x

Rekor-rekor yang Siap Dipecahkan Bali United Jika Juara Liga 1 Musim Ini

Jumat, 25 Maret 2022 16:12 WIB
Editor: Juni Adi
Bali United berpeluang besar untuk menjadi juara Liga 1 musim ini dan jika hal tersebut terjadi maka sejumlah rekor ini bisa dipecahkan. Foto: ligaindonesiabaru

INDOSPORT.COM - Bali United berpeluang besar untuk menjadi juara Liga 1 musim ini. Jika hal tersebut terjadi maka sejumlah rekor ini bisa dipecahkan.

Duel seru akan tersaji di laga lanjutan Liga 1 pekan ke-33 antara Bali United vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada Jumat (25/03/22) malam WIB.

Baca Juga

Bagi Bali United, pertandingan ini sangat penting untuk menentukan gelar juara Liga 1 musim ini. Sebab jika mereka mampu meraih kemenangan, Serdadu Tridatu bisa langsung mengunci gelarnya.

Hal tersebut tidak lepas dari posisi Bali United saat ini yang unggul poin dari pesaing terdekatnya, Persib Bandung. Bali United memuncaki klasemen Liga 1 dengan 72 poin, sedangkan Persib berada di urutan kedua dengan 67 poin.

Selisih hanya tiga poin membuat kedua tim masih sama-sama mempunyai peluang juara bahkan hingga pekan terakhir ke-34, andaikan Bali United kalah dari Persebaya.

Baca Juga

Begitu juga jika Bali United menang, dan Persib menang maka akan ditentukan pada pekan terakhir. Maka dari itu pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, ingin meraih tiga poin demi bisa tetap menjaga jarak dari Persib.

Sayangnya Bali United harus tetap waspada dengan kekuatan Persebaya. Apalagi mereka pernah dikalahkan Bajul Ijo dengan skor 1-3 di pertemuan putaran pertama.

"Saat itu kita kalah ya kalah. Persebaya memang waktu itu bermain lebih bagus, bukan karena saya tidak ada di lapangan," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, Kamis (24/03/22).

"Tapi saat ini situasi sudah berbeda. Kita di putaran kedua punya momentum lebih bagus dari Persebaya. Kita sekarang benar-benar butuh poin buat bisa juara," lanjut Teco.

Baca Juga

Bali United memanfaatkan waktu persiapan dengan maksimal. Harapannya, Bali United bisa mengakhiri kompetisi dengan kemenangan sempurna.

"Tidak ada persiapan seperti itu (perayaan). Kita harus respect sama lawan. Apalagi Persebaya merupakan tim awal karier saya di Indonesia. Saya tahu benar kota Surabaya dan karakter pemain Persebaya," tutur Teco.

"Liga pun belum selesai. Setelah selesai, mudah-mudahan bisa selesai dengan bagus buat Bali United, baru kemudian kita bisa selebrasi," imbuh pelatih asal Brasil ini. 

Lantas apa saja rekor yang siap dipecahkan Bali United jika menjadi juara Liga 1 musim ini? Berikut ulasannya.


1. Tim Pertama Back to Back

Bali United vs Madura United

Bali United tinggal selangkah lagi akan menjadi juara Liga 1. Serdadu Tridatu hanya membutuhkan satu poin saja untuk merebut gelar musim ini.

Jika hal itu terwujud, maka Bali United akan memecahkan rekor jadi tim pertama di era Liga 1, yang mampu menjadi juara secara back to back atau dua kali beruntun.

Baca Juga

Sebelumnya, Bali United menjadi juara Liga 1 pada musim 2019 lalu. Kala itu Bali United unggul 10 poin dari Persebaya yang merupakan pesaing terdekatnya.

Bali United juara dengan koleksi 64 poin. Sedangkan Persebaya mengumpulkan 54 poin. Berbeda seperti musim itu, Bali United musim ini harus berjuang bahkan mungkin hingga pekan terakhir, andai mereka gagal meraih hasil positif. 

Baca Juga

Sepanjang sejarah Liga Indonesia era profesional (sejak 1994), belum pernah ada klub yang mampu meraih trofi juara dua musim beruntun. 

Empat klub sempat mencobanya di masa lalu yakni Bandung Raya (1996/97), Persebaya (1998/99), PSM Makassar (2001), dan Persipura (2009, 2012, 2014), tapi akhirnya gagal.

Stefano Cugurra Teco Catat Sejarah

Stefano Cugurra Teco akan menorehkan rekor pribadi jika mampu membawa Bali United juara Liga 1 musim ini. Ia akan menjadi pelatih pertama yang bisa merebut gelar juara Liga 1 tiga kali berturut-turut.

Baca Juga

Sebelumnya, Teco sudah mempersembahkan gelar juara Liga 1 untuk Persija Jakarta dan Bali United. Bersama Macan Kemayoran, ia juara pada Liga 1 musim 2018.

Bersama Bali United, ia menjuarai Liga 1 musim 2019. Kini, ia berpotensi membawa trofi Liga 1 untuk ketiga kalinya ke Pulau Dewata.


2. Raih Poin Tertinggi dalam Satu Musim

Selebrasi penyerang Bali United, Ilija Spasojevic bersama teman setim di BRI Liga 1. Foto: ligaindonesiabaru

Bali United sejatinya sudah memecahkan rekor di sepak bola Indonesia meski belum dinyatakan sebagai juara.

Rekor tersebut adalah Bali United menjadi tim dengan raihan poin tertinggi dalam satu musim kompetisi era Liga 1, dengan koleksi saat ini 72 poin.

Bali United melampaui rekor tiga tim jawara Liga 1 sebelumnya, Bhayangkara FC, Persija dan Bali United sendiri.

Bhayangkara FC saat menjuarai Liga 1 musim 2017, yaitu 68 poin. Sementara Persija meraih juara dengan 62 poin, sedangkan Bali United menjadi juara Liga 1 2019 mengoleksi 64 poin.

Namun, jika diperluas hingga era Liga Indonesia dengan sistem kompetisi penuh, rekor Bali United ini masih belum ada apa-apanya.

Poin maksimal Bali United jika menang dalam satu laga sisa, yaitu 78 poin, tidak akan mampu melampaui rekor Persipura Jayapura.

Rekor poin tertinggi dalam semusim sepanjang sejarah kompetisi penuh era Liga Indonesia terjadi pada Indonesian Super League (ISL) musim 2013. Saat itu, Persipura Jayapura tampil cukup menggila dengan mencatat rekor 83 poin.

Bali United bisa ditahbiskan menjadi juara musim ini andai bisa menang atau seri dengan Persebaya. Jika pun kalah, Laskar Serdadu Tridatu juga bisa keluar sebagai juara andai Persib imbang atau takluk saat berjumpa Persik Kediri.

Dengan kata lain, Bali United pun tak perlu menentukan nasibnya sendiri, dan tinggal berharap hasil pertandingan Liga 1 lainnya antara Persib vs Persik berakhir dengan kedudukan imbang atau kemenangan bagi Macan Putih.

Persebaya SurabayaPersib BandungBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini