x

Kompleks Latihan ASIOP Ditaksir Rans Cilegon FC, Sedang Jajaki Kerja Sama

Selasa, 29 Maret 2022 08:25 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Potret salah satu lapangan berstandar FIFA di ATG Sentul yang biasa dipakai latihan oleh ASIOP kategori usia U-8, U-10, U-11, dan U-12.

INDOSPORT.COM - ASIOP FC barangkali hanya berlabel debutan Liga 3, tapi rupanya keseriusan mereka dalam memajukan pembinaan usia dini di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk salah satu kontestan Liga 1 musim depan, Rans Cilegon FC. 

Awal Maret lalu, Rans Cilegon FC diketahui telah menyambangi markas ASIOP di Sentul. Mereka mengamati secara teliti seluruh aspek, mulai dari fasilitas lengkap bernama ASIOP Training Ground (ATG), Kab. Bogor hingga metode latihan di sana. 

Baca Juga

Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan rencana besar Rans Cilegon FC membangun akademi elite berjenjang untuk memenuhi kewajiban sebagai peserta Liga 1 musim depan. Potensi kerja sama pun terbuka lebar. 

Perihal kemungkinan Rans Cilegon FC berlanjut menggandeng pihaknya kelak di kemudian hari, Direktur Utama ASIOP FC, Ade Prima Syarif, mengaku selalu membuka pintu kerja sama dengan klub mana pun di Indonesia. 

Baca Juga

"Jadi tempo hari Rans Cilegon FC yang diwakili COO-nya, Darius Sinathrya, datang untuk melihat infrastruktur ASIOP FC dan metode latihan, baik elite maupun development," kata Ade Prima Syarif kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di ATG Sentul, Minggu (27/3/22). 

"Sekarang antara ASIOP dan Rans Cilegon FC masih penjajakan. Saya dengar mereka sedang membangun fasilitas latihan di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Mungkin kemarin ke sini sekalian studi banding," cetusnya. 

Baca Juga

ASIOP FC berangkat dari akademi yang sudah berdiri sejak 1997. Musim ini mereka mencatat debut kancah sepak bola profesional sebagai kontestan Liga 3 2021 pasca-disahkan menjadi anggota Askot PSSI Jakarta Selatan, sekitar awal 2020. 

Seiring dengan masuknya ASIOP FC ke jenjang profesional, klub yang mengusung warna biru-merah ini juga membangun fasilitas mumpuni untuk mendukung kemajuan para pemainnya di lapangan hijau. 


1. ATG Sentul Berstandar FIFA

Potret ruang ganti pemain di ATG Sentul yang terkesan mewah seperti milik klub-klub profesional.

November silam, ASIOP FC meresmikan sebuah kompleks olahraga berstandar FIFA di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Fasilitas yang didesain sedemikian rupa usai studi banding ke Spanyol dan Portugal ini menawarkan kenyamanan khas sepak bola Eropa.  

"Inilah ASIOP Training Ground (ATG)," ucap General Manager Kawasan ATG, Dhamayanti Adrian, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Sentul, Kamis (17/3/22).   

Baca Juga

"Fasilitas milik kami sendiri yang dibangun dan dirancang selengkap mungkin untuk memajukan sekaligus menunjang segala kegiatan di akademi ASIOP," jelasnya. 

Diketahui, proses pembangunan ATG Sentul relatif cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar enam bulan, dari April hingga November 2021. Fasilitas utamanya adalah dua lapangan sintetis berstandar FIFA.  

Baca Juga

"Kami punya dua lapangan sintetis berstandar FIFA. Ukurannya yaitu 105x72m untuk Lapangan 1 dan 79x48m (Lapangan 2). Ada juga lapangan khusus untuk latihan kiper dan lapangan pasir untuk menunjang materi latihan fisik," cetusnya.  

Di satu sisi, apa yang dilakukan ASIOP FC amat penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, khususnya pembinaan usia dini, tapi di sisi lain sekaligus 'menampar' klub-klub Liga 1. 


2. HUT ke-25 ASIOP FC

Direktur Utama ASIOP FC, Ade Prima Syarif, berpose bareng Direktur Kepelatihan Brooklyn United, Eduardo Perez.

Tahun 2022 rupanya benar-benar menjadi tonggak penting dalam perjalanan sejarah ASIOP FC. Mereka bakal merayakan hari jadi ke-25 pada 28 September mendatang. 

Seperti tercantum di logo klub, ASIOP sudah berdiri sejak 1997 sebagai SSB elite yang kerap kali melahirkan pemain-pemain muda berbakat dengan kualitas mumpuni. Sebagian besar dari mereka menembus timnas Indonesia kategori usia dini, mulai dari U-16 hingga U-19. 

Untuk memperingati tahun perak ASIOP FC, manajemen berencana menggelar acara khusus yang melibatkan alumni-alumninya. Kemungkinan besar kompleks ATG Sentul akan digunakan sebagai lokasi syukuran tersebut. 

Baca Juga

"Ulang tahun perak kami memang berencana mengadakan acara. Semoga pandemi cepat berlalu supaya nanti bisa lebih meriah. Banyak alumni yang akan dilibatkan," ungkap Ade Prima Syarif.

FIFARans Nusantara FCDarius SinathryaLiga IndonesiaASIOP ApacintiLiga 1Liga 3Bola IndonesiaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022ATG Sentul

Berita Terkini