk sebagai algojo gagal memaksimalkan peluang itu, Italia pun harus bermain imbang 0-0 pada lagi itu.

Kesialan Jorginho berlanjut, lawan yang dihadapi pun sama yaitu Swiss. Italia mendapatkan hadiah penalti pada menit akhir, Jorginho berusaha menebus dosanya, namun lagi-lagi ia gagal mencetak gol dan laga berakhir imbang 2-2.

Dalam wawancaranya kepada RAI Sport, Jorginho mengaku sakit hati ketika mengingat momen itu, ia juga mengatakan jika kesalahan itu akan selalu menghantui sepanjang hidupnya.

Baca Juga

Tak mengherankan, jika “dosa” itu sangat disesali oleh Jorginho. Italia akan lolos otomatis apabila pada dua laga melawan Swiss tahun lalu dapat mereka menangkan.

Nasi sudah menjadi bubur, meratapi dan menangisi “dosa” yang diperbuat juga tak akan mengubah keadaan. Saatnya Jorginho fokus kembali, dan bangkit dari keterpurukan.


1. Skema Jika 2 Pinalti Jorginho Berbuah Manis

Laga antara Italia vs Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia. Foto: REUTERS-Guglielmo Mangiapane

Jorginho akan menjadi pahlawan Italia, apabila ia mampu menceploskan gol pada dua kesempatan emas yang pernah didapatkan.

Italia akan menyalip perolehan poin Swiss, di klasemen grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Tambahan 6 poin, akan memastikan tiket otomatis ke Qatar 2022.

Baca Juga

Performa Italia sendiri memang tak konsisten selama kualifikasi. Meskipun tak pernah mengalami kekalahan, namun mereka banyak bergelut dengan hasil imbang.

Dalam 8 laga yang mereka lakoni, 4 laga mampu mereka menangkan, mamun 4 di antaranya berakhir imbang. Padahal, lawan mereka juga tak terlalu berat jika dilihat secara ranking FIFA.

Grup C sendiri banyak diisi oleh negara non-unggulan seperti, Irlandia Utara, Bulgaria dan Lithuania. Cuma Swiss yang berpotensi merepotkan bagi Italia.

Baca Juga

Italia juga mampu mencetak 13 gol dan hanya kebobolan dua gol. Namun, dewi fortuna seperti tak berpihak untuk Gli Azzuri.

Dengan hasil akhir yang menempatkan Azzuri di posisi kedua klasemen, membuat Jorginho dkk harus melalui fase play-off zona Eropa.

Banyak orang, yang memprediksi Italia akan tetap lolos ke Piala Dunia 2022. Terlebih, lawan mereka merupakan negara yang sama sekali tak pernah dibahasnya, yakni Makedonia Utara.

Baca Juga

Namun nahas, juara EURO 2020 itu harus mengubur mimpinya setelah ditekuk Makedonia Utara di hadapan puluhan ribu suporternya.

Hal tersebut sangat menghebohkan seluruh penikmat sepak bola dunia. Italia, yang dipandang sebagai tim yang kuat, harus rela menjadi penonton pada turnamen akbar empat tahunan tersebut.


2. Roberto Mancini di Serang Media Italia

Roberto Mancini, pelatih Italia.

Kegagalan Roberto Mancini, mengantarkan Italia lolos ke Piala Dunia 2022 berbuntut panjang. Kali ini, media Italia berama-ramai mem-bully eks manajer Manchester City itu.

Salah satu majalah asal Italia membuat headline yang cukup menyita perhatian. Beberapa saat, setelah Gli Azzuri takluk saat menjamu Makedonia Utara.

Surat kabar Tuttosport, memenuhi halaman pertama mereka dengan gambar Chiellini yang sedang menghibur Donnarumma yang tertunduk lesu. Selain itu, di halaman depan mereka juga menuliskan kata “NOOOOOOOO!”.

Gazetta dello Sport juga turut mengekspresikan kekecewaan mereka. Gazetta dello Sport membuat headline dengan tajuk keluarnya Italia dari Piala Dunia.

Media olahraga kenamaan Italia itu juga mengungkit masalah Roberto Mancini dan menyebut sudah harus memikirkan untuk pengunduran diri dari TImnas Italia.

Baca selengkapnya

ItaliaRoberto ManciniPiala Dunia 2022Bola InternasionalJorginhoKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini