x

Negaranya Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Kartunis Ternama Italia Bikin Ilustrasi 'Nyelekit'

Jumat, 25 Maret 2022 10:55 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Indra Citra Sena
Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Turki di Playoff Kualifikasi (Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 telah meninggalkan kekecewaan yang mendalam bagi suporter Gli Azzuri. Salah satunya adalah kartunis ternama Italia.

Lewat akun Instagram @i_tiffosissimi_official, sang kartunis yang bisa menyetor karyanya ke surat kabar La Gazzetta dello Sport itu membuat sebuah ilustrasi berkesan 'nyelekit'.

Baca Juga

Digambarkan sekumpulan pria menyeramkan sedang menunggang kuda. Di depan mereka, terdapat bola yang meletus, dengan lambang federasi sepak bola Italia di dalamnya.  

Kartunis itu, juga menuliskan keterangan dalam Bahasa Italia, "se non è un'apocalisse calcistica questa" yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "Kiamat Sepak bola".

Baca Juga

Beberapa Netizen turut berkomentar dalam unggahan yang cukup menyentil tersebut, salah satunya asal Indonesia, @doan_pramudya, dengan menuliskan kalimat “mengecewakan” di kolom komentar.

Kartunis tersebut memang sering menggambar ilustrasi yang berkaitan dengan sepak bola Italia. Sebelum ini, dia juga pernah menunggah ilustrasi yang menarik perhatian.

Baca Juga

Pada November 2021, I tiffosissimi pernah menggambarkan situasi kacau timnas Italia, yang menang mengalami performa kurang memuaskan, dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Italia memang harus tersingkir dari perebutan tiket Piala Dunia 2022. Gli Azzuri harus menelan pil pahit itu, setelah dikalahkan oleh Makedonia Utara di menit-menit akhir.


1. Beberapa Pihak Kecewa Berat

Roberto Martinez dan Roberto Mancini.

Gagalnya Italia pergi ke Qatar 2022 memang meninggalkan luka yang mendalam bagi para penggemar Gli Azzurri. Beberapa pihak juga mengutarakan kesedihannya.

Media Italia misalnya, yang ramai menyoroti kinerja pelatih Roberto Mancini yang dinilai tak bisa mengangkat performa tim, terlepas dari trofi Piala Eropa 2020.

Baca Juga

Mancini sendiri, sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada warga Italia. Ia merasa bertanggung jawab atas semuanya.

Saking kecewanya, Roberto Mancini sampai tak bisa menjawab pertanyaan mengenai masa depannya di timnas Italia, yang masih menyisakan kontrak hingga 2026.

Beberapa pemain timnas Italia juga terlihat terpukul, dengan kejadian mengejutkan tadi malam. Seperti yang diungkapkan oleh Andrea Belotti yang mengaku kecewa tak bisa berangkat ke Qatar.

Baca Juga

Dari beberapa punggawa timnas Italia, Chiellini dan Bonucci lah yang amat terpukul. Sebab, mereka sudah memasuki masa pensiun dan mungkin sudah tak akan ikut dalam Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat.

Mimpi buruk ini seperti deja vu bagi Italia ketika mereka juga harus menjadi penonton di Piala Dunia 2018. Cukup ironis melihat status mereka sebagai juara Piala Eropa 2020.

Italia total tak mengikuti Piala Dunia sebanyak empat kali, termasuk saat Gli Azzurri tak diundang saat Piala Dunia 1930 di Uruguay.

Mimpi Italia untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia harus dikubur kembali. Setelah, mereka takluk dengan negara yang tak diunggulkan, yaitu Makedonia Utara.

Pada pertandingan yang digelar di Palermo semalam, Gli Azzuri kecolongan lewat gol tunggal dari Aleksandar Trajkovski di menit ke-90+2.


2. Makedonia Utara Tim Penuh Misteri

Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

Duel seru tersaji di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak play-off zona Eropa, antara Italia vs Makedonia Utara di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Italia, Jumat (25/3/22) dini hari WIB.

Italia kalah 0-1 lewat gol Aleksandar Trajkovski. Padahal mereka tampil sangat dominan dalam melakukan serangan sejak menit pertama.

Jarang sekali para pemain Makedonia Utara mengusai bola lama-lama, apalagi untuk sekadar mendekati garis pertahanan Italia.

Namun, hal tersebut tampaknya tidak menjadi masalah bagi Makedonia Utara, karena memang mereka datang ke Palermo untuk mengusung permainan bertahan. 

Sehingga, Gli Azzuri jadi kesulitan untuk menembus pertahanan Makedonia Utara meski mereka tampil dominan. Beberapa kali tembakan Italia mampu dihalau oleh pemain belakang lawan.

Baca Selengkapnya

ItaliaPiala DuniaRoberto ManciniPiala EropaPiala Dunia 2022MakedoniaBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022Euforia Eropa

Berita Terkini