x

4 Pelatih yang Siap Gantikan Roberto Mancini Usai Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022

Minggu, 27 Maret 2022 02:18 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
4 Pelatih yang Siap Gantikan Roberto Mancini Usai Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pelatih yang siap untuk menggantikan Roberto Mancini setelah gagal membawa Timnas Italia lolos ke ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti diketahui, setelah gagal membawa Timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2022, masa depan Roberto Mancini berada di ujung tanduk.

Baca Juga

Roberto Mancini dikabarkan bakal segera mundur dari kursi pelatih kepala dalam waktu dekat. Kemudian muncul spekulasi bahwa dirinya akan berusaha didatangkan untuk mengisi kursi pelatih kepala Manchester United.

Bila Roberto Mancini mundur, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa nama yang cocok untuk menggantikan perannya.

Baca Juga

Fabio Cannavaro

La Gazzetta dello Sport mengklaim kalau sosok Fabio Cannavaro merupakan kandidat terkuat untuk menjadi pelatih Timnas Italia berikutnya setelah Roberto Mancini.

Fabio Cannavaro memulai kariernya pasca gantung sepatu pada tahun 2013 lalu sebagai asisten pelatih di Al-Ahli. Kemudian, ia melanjutkan kariernya di Guangzhou, Al-Nassr, Tianjin Quanjian, hingga Timnas China.

Akan tetapi, pria berusia 48 tahun tersebut juga dikabarkan tengah didekti oleh dua klub Liga Inggris yakni Everton dan Watford.

Baca Juga

Bukan hanya itu, mantan kapten timnas Italia tersebut juga dikabarkan sempat melakukan pembicaraan dengan untuk menjadi pelatih timnas Polandia.

Meski begitu, banyak pengamat yang memprediksi kalau Fabio Cannavaro bakal memilih untuk menukangi Timnas Italia. Bukan tanpa alasan, hal itu karena dirinya merupakan mantan kapten Italia saat memenangi Piala Dunia 2006 silam.


1. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo kandidat pelatih baru Timnas Italia.

Mantan pelatih Juventus yang juga menjadi legenda Timnas Italia ini masih menjadi pengangguran seusai hengkang dari Si Nyonya Tua.

Andrea Pirlo dinilai cocok untuk menggantikan Roberto Mancini karena pengalamannya saat masih bermain di lapangan hijau.

Baca Juga

Andrea Pirlo merupakan sosok legenda hidup asal Italia yang telah populer sejak era 1998 silam. Dia sukses membawa Italia menjadi juara Piala Dunia pada 2006 lalu.

Namun sayang, kariernya saat menjadi pelatih Juventus tidak berjalan baik. Andrea Pirlo menutup kariernya bersama Juventus pada Mei 2021 lalu setelah bergabung sejak Agustus 2020.

Baca Juga

Meski demikian tetap menarik untuk melihat kembali kiprahnya sebagai pelatih bila FIGC menunjuknya sebagai pengganti Mancini di Timnas Italia.

Stefano Pioli

Menurut laporan SportmediaSet, FIGC telah melakukan penyelidikan informal untuk mengetahui ketersediaan dari pelatih AC Milan, Stefano Pioli.

Seperti yang diketahui, Stefano Pioli mengejutkan banyak pihak setelah berhasil membawa AC Milan kembali menjadi klub yang ditakuti oleh lawan di Liga Italia seperti dahulu.

Bahkan dalam dua musim terakhir, AC Milan menjadi kandidat kuat untuk meraih scudetto, hal yang sangan dirindukan para Milanisti sejak 10 tahun lalu.

Baca Juga

Namun langkah FIGC untuk menggaet Stefano Pioli terbilang susah. Pasalnya mantan pelatih Fiorentina itu sedang dalam momentum untuk memenangi scudetto bersama AC Milan musim 2021-2022.

Hingga pekan ke-30, AC Milan sukses berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 66 poin, unggul tiga angka dari Napoli yang membuntuti di belakangnya.


2. Claudio Ranieri

Kandidat terakhir pelatih Timnas Italia, Claudio Ranieri.

Pelatih yang sudah berusia 70 tahun ini dilaporkan menjadi kandidat terakhir calon pengganti Roberto Mancini di Timnas Italia.

Claudio Ranieri memang menjadi pelatih yang memiliki pengalaman melebihi tiga kandidat lainnya. Ia mulai berkarier menjadi pelatih sejak musim 1986 silam dengan menukangi klub Italia, Vigor Lamezia.

Setelah itu, kariernya terus naik hingga membesut beberapa tim besar Eropa seperti Atletico Madrid, Vhelsea, Valencia, Parma, Juventus, AS Roma, Inter Milan, Leicester City, Fulham, Sampdoria dan terakhir Watford.

Di kompetisi Liga Inggris musim 2021-2022, Claudio Ranieri harus bernasib apes karena didepak dari kursi pelatih Watford setelah hanya duduk selama tiga bulan.

Kini Claudio Ranieri masih berstatus "pengangguran". Hal itu membuatnya sudah siap bila Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memanggilnya ke Timnas Italia.

Baca Juga
ItaliaAndrea PirloRoberto ManciniClaudio RanieriFabio CannavaroPiala Dunia 2022Stefano Pioli

Berita Terkini