x

Lolos dari Degradasi Liga 1, Eks Manajer PSM Makassar Sanjung Tinggi Ferdinand Sinaga

Minggu, 27 Maret 2022 09:33 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Ferdinand Sinaga, striker PSM Makassar

INDOSPORT.COM - PSM Makassar dipastikan tetap bertahan di Liga 1 musim depan. Hasil positif tersebut tak luput dari perhatian eks manager Juku Eja, Andi Widya Syadzwina.

PSM Makassar memang sempat berada di ambang turun kasta. Pasalnya, anak asuh Joop Gall punya defisit poin cukup tipis dengan Persipura Jayapura.

Baca Juga

Akan tetapi, kekhawatiran Juku Eja akhirnya sirna setelah Sabtu (26/03/22), PSM Makassar mampu menang tipis atas Persiraja Banda Aceh.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali tersebut PSM Makassar ungggul 1-0.

Gol semata wayang PSM Makassar dilesatkan oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-41. Hasil tersebut cukup untuk membuat PSM Makassar bertahan di kasta tertinggi kompetiso Tanah Air.

Baca Juga

Pasalnya, kini Juku Eja total sudah mengoleksi 38 angka hasil dari 33 pertandingan yang sudah dilakoni.

Jumlah poin PSM Makassar tak mungkin dikejar Persipura Jayapura yang menempati ambang batas zona merah.

Tak ayal, euforia kebahagiaan pun langsung membuncah bagi publik Makassar. Salah satunya Andi Widya Syadzwina.

Baca Juga

Eks manager Juku Eja tersebut meluapkan kebagiannya usai PSM Makassar memastikan diri untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

Andi Widya Syadzwina menyanjung sosok pencetak gol di laga tersebut, yakni Ferdinand Sinaga yang ia sebut sebagai sang penyelamat.


1. Sanjung Ferdinand

Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina.

Wanita kelahiran 8 Mei 1981 ini merasa jika gol yang dilesatkan oleh Ferdinand Sinaga telah menghidupkan kembali euforia pecinta sepakbola Massar yang sempat cemas jika Juku Eja turun kasta.

“Publik Makassar menyambut gol tersebut dengan penuh suka cita. Ini bukan sekedar gol biasa. Tetapi luar biasa,” tulisnya di akun instagram pribadinya.

Baca Juga

“Sebuah gol yang dinanti2kan oleh seluruh pecinta PSM Makassar. Gol yang menjadi penyelamat klub kebanggaan Makassar terhindar dari turun kasta,”

Lebih lanjut, Andi Widya Syadzwina juga menyoroti tradisi degradasi yang jauh dari sejarah sepakbola Makassar.

Selain itu, Andi Widya Syadzwina juga menyinggung keberadaan Ferdinand Sinaga yang mudik ke Juku Eja sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

Diketahui eks Persib Bandung tersebut memang bukan berstatus sebagai permanen. Ia mudik ke klub yang membesarkan namanya dengan status pinjaman dari Persis Solo.

Ferdinand Sinaga masih terikat kontrak bersama Laskar Sambernyawa dan bakal kembali di akhir musim ini.

Meski berstatus pinjaman, Andi Widya Syadzwina merasa jika Ferdinand Sinaga pantas diapresiasi. Ia pun menyampaikan jika Ferdinand belum habis.

Baca Juga

“Dia membuktikan dirinya patut untuk dikenang oleh seluruh pecinta PSM Makassar sepanjang sejarah sebagai penyelamat yang meloloskan PSM dari jurang degradasi. Terima kasih Ferdinand,”

“Terima kasih seluruh pemain yang telah berjuang demi sebuah kebanggaan dan harapan,”


2. Sosok Andi Widya Syadzwina

Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina.

Andi Widya Syadzwina sendiri mengawali kiprahnya bersama klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan dengan menjadi Media Officer dari tahun 2011 hingga 2014.

Ia sempat mengundurkan diri dan kembali lagi membela panji Juku Eja 2017 silam. Setahun kemudian, dia diangkat sebagai sekretaris klub hingga menjadi manajer.

Andi Widya Syadzwina kembali mengumumkan pengunduran dirinya seiring terhentinya langkah PSM Makassar di fase semifinal zona Asia Tenggara Piala Asia 2019 silam.

Baca Juga
Ferdinand SinagaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Andi Widya SyadzwinaBerita Liga 1

Berita Terkini