x

Hitung-hitungan Peluang Lolos Degradasi 3 Tim Liga 1: PSS Sleman, Barito Putera atau Persipura?

Minggu, 27 Maret 2022 15:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut hitung-hitungan potensi PSS Sleman, Barito Putera dan Persipura Jayapura keluar dari jeratan degradasi BRI Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM – Berikut hitung-hitungan potensi PSS Sleman, Barito Putera dan Persipura Jayapura keluar dari jeratan degradasi BRI Liga 1 2021-2022.

Kasta tertinggi sepak bola Indonesia, BRI Liga 1 2021-2022, tinggal menyisakan satu laga terakhir pada pekan ke-34 yang akan berlangsung tengah pekan depan.

Baca Juga

Untuk kategori juara, Bali United berhasil menjadi yang terbaik dan keluar sebagai kampiun Liga 1 musim ini usai posisinya tak dapat lagi dikejar Persib Bandung.

Kepastian Bali United keluar sebagai juara tak lepas dari hasil imbang yang didapat Persib pada pekan ke-33 kala melawan Persik Kediri.

Hasil imbang itu membuat perbedaan poin antara Persib dan Bali United menjadi empat poin. Dengan hanya satu laga tersisa, posisi Serdadu Tridatu di puncak tak akan tergeser.

Baca Juga

Munculnya Bali United sebagai juara tak serta merta membuat persaingan di Liga 1 yang hanya menyisakan satu pertandingan, berakhir begitu saja.

Pasalnya, di papan bawah terdapat tiga tim yang tengah berebut tiket bertahan di Liga 1 dan tak turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Ketiga tim itu adalah PSS Sleman (peringkat 14 dengan 36 poin), Barito Putera (peringkat 15 dengan 35 poin), dan Persipura Jayapura (peringkat 16 dengan 33 poin). Di satu pertandingan tersisa, posisi ketiganya belumlah aman dan masih rawan terdegradasi.

Baca Juga

Di atas kertas, PSS Sleman dan Barito Putera seharusnya masih lebih aman mengingat posisinya di atas Persipura Jayapura secara poin.

Namun, keunggulan ini tak menjamin bahwa PSS Sleman dan Barito Putera tak terhindar dari degradasi ketimbang Persipura. Terlebih jika menggunakan perhitungan yang akan diulas di slide kedua artikel ini.


1. Siapa Paling Berpotensi Degradasi?

Laga pertandingan antara Persipura Jayapura vs PSS Sleman di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, PSS Sleman dan Barito Putera punya peluang lebih besar untuk tak terdegradasi dari Liga 1 ketimbang Persipura.

Hal ini tak lepas dari poin kedua tim yang unggul angka atas tim Mutiara Hitam di klasemen sementara Liga 1 musim ini.

Baca Juga

Maka perebutan tiket untuk bertahan di Liga 1 akan ditentukan sepenuhnya di hasil yang didapat masing-masing tim di laga terakhir.

Di laga terakhir, PSS Sleman akan berhadapan dengan Persija Jakarta, Barito Putera akan bersua Persib Bandung dan Persipura akan berhadapan dengan Persita Tangerang.

Berdasarkan aturan Liga 1, penentuan klasemen diutamakan dari Head to Head kemudian diikuti perolehan poin. Untuk itu, mari melihat Head to Head ketiga tim sepanjang Liga 1 musim ini:

Baca Juga

Jika dilihat dari poin dan Head to Head yang ada, maka PSS Sleman dan Barito Putera hanya butuh hasil imbang untuk bertahan di Liga 1 musim ini.

Baca Juga

Pasalnya, jika PSS dan Barito Putera imbang, maka poin keduanya menjadi 37 poin dan 36 poin. Adapun jika Persipura menang atas Persita, maka poin maksimalnya menjadi 36 poin.

Meski punya poin yang sama dengan Barito Putera, Persipura secara Head to Head kalah sehingga dipastikan akan terdegradasi. Lantas, bagaimana agar Persipura bertahan?


2. Persipura Harus Berharap Hasil Lain

pelatih Rahmad Darmawan mengikat kontrak dengan CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

Mau tak mau Persipura harus berharap dengan hasil tim lain guna lolos dari jeratan degradasi sembari mencuri kemenangan atas Persita Tangerang.

Hasil yang diharapkan pun tak lain adalah kekalahan bagi PSS Sleman dan Barito Putera dari Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Dengan kemenangan atas Persita dan kekalahan yang diderita kedua rivalnya, Persipura akan otomatis naik peringkat dan bertahan di Liga 1 bersama PSS Sleman serta mengirim Barito Putera turun kasta.

Jika hasil tak berpihak pada Mutiara Hitam, maka degradasinya Persipura akan menjadi luka bagi para penikmat sepak bola Tanah Air.

Persipura sendiri merupakan salah satu tim dengan raihan juara terbanyak di sepak bola Indonesia pascapenyatuan liga. 

Meski begitu, PSS Sleman dan Barito Putera juga punya rekam jejak panjang di sepak bola dalam negeri. Bakal degradasinya salah satu dari tiga tim itu otomatis akan menjadi luka bagi para pendukungnya.

Lantas, siapakah yang akan bertahan di Liga 1 musim ini? Kita nantikan sama-sama tengah pekan depan. 

Barito PuteraPersipura JayapuraPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Sepak BolaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini